alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara
4.76 stars - based on 17 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5379c282d495267947b55c/sedikit-kisah-tentang-seseorang-yang-pendidikannya-dibiayai-full-oleh-negara

Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara

Anak Kampung, Orang Tua Petani, Bisa-kah Jadi Sarjana?

Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara
sumber foto : Pinterest


Sebagai anak seorang petani, dan wiraswasta. Semangat ane berkali-kali dipatahkan, oleh orang lain, tetangga, bahkan keluarga jauh. "Orangtua-mu mana punya uang buat kuliah!? Sudah di Kampung Saja!" kira-kira demikian kata yang dulu begitu menusuk ke relung hati ini, disampaikan oleh orang yang ane sayangi pula. 

Adapun pembahasan ini ane angkat, bukan karena ane dendam, melainkan karena ane memang purely ingin membagikan kisah nyata ane sendiri. Betapa ane punya hutang pada negara ini, hm. Suatu saat akan kubayar ya Indonesia, sekarang? kucicil dulu melalui tulisan yang semoga bisa menjadi penyemangat bagi anak indonesia yang lain. emoticon-Smilie

Quote:


Dalam hidup, ane selalu berusaha untuk berterus terang. Maka apa-apa yang ane sampaikan ini adalah apa yang betul-betul ane jalani (tanpa perez).

Dari jaman ane masih mengemban Sekolah Dasar (SD) dulu, SPP (Iuran Sekolah) orangtua ane dulu dibantu dengan program Dana BOS. Sejauh yang bisa ane ingat, bantuan tersebut diberikan karena ane tergolong anak kurang mampu, ck. Thanks to that program, karena pasti program tersebut amat membantu orangtua ane dulu, yang punya anak 3, sekolah semua.

Naik ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pun, ane masih dibantu oleh negara. Bagian ini ane minta maaf banget kepada para pembaca, ane sedikit lupa (samar-samar) nama programnya. Antara program dana BOS atau program dari Gubernur Sumatera Selatan. Program ini juga berlanjut sampai ane Sekolah Menengah Atas (SMA) di salah satu sekolah negeri favorit di kota kecil ane dulu. Hehe.

Kelas 3 SMA semester 2 (akhir) sebelum Ujian Nasional (UN), ane mulai galau tuh gan. Ane pengen banget lanjut kuliah, namun orangtua udah angkat tangan dari awal, ck. Untungnya, pada saat yang sama tiba-tiba ada pengumuman dari sekolah, bahwa ada beberapa anak yang berhak mengikuti PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dan BidikMisi, nah ane salah satu dari anak beruntung itu. Singkatnya, program ini membantu anak-anak terpilih untuk memilih Universitas tujuannya, dan jika terpilih, berhak kuliah tanpa tes, dan jika termasuk golongan tidak mampu, maka kuliahnya pun dibiayai secara penuh oleh negara (Uang Saku + Kuliah (Terima Amin Sampai Wisuda asal nilai bagus)).

Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara
Sumber Foto : Dokumen Pribadi emoticon-Malu (S)

Dan seperti yang nampak di Foto, akhirnya ane wisuda. Dengan nilai yang alhamdulillah membuat nama kedua orangtua ane digaungkan di satu aula wisuda. Dari depan, ane dapat melihat orangtua ane tampak menahan tangis bangga.

Kesimpulannya adalah, dari sekolah dasar hingga menempuh pendidikan strata 1, ane secara penuh dibiayai oleh negara. Kalau ane bisa, maka tidak ada anak lain yang tidak bisa (asal usaha).

Sebagai penutup, ane bagikan sedikit tata cara pendaftaran beasiswa BidikMisi secara individu (tidak harus didaftarkan pihak sekolah). Terkhusus untuk anak-anak di sekolah yang tidak pernah mendengar program ini.



Quote:



Quote:



Untuk Semua Manusia yang Kebetulan Mampir di Thread ini, Tolong Jangan Pernah Menyerah!

Dear Indonesia beserta pemerintahannya, aku tau bahwa kesempurnaan hanyalah milik tuhan. Terlepas dari tingkah beberapa oknum, terima kasih atas kerja keras kalian. Akhirnya anak kampung ini juga bisa jadi sarjana. 


