alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Electronics /
5 Cara Membersihkan AC Rumah Sendiri yang Gampang dan Mudah Ditiru
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d537542af7e93462b15d80e/5-cara-membersihkan-ac-rumah-sendiri-yang-gampang-dan-mudah-ditiru

5 Cara Membersihkan AC Rumah Sendiri yang Gampang dan Mudah Ditiru

5 Cara Membersihkan AC Rumah Sendiri yang Gampang dan Mudah Ditiru

Seiring dengan perubahan cuaca yang sering terjadi, banyak masyarakat yang melakukan berbagai cara untuk membuat dirinya tetap nyaman dengan cuaca yang ada. Terkadang jika cuaca di luar ruangan terlalu dingin, masyarakat banyak yang menggunakan baju hangat yang lebih tebal dari biasanya agar tubuh terasa lebih hangat, ya.

Sebaliknya jika cuaca panas yang di rasa terlalu menyengat, tidak jarang masyarakat juga mencari cara untuk menyejukkan diri mulai dari menyediakan Air Conditioner(AC) di rumah. Namun, memiliki AC ternyata tidak semudah yang difikirkan, lho. Kamu sebagai pemilik AC harus pintar-pintar mencari cara membersihkan AC yang baik dan benar. 

Sebenarnya, banyak penyedia jasa pembersih AC yang mudah ditemui. Namun, lebih hemat bukan jika kamu dapat membersihkannya sendiri? Ternyata ada berbagai cara yang bisa dilakukan, lho, jika kamu ingin membersihkan air conditionertanpa menggunakan penyedia jasa. Berikut 5 cara membersihkan unit AC yang mudah dilakukan dan menekan budget kamu.

Gunakan vacum cleaner, lap dan kemoceng

5 Cara Membersihkan AC Rumah Sendiri yang Gampang dan Mudah Ditiru

Hal yang harus kamu lakukan pertama kali saat membersihkan AC adalah mematikan dan mencabut AC dari sambungan listrik lalu bersihkan bagian luarnya menggunakan kemoceng dan lap dengan keadaan setengah basah. Setel
ah itu keringkan menggunakan lap kering untuk mengangkat uap air pada AC milikmu. 

Vacum Cleanerberguna untuk membersihkan filter AC setelah bagian luar AC selesai dibersihkan, ya. Untuk membersihkan filter AC menggunakan Vacum Cleaner ini, kamu harus memahami petunjuk yang ada pada buku petunjuk AC yang bersangkutan. 

Membersihkan bagian kumparan evaporator dan kipas AC

5 Cara Membersihkan AC Rumah Sendiri yang Gampang dan Mudah Ditiru

Cara membersihkan AC selanjutnya adalah dengan menggunakan cairan. Bagian kumparan evaporator dan kipas AC biasanya terpasang secara permanen sehingga kamu tidak bisa melepaskannya dari AC untuk dibersihkan. Untuk masalah itu, kamu bisa membeli cairan pembersih AC di toserba dalam bentuk cairan semprot untuk mempermudah menyemprotkannya pada kumparan evaporator dan kipas AC. Kamu cukup mengikuti petunjuk pada kemasan dan AC milikmu bisa dibersihkan dengan mudah.

Membersihkan bagian unit outdoorAC

5 Cara Membersihkan AC Rumah Sendiri yang Gampang dan Mudah Ditiru

Untuk membersihkan unit AC yang disimpan
outdoor, kamu harus mencabut terlebih dahulu sambungan kabel yang terhubung dengan listrik, ya. Setelah sambungan listrik terputus, kamu bisa membersihkan AC hanya dengan menyemprotkan air ke unit AC saja, lho. Agar proses pembersihan ini lebih sempurna, kamu harus menyemprotkan air dengan tekanan yang cukup tinggi dan proses pembersihan AC pun telah terlaksana dengan baik.

Menggunakan Tas Cuci AC

5 Cara Membersihkan AC Rumah Sendiri yang Gampang dan Mudah Ditiru

Tas cuci AC ternyata juga dapat digunakan sebagai salah satu cara membersihkan AC, lho. Saat membeli tas cuci AC, kamu juga disarankan untuk membeli cairan kimia pembersih AC. Jika kamu sudah memiliki kedua bahan tersebut, kamu hanya perlu mengikuti seluruh petunjuk yang tertera dan menunggu 10 hingga 20 menit agar seluruh kotoran pada AC runtuh kemudian kamu bisa membilas AC hingga bersih. Setelah itu dapat dipastikan kamu akan mendapat kembali AC yang bersih seperti sedia kala.

Membersihkan Saluran Pembuangan AC

5 Cara Membersihkan AC Rumah Sendiri yang Gampang dan Mudah Ditiru

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada AC adalah kebocoran AC yang disebabkan saluran pembuangan yang terhambat. Cara membersihkan AC untuk mengatasi permasalahan ini cukup mudah. Kamu cukup menggunakan kawat gantungan baju untuk dimasukkan ke dalam selang pembuangan dan menarik benda yang menghalangi jalur pembuangan tersebut. Jika air mengalir setelah kamu melakukan cara ini, maka berarti saluran pembuangan kamu sudah selesai dibersihkan.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan AC tanpa bantuan penyedia jasa. Selain cara-cara di atas, ada lebih banyak lagi cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan seluruh permasalahan yang terjadi pada AC kamu, ya. Kamu harus bijak saat bertindak, karena cara membersihkan ACyang kamu lakukan bisa menentukan kesehatan dirimu dan keluarga.


Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di