alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Sista /
4 Tips Meninggalkan Hubungan yang Abusive
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5324d68d9b173b2414d92f/4-tips-meninggalkan-hubungan-yang-abusive

4 Tips Meninggalkan Hubungan yang Abusive

4 Tips Meninggalkan Hubungan yang Abusive

"Setiap pasangan punya masalahnya sendiri, kami baik-baik saja."

"Aku hanya perlu berusaha lebih baik lagi dan tidak boleh egois."

"Sumber masalahnya adalah aku, jadi aku yang harus memperbaikinya."

Merasa familier dengan alasan-alasan di atas? Saat kita sadar berada dalam hubungan yang abusive, terkadang kita terlalu takut untuk menghadapi kenyataan yang ada. Kita membuat banyak alasan yang membenarkan kita untuk tetap bertahan bersama orang yang salah. Parahnya lagi seringkali kita malah mengorbankan kebahagiaan kita sendiri.

Korban cenderung justru yang berusaha mengurangi tindak kekerasan. Kekerasan yang dimaksud tak hanya yang melukai fisik tapi juga yang berpengaruh pada kondisi emosi dan psikologis. Masih banyak orang yang bertahan dalam sebuah hubungan yang abusive meski sudah menyadari pasangannya sering bertindak kasar. Menjauh dan menghindari pasangan yang kasar seringkali memang tak mudah, tapi bukan berarti kita tak bisa melakukannya.

Sadari bahwa kekerasan tak bisa ditolerir begitu saja
Menurut Catatan Tahunan 2019 Komnas Perempuan, kasus kekerasan terhadap perempuan pada tahun 2019 ini ada kenaikan sebanyak 14%, dengan jumlah kasus sebanyak 406.178 kasus. Mariana Amiruddin (Komisioner Komnas Perempuan) menjelaskan bahwa ditemukan fakta baru tentang kekerasan terhadap perempuan yang meliputi perkosaan dalam pernikahan (marital rape), incest, kekerasan dalam pacaran (KDP), cybercrime, dan kekerasan seksual pada perempuan disabilitas.

Untuk bisa meninggalkan pasangan yang kasar dan selalu melakukan tindak kekerasan, kita perlu pahami dulu bahwa tindak kekerasan tak bisa ditoleransi begitu saja. Kita perlu benar-benar menyiapkan mental dan bertekada meninggalkan hubungan yang beracun tersebut. Dengan memasikan kita sudah benar-benar siap, maka kita akan lebih berani mengambil tindakan selanjutnya.

Mencari Bantuan dari Pihak Terpercaya
Kita akan selalu butuh bantuan dan dukungan untuk bisa keluar dari hubungan yang abusive. Carilah bantuan dan dukungan dari orang terpercaya. Bisa dari pihak keluarga kita hingga ke pihak yang berwenang. Ada saatnya membawa persoalan ke ranah hukum bila tindak kekerasan yang telah dilakukan sudah benar-benar melewati batas.

Berlindung ke Tempat yang Aman
Pasangan yang kasar bisa bertindak nekat. Kita perlu memastikan kita berada di tempat yang aman. Cari tempat berlindung yang bisa memberi jaminan keselamatan kita. Jangan beri celah sedikit pun untuknya bisa kembali melacakmu. Melindungi diri ini penting dilakukan supaya kita juga bisa segera pulih dari luka dan trauma yang ada.

Luangkan Waktu untuk Memulihkan Diri
Kita perlu bahagia. Kita juga perlu waktu untuk sembuh. Untuk bisa sembuh dari semua luka dan trauma yang pernah dirasakan pastinya akan butuh proses. Luangkan waktu untuk memulihkan diri. Izinkan diri untuk melakukan berbagai usaha terbaik untuk kembali merasa nyaman.

Untuk terlepas dari cengkeraman pasangan yang kasar selalu ada tantangannya sendiri. Prosesnya pun mungkin tak semudah yang kita bayangkan. Tapi kita selalu punya kekuatan untuk melakukan yang terbaik demi diri kita. Saatnya untuk merdeka dari hubungan yang beracun dan memperjuangkan kebahagiaan kita. 


Detik Akurat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nimadegunarsih dan 4 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
asiyapp gan
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan luna8899 memberi reputasi
nasehat yang sering ane baca kalo menghadapi hubungan yang abusive di antaranya kita harus inget kalo kita nih bukan bengkel, mereka seperti itu karena mereka sendiri, dan bukan tugas kita untuk memperbaikinya, yang bisa memperbaiki tindakan seperti itu adalah diri mereka sendiri...


jadi inget untuk agan atau sista yang berada di hubungan yang abusive adalah jangan ragu untuk meninggalkan, kita juga berhak untuk berbahagia dengan cara yang sehat dan menyenangkan
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
cemungut
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
menurut ane sih abusive relationship itu berat banget ditinggalkan karena ada aja excuse yang dipakai untuk menghindar keluar dari hubungan toksik itu. apalagi perempuan biasa makai perasaan, makanya kalo udah bisa keluar dari zona nyaman dan mikir rasional, gausah pikir panjang langsung tinggal!
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Nice, semua org berhak utk bahagia..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
luna8899 dan 2 lainnya memberi reputasi
Btl ypz
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
berhubungan dengan alam dan masyarakat
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Hubungan gak sehat kalo lanjut ampe nikah berakibat pada diri sendiri dan anak nanti. Kalo masih bisa lepas jangan tahan dri, kebahagiaan bisa di ciptakan sendiri. Percuma sama2 kalo bikin makin sakit. Idup cuma sekali sayang kalo di sia2kan utk yang nyakitin.
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
menurut saya semua saran di atas tidak sampai menyentuh emosi dan hanya memenuhi jawaban scr superficial aja gan.....tapi kalo namanya uda cinta....bakalan susah deh saran2 di atas di terapkan.

menurut saya cara termudah adalah kita sedari muda menjalankan pakem pacaran putus sambung beberapa kali (bukan ngajari ga bener) melainkan untuk bisa melatih "RASA" jika ternyata kekasih kita ternyata "tidak sesuai dengan standar keamanan dan kenyamanan". bagi orang2 yg baru pacaran 1-2 kali....mereka akan lebih susah move on sekalipun cowo nya abusive...kenapa??? karena mereka kurang jam terbang utk memahami bahwa yg keliatan cocok pun saat ini....masi bisa dibilang relatif. bisa jadi kita ketemu yg lebi cocok. bisa jadi kita ketemu yg lebih baik..dan bisa jadi tidak. alias mereka tidak percaya diri dan belum mengalami luas nnya dunia.

kalo mereka uda pernah gagal pacaran 3-4 kali...mereka akan tahu.....oh yaa memang begini rasanya sendiri atau ditinggalin dan meninggalin calon yyg ga bener....gapgapa memang sakit 3 bulan tapi setelah itu aakan biasa dan akan ada yg baru lagi kok asal senantiasa bergaul dan membuka hati
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
kelewat nyuekin jg trmasuk abusive. kan jadi ngebatin tuh wkwk.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di