alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Girls & Boys's Corner /
Gimana ya rasanya pindah sma ke smk
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d53230f48c38d420059ae99/gimana-ya-rasanya-pindah-sma-ke-smk

Gimana ya rasanya pindah sma ke smk

Pengen tanya dong siapa yang pernah pindah dari sma ke smk, share pengalamannya. Aku pengen pindah ke sma ke smk karena pelajaran susah sama pengen langsung kerja.
Diubah oleh Lachibolala
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Asyikk betul kalau pindah dari sma k smk, kalau di smk itu lebih banyak praktek di bandingkan dengan sma.
profile-picture
Lachibolala memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nyesel ane ikut pilihan ortu
pengen nya dulu stm elektro
malah disuruh sma

profile-picture
Lachibolala memberi reputasi
tergantung cocok2nya masing2 individu,
dulu ada temen SMA ane, krn prestasi akademiknya ancur, dipindah ke SMK, kebetulan cocok di SMK, di situ dia malah berprestasi rangking kelas terus & banyak teman emoticon-Ngakak (S)
lulus SMK dia langsung kerja, terakhir kabarnya dia jadi pengusaha....
profile-picture
Lachibolala memberi reputasi
Diubah oleh ababil.banget
Ente kelas berapa? kalo dah kelas 2 mau naik kls 3 nanggung kelarin aja sekolahnya sambil nyari pelaithan/sertifikasi khusus di suatu bidang (ex : kursus komputer, kursus design grafis, dsb) biar dapet pengalaman + sertifikat yang nantinya bisa digunain di dunia kerja, daripada pindah ke SMK nanti nanggung lagi penyesuaian jurusan bisa2 ngulang dari kelas 1 lagi, udah ribet lulus berasa lama banget nantinya. Toh banyak lulusan SMA yang kerja di bidang yang dikuasai/disukai masing-masing kok, smua kembali ke kita aja.
ps : ane sendiri lulusan SMK Teknik tapi kerja jadi admin. Ga nyangka kan jalan hidup ?
profile-picture
Lachibolala memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post xavior01
Masih kelas 10
Baru awal tahun pelajaran minta transfer?
Kayaknya belom boleh deh.
Harus ada penyetaraan kurikulum, serta ada kemungkinan kamu bakal ketinggalan setahun kondisinya ga bisa menyesuaikan dengan kurikulum.

SMA dan SMK di awal tahun pelajaran ga ada bedanya.
Baik SMA atau SMK punya prospeknya sendiri, ga melulu SMK pasti dapet kerja.
Dapet skill? Iya. Tapi belom cukup sehingga kamu bisa menuai rupiah besar setelah lulus.
Lebih dicari? Iya. Tapi kerja kasar.

Jaman sekarang hampir ga ada bedanya antara SMA dan SMK.
Kalo kamu ga punya keahlian yang sudah kamu tempa sejak lama, mau kamu lulusan SMK sekalipun, kamu tetap jadi pengangguran.

Gapapa tetap SMA.
Dalami skill akademikmu, dan cari beasiswa untuk kuliah.
Kemungkinanmu untuk survive di dunia Revolusi Industri 4.0 lebih baik dengan gelar Sarjana daripada masih mengandalkan ijazah SMA/SMK.
profile-picture
Lachibolala memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Balasan post artwing
Masalahnya udah mulai ngga minat di sma
Balasan post Lachibolala
Quote:


Apa yang bikin ga minat?
Kamu baru masuk SMA atau lagi jalan kelas 10 ke kelas 11?
Balasan post artwing
@artwing baru masuk, udah ngga niat pelajaran kimia fisika
Diubah oleh Lachibolala
Balasan post Lachibolala
@artwing padahal dulu aku suka pelajaran itu
Sebenarnya aku awalnya pengen masuk smk tapi aku malu karena nilai bagus masuk smk lalu aku pilih masuk sma, ini terjadi juga atas kelabilanku dan egoku
Balasan post Lachibolala
Quote:


Ane pun dulu juga ga suka itu, dan tebak...
di SMK pun juga ada pelajaran fisika dan kimia.

Apa yang bikin kamu ga suka?
Gurunya?
Harus hafalan?
Suasana kelas?

Coba ingat lagi bagaimana dulu kamu bisa begitu suka sama pelajaran itu, dan coba lakukan sekali lagi.
Balasan post artwing
@artwing dalam memahami pelajaran aku lebih lambat dari pada yang lain, maklum temen2ku dari sekolah favorite ,sementara aku dari sekolah biasa. Pelajarannya terlalu mengejar materi.Padahal sma lain baru banyak event untuk 17an
Balasan post Lachibolala
Quote:


Kamu ga boleh pasrah sama hal begitu.
Mau dari sekolah favorit atau bukan, mereka juga sama-sama siswa SMA baruseperti kamu.
Mereka bisa juga sedang berpikiran sama denganmu.
Yang buat mereka berbeda, mereka tidak menyerah.
Itu dipelajari sendiri, bukan bawaan dari sekolah mereka sebelumnya.

Kalo kamu cape belajar, istirahat.
Jangan dipaksa 24 jam belajar terus.
Kamu butuh refreshing? Lakukan saja. Tapi jangan terus-terusan ya.

Kamu ingin event 17 an? Mampirlah ke sekolah temen kamu buat nonton.

Ini memang ga semudah berkata-kata seperti ini, tapi hey... kamu punya sahabat / saudara ga?
Coba ajak mereka jalan-jalan sambil santai atau ajakin belajar bareng.
Itu bakal menambah mood kamu untuk belajar.
Balasan post artwing
@artwing mungkin juga tujuan awalku bukan di sma melainkan di smk, bukanya sombong atau gimana aku di smp mendapat nem bagus lalu lupa tujuan dan mimpi awalku. Salahku juga sih masuk sma cuma iseng. Bukannya pasrah cuma putus asa
Diubah oleh Lachibolala
Balasan post Dzael0121
Kamu dah pernah?
Quote:


Nikmati masa2 hidup...

Masa2 sekolah...
Masa2 kuliah...
Masa2 kerja...


Karena kamu ga bisa puter balik jalannya..
Kerja dulu,
Baru kuliah,
Terus sekolah..


Sekolah/kuliah bukan semata2 hanya nilai. Tapi juga pertemanan, sosial, pembelajaran thdp tekanan, self-growth, dan banyak hal lainnya.
Kalo kamu sekolah cuman ngejar nilai aja, nanti kamu ada penyesalan karena tidak menikmati sekolah sepenuhnya.

Tapi kalo emang kamu minat pindah smk karena ada passion yang kamu mau geluti, silahkan...

Kerjaan, sukses, ngga ada yang bisa menjamin..
Contoh: Raditya Dika... Kuliah UI, lanjut di LN, ujung2nya jadi komika, penulis, sutradara... Yang pendidikan sekolahnya ga nyambung sama kesuksesannya.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di