Sincerely Kind
Agung Dermawan
emoticon-Salaman

profile-picture
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan 47 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agungdar2494
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 8
Diluar sana masih banyak yang lebih baik dan menginspirasi ceritanya, namun kebanyakan mereka memilih diam. Atau mungkin cerita di tempat lain namun kita tidak mendengar (membaca).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan 6 lainnya memberi reputasi
Next Story Tentang Beasiswa S2 (LPDP). Ane gagal di tahap wawancara akhir (perih), karena pada saat itu masih "labil".
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adnanami dan 5 lainnya memberi reputasi
keren sekali, memanfaatkan batuan dari pemerintah dengan berprestasi. semoga anak-anak lain termotivasi untuk semangat dalam belajar meneruskan pendidikannya apapun kondisinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mbakendut dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Indriaandrian
Quote:


Quote:


Labil kenapa#kepo, mantap ya gan, klo adik ipar beasiswa dari Bazis untuk kuliahnya, klo ngg salah ingatan🙈
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Luar biasa, semoga sukses selalu ya Mas Agung. Adikku juga anak kampung, bapak petani, sekarang jadi dosen di Unnes, sedang merampungkan S3 di UGM.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alvinhayat dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post Cahayahalimah
Quote:


Waktu itu kan yang wawancarai psikolog (salah satunya). Ane baru lulus banget S1, langsung daftar beasiswa s2..
Pertanyaan diputer2, ane jawab berubah2. Simpel padahal, mau jadi apa?

Nah ane jawab, mau jadi penulis, dosen, politikus, accountant proffesional wkwkwk
profile-picture
tsuway.c001 memberi reputasi
Balasan post trifatoyah
Quote:


Wow luar biasa, S3!
Salah satu motivasi ane juga adalah bahwa yang bisa mengangkat derajat orangtua adalah pendidikan dari anak-anaknya.
Suatu saat pengen S3 juga emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan trifatoyah memberi reputasi
Sangat menginspirasi, Mas.

Terima kasih banyak
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan agungdar2494 memberi reputasi
Keren
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan agungdar2494 memberi reputasi
Quote:


Quote:


Siap, semangat untuk semua yg sedang diimpikan atau dilakukan sekarang emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan istijabah memberi reputasi
Quote:


Jadi entu ya orang tuanya om? Iriiiiiii
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yup alhamdulillah. Sudah jangan iri, nanti Ubus kalo jd orangtua, jadilah orangtua yg baik dan mendukung emoticon-Cool
profile-picture
tsuway.c001 memberi reputasi
Inspiratif gan.
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan agungdar2494 memberi reputasi
Quote:


Aku senang punya banyak teman yang punya kisah luar biasa seperti ini. Proud of you. Kalo gagal mungkin belom rizkinya. Coba lagi bre emoticon-2 Jempol. Never give up.
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan agungdar2494 memberi reputasi
Quote:


Semoga cita-citanya bisa tercapai. Di mana ada kemauan di situ Ada jalan
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


Okeh siap, thanks udah mampir dan baca gan sist emoticon-Salaman
profile-picture
tsuway.c001 memberi reputasi
Balasan post trifatoyah
Quote:


Aamiin mbak, terima kasih doanya emoticon-2 Jempol
profile-picture
tsuway.c001 memberi reputasi
apalalah daya ane yg hanya tamatan SD, dilanjutkan SMP itupun kejar paket B. Sebetulnya dari lubuk hati yg paling dalam ane sangat sedik gak tau tentang pendidikan, alhasil hanya bisa menyimak saja ketika ada teman yg cerita tentang pengalamanya sewaktu sekolah. emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Aku jadi pengen nangis pas baca yang orang tua menahan tangis bangga. Oh maaaay gaaat! Apa aku bisa seperti itu Om 😢😢😢
profile-picture
profile-picture
tsuway.c001 dan agungdar2494 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post fanniajah
Quote:


Mbak, jangan sedih! Bob Sadino? Andrie Wongso? itu orang2 super sukses namun tidak tamat sekolah.
Sekolah atau Pendidikan hanya satu diantara banyak jalan menuju kesuksesan.
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di