alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Pendidikan Gratis itu Anugerah, Apalagi Beasiswa
4.86 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52c16509b5ca3b4c352ab9/pendidikan-gratis-itu-anugerah-apalagi-beasiswa

Pendidikan Gratis itu Anugerah, Apalagi Beasiswa

Pendidikan Gratis itu Anugerah, Apalagi Beasiswa


Pendidikan mahal, itu benar. Bagi mereka yang orangtuanya berkecukupan mungkin tidak masalah, tetapi bagaimana dengan mereka yang mencari sesuap nasi saja susah?

Suatu keuntungan, di daerah saya pendidikan itu gratis. Gratis yang saya maksud di sini bebas biaya pendidikan. Ya, mungkin beberapa daerah di Indonesia juga memberlakukan sistem tersebut.

Sistem pendidikan gratis di daerah saya--Kab. Sinjai, Sulawesi Selatan itu diberlakukan secara resmi sejak tahun 2010, meski saya sudah merasakan manfaatnya awal tahun 2004 (tahun pertama di sekolah dasar).

Pendidikan Gratis itu Anugerah, Apalagi Beasiswa



Lantas, apakah dengan pendidikan gratis itu kita menjadi berleha-leha dan santai? Tentu tidak. Pendidikan gratis adalah gerbang dan pondasi agar kita dapat bersungguh-sungguh demi masa depan yang lebih cerah. Pendidikan gratis dihadirkan agar generasi muda yang kurang mampu pun bisa mengecap pendidikan, minimal 12 tahun masa sekolah.

Syukur Alhamdulillah, saya sendiri bisa menikmati pendidikan gratis itu selama 12 tahun, mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah. Sejak SD, saya selalu kebagian mendapatkan beasiswa atau tunjangan.

Ketika SD, saya mendapat tunjangan uang jajan. Lanjut SMP, saya mendapatkan BSM (Bantuan Siswa Miskin) per tri wulan. Kemudian, lanjut di SMA, saya kembali diberi kesempatan untuk mendapatkan BSM selama dua tahun (2 kali terima).

Mendekati akhir masa di SMA, saya belum terpikir untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Ekonomi keluarga membuat saya tidak berani untuk bermimpi ketinggian agar bisa kuliah di PTN ataupun PTS yang tentu biayanya jauh dari kata murah.

Allah menjawab keresahan anak yatim seperti saya. Menjelang ujian akhir, pihak sekolah mengumumkan nama-nama siswa yang berkesempatan mendaftar bidikmisi sekaligus SNMPTN. Alhamdulillah, nama saya ikut masuk dalam daftar karena ... mungkin saya memenuhi kualifikasi😆. Soalnya, tidak bisa dikatakan pintar juga, biasa saja.

Tak lama setelah ujian nasional, keluarlah pengumuman SNMPTN alias jalur undangan. Saya tidak lolos seleksi itu. Sedih? Tentu saja. Saya iri dengan kelima teman saya yang lolos. Saya menangis sebab saya pikir SNMPTN adalah satu-satunya harapan saya untuk kuliah.

Lumayan lama larut dalam kesedihan dan mama juga menyarankan untuk kuliah di daerah saja, suatu anugerah guru bahasa Inggris saya yang juga merupakan operator sekolah menyarankan untuk mengikuti jalur selanjutnya, yakni SBMPTN dan masih bisa dapat beasiswa bidikmisi asalkan lolos jalur itu.

Pendidikan Gratis itu Anugerah, Apalagi Beasiswa



Harapan baru muncul. Saya mulai mencari program studi yang akan dipilih. Alhamdulillah, pada akhirnya pilihan saya jatuh pada program studi yang membuat saya tertarik lebih jauh pada dunia literasi.

Optimis untuk lolos? Saya optimis. Selesai tes SBMPTN, sebulan penuh saya berdoa agar Allah mengabulkan dan melihat usaha saya untuk bisa sampai ke titik ini.

Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang, doa saya terkabul. Allah memberi saya kesempatan melanjutkan pendidikan di salah satu PTN terbaik Indonesia Timur. Tentunya dengan biaya pendidikan ditanggung pemerintah, yakni beasiswa bidikmisi.

Pendidikan Gratis itu Anugerah, Apalagi Beasiswa



Sekarang, saya sedang proses menyelesaikan studi S-1. Semua berkat beasiswa bidikmisi yang saya terima setiap semester.

Semoga pemerintah berkomitmen agar beasiswa ini tetap berjalan karena kabarnya akan diganti dengan KIP kuliah. Apakah sistemnya tetap sama atau malah menyulitkan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
berbagi274 dan 18 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mbakendut
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
BBB Grup
Selamat datang dan selamat berdiskusi

Thread Lainnya

Diubah oleh mbakendut
Lihat 1 balasan
Quote:


Semangat Kakaaaaakkk
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:


Enaknya anak jaman sekarang bisa sekolah gratis. Jadi ngiri emoticon-norose
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:


Semangatki generasi mudaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
brina313 memberi reputasi
Quote:


Jamannya Mbak belum ada ya?
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Belum ada. Paling bea siswa buat anak2 yg bener2 gak mampu aja
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:


Ya, dan aku gak mampu😆
wih ... keren Sista dapat beasiswa bidikmisi 😀

aku juga pernah nyari beasiswa itu tapi nggak lolos 😅
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:


Oh ya? Angkatan berapa lulus di SMA?
profile-picture
DeYudi69 memberi reputasi
Quote:


Aku angkatan 2011 lulus SMA 😅
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:


Oh, udah sesepuh ya😆. Ane 2016
wkwkwk iya udah sesepuh 😂

dulu suka banget sekolah ... tapi sekarang nggak sanggup kayanya ni otak udah bebal 😅
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:


Jadi gak lanjut kuliah ya?
Mantap Sist,

betewe apa hubunganya sama pakdhe ? sama sam endut
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:


Nggak ada, Kak. Kebetulan sama2 gendut aja😆😆
Sekarang ada perhatian lebih dari pemerintah, sangat berbeda jika di bandingkan jamanku dulu
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:


Beasiswa bidikmisi ada sejak jaman Pak SBY☺
Yuhuu, ane juga alumni bidikmisi nih..
ane harus bayar hutang ini pada negara!
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di