alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Film Perang Dunia II Berdasarkan Perspektif Nazi Jerman
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52c6a79a972e75360fc99a/7-film-perang-dunia-ii-berdasarkan-perspektif-nazi-jerman

7 Film Perang Dunia II Berdasarkan Perspektif Nazi Jerman

7 Film Perang Dunia II Berdasarkan Perspektif Nazi Jerman

Film bertema Perang Dunia II memang sudah banyak ditayangkan terutama bagi penyuka film action dan sejarah di baliknya. Namun mayoritas dari film tersebut lebih mengisahkan pada pemenang perang, sebaliknya negara yang kalah perang justru hanya menjadi pihak yang dipersalahkan dan dianggap jahat. Tetapi terdapat juga film PD II yang berasal dari Jerman yang mana memiliki sudut pandang pihak Nazi Jerman. 

Pastinya buat kalian yang ingin menyaksikan film perang dunia dalam perspektif Jerman. Maka gak boleh deh melewatkan beberapa film berikut ini. 


1. Stalingrad (1993)
Pertama terdapat film Stalingrad yang sudah ditayangkan pada 21 Januari 1993 di Jerman. Film ini merupakan film Jerman kedua yang mengisahkan pertempuran Stalingrad. Film yang menggunakan bahasa Jerman ini mengisahkan mengenai sekelompok prajurit Jerman yang dikirim ke medan Pertempuran Stalingrad di Rusia, di mana pasukan Soviet sudah mengepung Kota Stalingrad dari luar dan mereka harus bertahan dengan keadaan musim dingin Rusia yang mengerikan.

Film Stalingrad telah masuk dalam beberapa nominasi festival film serta meraup keuntungan sebesar 159 juta dollar AS. 


2. Before the Fall (2004)
Before the Fall merupakan film asal Jerman yang mengisahkan mengenai kehidupan di dalam sekolah Elite Partai Nazi, yang mana para pemuda Jerman dibentuk untuk menjadi prajurit elite militer dan tokoh politik Nazi. Film ini mengisahkan mengenai seorang remaja bernama Friedrich Weimer, yang memiliki keahlian boxing, hingga kemudian ia dapat masuk dalam National Political Institutes of Education atau disingkat Napola.

Film ini sudah dirilis pada 13 Januari 2005 di Jerman dan sebelumnya sudah dirilis pada Karlovy Vary International Film Festival pada tahun 2004. Sementara film ini juga sudah mendapatkan berbagai penghargaan di ajang festival film. 


3. Downfall (2004)
Downfall adalah film yang mengisahkan mengenai masa-masa akhir Perang Dunia II di Berlin, terutama di dalam Fuhrerbunker. Sehingga menggambarkan bagaimana keadaan di dalam bunker tersebut, serta detik-detik terakhir hingga bunuh dirinya Adolf Hitler dan berbagai anggota partai Nazi lainnya. Sudut pandang cerita ini ada pada seorang sekretaris pribadi Adolf Hitler bernama Traudl Junge, yang berada di dalam bunker hingga akhir perang. 

Film yang menggunakan bahasa Jerman ini sudah dirilis pada 16 September 2004 di Jerman. Selain itu film ini juga berhasil masuk nominasi Best Foreign Language dalam ajang Academy Awards yang ke 77. 


4. A Woman In Berlin (2008)
Selanjutnya ada A Woman In Berlin yang sudah dirilis pada tahun 2008, serta menggunakan bahasa Jerman dan Rusia sebagai pengantarnya. Kisah dalam film ini berasal dari sebuah memoir berjudul Eine Frau in Berlin yang tidak diketahui siapa penulisnya, tapi dipublish oleh Marta Hillers.

Sementara cerita yang dihadirkan dalam film ini mengenai seorang perempuan, anak-anak dan orang tua yang bertahan pada masa-masa sulit akhir PD II di Berlin usai menyerahnya pasukan Nazi Jerman oleh Uni Soviet. 


5. Lore (2012)
Kemudian terdapat film berjudul Lore yang menceritakan mengenai seorang anak bernama Lore, yang ditinggalkan orang tuanya ketika akhir Perang Dunia II. Dikarenakan orang tuanya merupakan salah satu anggota petinggi Nazi yang menjadi buronan Sekutu. Kemudian Lore dan keempat adiknya harus berjalan kaki sejauh 900 km menuju ke Hamburg untuk pergi ke tempat neneknya. 

Film Lore sudah dirilis pada 10 September 2012 di Australia dan 11 Oktober 2012 di Jerman. Serta masuk dalam beberapa nominasi dalam ajang festival film, di mana juga dibintangi oleh aktris asal Jerman, bernama Saskia Rosendahl.


6. Land of Mine (2015)
Land of Mine merupakan film yang mengisahkan mengenai prajurit muda Jerman yang masih berusia belasan tahun yang menjadi tawanan Denmark, usai kekalahan Jerman pada PD II. Para tentara muda ini ditugaskan untuk membersihkan semua ranjau yang ada di pantai barat Denmark, yang dipasang untuk menghalangi pasukan sekutu oleh Nazi Jerman. Akibat dari penugasan tersebut sebagian besar dari pasukan anak-anak tersebut meninggal.

Film ini sudah dirilis pada 3 Desember 2015 dan sudah rilis pada Festival Film Toronto pada 10 September 2015. Selain itu film ini mampu masuk ke dalam nominasi di berbagai ajang bergengsi dan memenangkan beberapa dari nominasi tersebut. 


7. Line of Separation (2015-2018)
Line of Separation merupakan miniseries asal Jerman yang mengisahkan sebuah desa yang harus terpisah usai kekalahan Jerman pada PD II, akibat terbentuknya pemerintahan pendudukan dari AS dan Uni Soviet. Maka film ini menggambarkan jika bubarnya PD II, bukanlah akhir dari kesengsaraan, namun juga menjadi awal dari perpecahan.

Seri yang berjudul asli Tannbach ini sudah dirilis pada tahun 2015 dan dilanjutkan season kedua pada tahun 2018. 

Itu tadi beberapa film PD II yang bersudut pandang Jerman. Kira-kira mana nih yang jadi favorit kalian?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/entert...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di