alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Perencanaan Keuangan /
Begini Caranya Memiliki Tabungan dengan Gaji di Bawah 10 Juta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52c7708012ae06c825e3be/begini-caranya-memiliki-tabungan-dengan-gaji-di-bawah-10-juta

Begini Caranya Memiliki Tabungan dengan Gaji di Bawah 10 Juta

Menjadi lajang alias belum punya keluarga sebagai tanggungan sama sekali tidak identik dengan hidup tanpa beban. Anak muda lajang di Jakarta, misalnya, punya banyak kekhawatiran. Sebut saja harga tempat tinggal yang kian mahal, kesulitan mempersiapkan dana untuk pernikahan hingga gaji yang habis begitu saja tanpa punya tabungan.

Beberapa waktu lalu twitter sempat diramaikan obrolan tentang berapa gaji yang ideal bagi seorang lajang di Jakarta. Sebenarnya angka 10 juta sudah cukup untuk bisa hidup dengan nyaman dan menabung. Semuanya tergantung bagaimana kemampuan mengatur uang.

Lalu apakah mungkin memiliki tabungan dengan gaji di bawah 10 juta?

Jawabannya tentu saja mungkin. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mulai menabung bagi Anda yang gajinya di bawah 10 juta. Tipsnya adalah:

- Ikuti Skema 70:30 atau 60:40

Skema paling standar untuk bisa menabung adalah 70% boleh dibelanjakan dan 30% ditabung atau 60% dibelanjakan dan 40% ditabung. Anda bisa memilih mana yang paling memungkinkan dengan kondisi keuangan Anda.

Selain menabung, jangan lupa sisihkan juga untuk dana darurat dan investasi. Kedua hal tersebut tak kalah penting dengan tabungan.

- Buka Rekening Khusus untuk Menabung

Kadang ada saja godaan yang menghambat usaha untuk menabung. Misalnya keinginan untuk berbelanja atau bepergian karena ada promo diskon dari aplikasi travel. Membuka rekening khusus untuk menabung bisa menjadi cara untuk mensiasati godaan tersebut.

Jika ingin pengelolaan tabungan lebih optimal Anda bisa mengikuti program khusus seperti deposito dan lain-lain. Bila perlu tetapkan target berapa uang yang harus Anda kumpulkan dalam jangka waktu tertentu.

Selain menabung tahukah Anda bahwa ada hal lain yang tak kalah penting untuk disiapkan? Jawabannya adalah dana pensiun.

Anda mesti membuang jauh-jauh pikiran bahwa dana pensiun perlu disiapkan ketika sudah memasuki usia senja. Justru dana pensiun harus disiapkan sedini mungkin agar ketika waktu pensiun tiba Anda tak perlu pusing lagi.

Dana pensiun bisa disimpan terpisah atau digabungkan dengan tabungan. Satu hal yang jelas dana tersebut tak boleh diaotak-atik, kecuali untuk investasi jangka panjang.
Memilih investasi bisa juga dijadikan pilihan untuk mengamankan kehidupan finansial pasca pensiun. Investasi yang tepat membuat uang Anda tak habis tergerus inflasi. Tapi pastikan Anda benar-benar paham dengan jenis investasi yang dipilh.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di