alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
29 Karyawan Gedung Sarinah Didakwa Ikut Bantu Pendemo dalam Kerusuhan 21-22 Mei
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52f19a4601cf262c0924d0/29-karyawan-gedung-sarinah-didakwa-ikut-bantu-pendemo-dalam-kerusuhan-21-22-mei

29 Karyawan Gedung Sarinah Didakwa Ikut Bantu Pendemo dalam Kerusuhan 21-22 Mei

29 Karyawan Gedung Sarinah Didakwa Ikut Bantu Pendemo dalam Kerusuhan 21-22 Mei


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 29 karyawan Gedung Sarinah yang ditangkap saat kerusuhan 21- 22 Mei 2019 menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Saat pembacaan dakwaan, Jaksa Penuntut Umum Yerich Mohda mengatakan, 29 karyawan Sarinah itu turut membantu pendemo melakukan kerusuhan.

"Dengan sengaja memberi bantuan pada waktu kejahatan dilakukan memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan. Dengan kekerasan atau ancaman, kekerasan memakai seorang pejabat untuk melakukan perbuatan jabatan atau untuk tidak melakukan perbuatan jabatan yang sah, yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu," ujar jaksa Yerich saat membacakan dakwaan di PN Jakarta Pusat, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Adapun, 29 terdakwa ini adalah Ahmad Zulfikar, Alvin Nazarkhan, Endah Hardian, Andhi Febriantoro, Ridwan, M Ichrom, Samsul Anwar, Yusuf Gunawan, Hariyono, Tara Arbyansyah.

Kemudian, Nurakhman, Agus Sarohman, Trio Prasetio, Hendri Basuki, Iwan Syachrie, Adi Sucipto, Deki Aries, Suyamto, Achmad Suhendar, Habib Musa, Achmad Sanusi, Supriyadi, Syahril, Mugiyanto, Felix Ganang, Handori, Ahmadi, Hermawan, dan Philip Sinaga.

Yurich mengatakan, para terdakwa ini memberikan bantuan ke pendemo.

"Mereka (terdakwa) atas perintah saksi yang saat itu bernama Robert dan Dian membiarkan masuk ke Gedung Sarinah para pendemo ini," ucap Yurich.

Kemudian, 29 karyawan gedung ini membiarkan pendemo masuk ke basement gedung. Saksi juga melihat pendemo telah diberikan air mineral untuk minum.

Lalu, para terdakwa ini juga membiarkan pendemo cuci muka dan membuka pintu keluar bagi pendemo hingga akhirnya pendemo memiliki kekuatan lebih.

"Jadi pendemo fit dan bertindak kerusuhan melawan kuasa umum," ujarnya.

29 terdakwa ini didakwakan Pasal 212 jo 214 jo 56 KUHP tentang ikut membantu melakukan kejahatan dan pasal 216 KUHP atau 218 KUHP tentang kekerasan.

Setelah pembacaan dakwaan, para terdakwa tidak ada yang melakukan eksepsi sehingga sidang dilanjutkan Selasa (20/8/2019) dengan agenda pemeriksaan saksi.


kompas

Tokoh/pejabat yang alibi "saya disana tapi tidak dilokasi rusuh" / sejenisnya ternyata dapat support orang dalam.


emoticon-Hansip emoticon-Hansip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
wah ex kantor ane tmpt nge babu
Quote:


kayanya seru nih gan, pengen pisah lg tuh yemen yah

Quote:


ke aden bukannya lebih deket dr djibouti gan?
sikat abis tuh yg bikin rusuh sampe keakarnya
Quote:


Siapa lagi yang gampang disalahkan di zaman ini klo bukan presiden...???? Selokan depan rumah mampet juga pasti dalah Jokowi
Quote:


Ga punya skill punyanya hanya gamis
Balasan post Justika1118
@Justika1118 ya makanya
Kata2 sakti mulu yg keluar
Salah jokowi wkwkwk
Udah pribadinya gk bsa bersaing, ikut demo, di cv ditulis pengalaman organisasinya FPI wkwkwk
Ya hrd cuma bsa kick2 orang macam begini
profile-picture
Justika1118 memberi reputasi
Balasan post pembela.tuhan
29 Karyawan Gedung Sarinah Didakwa Ikut Bantu Pendemo dalam Kerusuhan 21-22 Mei
Balasan post adriandan
Diubah oleh diadalos
Menarik, kekuatan lebih.
Pernah baca twit orang katanya dia liat orang orang ini kayak ngelindungi perusuh.
Mamam tuh anjing
emoticon-Wakaka
Balasan post diadalos
@diadalos keyboard warrior cemen BKB
Maju lo ktmu dmn?
Balasan post adriandan
Balasan post Tuaga
bray ente cocok banget jadi ilmuwan emoticon-Shakehand2
lagi anget lagi anget lagi anget...
29 Karyawan Gedung Sarinah Didakwa Ikut Bantu Pendemo dalam Kerusuhan 21-22 Mei
Balasan post TheTrueMayhem
dhahran airbase krn dr indo kena security clearance sekitar 5 jam abis itu ada bus gratis ke border yg rada jauh en dr border ada security check sekitar 2 jam tapi random sbelom lanjut pakai bus lokal en ini juga jauh. tiap jam jgn lupa brenti check GPS en hubungin border
Khoq, kroco2nya yg jd tersangka, aktor di balik layarnya sopo ?emoticon-Bingung
Quote:


Kalo dari indo turun di bandara mana pak?
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post rob.pedro
Quote:


di sini ada indikasi kesengajaan.

dab mereka ga eksepsi (jawab-jinawab), nanti keterangan saksi dan bukti bisa ketahuan mana yang seperti agan bilang, mana yg memang mendukung, mana yg terpaksa.

yg jelas ada internal sarinah yg berwenang/atasan yg memerintah/mengkoordinasi.
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Balasan post youdoyouknow
gue lagi belanja pengungsi di sekitaran aden. kampung asalnya rizik ama anis en martak. ikut yuk? banyak keturunan nabi muhamad disini.
profile-picture
youdoyouknow memberi reputasi
jalanan sepanjang depan bawaslu juga harus didakwa karna memfasilitasi transportasi pendemo biar bisa cepet nyampe ke bawaslu

conblock juga harus dituntut karna membiarkan dirinya tergeletak sehingga menggoda para pendemo agar nimpukin aparat
profile-picture
profile-picture
mismiuna dan memetrivaldo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di