alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Tidak semua PNS boleh kerja dari rumah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53989b2f568d57ce251a0c/tidak-semua-pns-boleh-kerja-dari-rumah

Tidak semua PNS boleh kerja dari rumah

Tidak semua PNS boleh kerja dari rumah
Para Pegawai Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kota Surakarta mengikuti lomba balap terompah atau bakiak untuk menyambut HUT ke-74 RI di halaman Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/8/2019). Pemerintah menyatakan tidak semua PNS boleh kerja dari rumah.
Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mewacanakan sistem kerja bagi pegawai negeri sipil (PNS) untuk bekerja dari rumah. Namun, sistem yang sedikit banyak meniru gaya kerja ala perusahaan perintis (startup) itu tidak berlaku untuk semua PNS.

Menpan-RB Syafruddin menyatakan sistem bekerja dari rumah hanya diberlakukan kepada para PNS yang beban kerjanya tinggi dan punya prestasi. "Itu merupakan unsur reward kepada yang bersangkutan (PNS) karena prestasinya dia bisa melalui online system," ujar Syafruddin kepada Kumparan, Jumat (9/8/2019).

Syafruddin menegaskan bahwa bekerja dari rumah sekarang sudah memungkinkan karena kecanggihan teknologi. Syafruddin pun berharap wacana ini bisa mempercepat penyelesaian pekerjaan.

Sebenarnya, sistem bekerja dari rumah sudah diterapkan bagi para PNS KemenPAN-RB --terutama untuk mereka yang beban kerjanya cukup tinggi. KemenPAN-RB mengadopsi sistem di Australia yang mengizinkan para pegawai negeri berprestasi dan punya beban kerja tinggi untuk bekerja di rumah setiap Rabu.

"Seperti saya, saya sampai jam 18.00, jam 17.00 misalnya kerjaan masih numpuk, masih banyak yang harus ditandatangani, harus dikoreksi, harus didisposisi saya angkut ke rumah," tutur Syafruddin seraya membantah wacana yang menyebut PNS bisa bekerja di rumah tanpa perlu ke kantor.

Wacana KemenPAN-RB ini disambut pro dan kontra. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik, tapi merasa perlu menunggu kebijakan resminya. Ia pun enggan berandai-andai.

"Kita tak berwacana kalau menyangkut kebijakan seperti ini kita jalankan sesuai dengan kebijakan nasional nanti kita terjemahkan dalam konteks Jakarta," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (13/8).

Meski begitu, Anies percaya KemenPAN-RB sudah menyiapkan langkah-langkah yang inovatif. Apalagi, kata Anies, Syafruddin sudah berpengalaman menangani Asian Games sehingga punya berbagai terobosan inovatif.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf "JK" Kalla menyatakan belum saatnya bagi PNS untuk bekerja dari rumah. Antara lain alasannya, menurut JK, sebagian PNS yang tidak disiplin dan masih ada sistem absensi di kantor.

"Karena hadir di kantor saja kadang-kadang tidak disiplin, apalagi tidak hadir? Nanti kosong kantor bagaimana tuh orang menghadap? Kalau ada yang mau urusan kalau tiba-tiba 'ah saya di rumah saja' semua begitu, termasuk wapres," kata JK, Selasa (13/8).

JK mengakui ada beberapa jabatan yang memungkinkan pegawainya untuk bekerja di rumah, seperti mereka yang bekerja di bidang perencanaan atau yang sistem kerjanya seperti perusahaan rintisan (startup). Meski demikian, untuk instansi pemerintah, JK menilai belum saatnya diterapkan sistem seperti itu.

Dari kalangan PNS, sambutan positif bermunculan. Misalnya, Puruhum yang bekerja di Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. Namun, Puruhum kepada Kompas.com, Minggu (11/8), mengatakan sistem bekerja dari rumah harus didukung infrastruktur teknologi.

Tanpa itu, wacana KemenPAN-RB itu akan sulit dilaksanakan. Hal senada disampaikan oleh Destirani, pegawai Kementerian Perhubungan.

Destrirani pun menyebutkan bahwa sistem kerja dari rumah cocok dilakukan ole[h para pegawai di bagian administratif dan perizinan. "Yang penting aturan birokrasinya jelas dan mendukung, terutama untuk jaga kinerja dan akuntabilitas PNS," kata dia.

Sebenarnya praktik kerja dari rumah sudah pula dilakukan oleh beberapa perangkat daerah. Di Daerah Istimewa Yogyakarta, misalnya, PNS di bagian Humas Biro Umum Pemda DIY telah menerapkan sistem kerja di rumah.

Sistem kerja fleksibel itu diberikan kepada para PNS yang bertugas di lapangan. Misalnya, menurut Kepala Bagian Humas Biro Umum Humas dan Protokoler Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji, PNS yang bertugas memberitakan dan mendokumentasikan kegiatan gubernur dan wakil gubernur.

"Ada beberapa PNS yang tugasnya meliput acara seperti wartawan dan fotografer. Mereka enggak harus siaga di kantor. Tapi tetap harus ke kantor misalnya untuk meng-edit berita," jelas Ditya kepada Medcom.id, Selasa (13/8).
Tidak semua PNS boleh kerja dari rumah


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...rja-dari-rumah

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tidak semua PNS boleh kerja dari rumah Index moderasi bernegara 84 persen, Enzo lanjut jadi taruna

- Tidak semua PNS boleh kerja dari rumah Boeing pastikan ahli waris JT610 terima Rp2 miliar

- Tidak semua PNS boleh kerja dari rumah KPK tetapkan 4 tersangka baru dalam kasus korupsi e-KTP

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di