alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Nilai Kehidupan dari KDrama Love Affairs in The Afternoon
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52b98c5cf6c47c644dda53/6-nilai-kehidupan-dari-kdrama-love-affairs-in-the-afternoon

6 Nilai Kehidupan dari KDrama Love Affairs in The Afternoon

6 Nilai Kehidupan dari KDrama Love Affairs in The Afternoon

Drama Korea selalu mampu menghadirkan tema yang unik. Kali ini bukan drama percintaan biasa, melainkan tentang perselingkuhan. Love Affairs in The Afternoon merupakan adaptasi dari drama dan film Jepang berjudul Hirugao: Love Affairs in The Afternoon yang tayang tahun 2014 dan 2017.

Mengisahkan tentang Son Ji Eun, perempuan yang sudah menikah dan bekerja paruh waktu di sebuah swalayan. Selama hidup, tak sekali pun ia pernah berjalan menyimpang dari norma yang ada. Suatu hari ia menyaksikan Choi Soo Ah, tetangga baru yang kaya dan memiliki keluarga harmonis, berselingkuh di depan matanya.

Awalnya ia mencemooh perbuatan Soo Ah dan tak mau menerima apa pun alasannya. Hingga suatu hari hadir seorang guru tampan nan baik hati bernama Yoon Jung Woo. Dengan berat hati, Ji Eun pun mengakui dirinya perlahan jatuh ke dalam hubungan terlarang dengan akhir yang sudah bisa ia prediksi.

Drama yang meraup rating cukup tinggi ini tak perlu diragukan mampu membolak-balik emosi penonton. Tak hanya kaya akan kata-kata puitis dan soundtrack yang indah, ada nilai kehidupan yang bisa kita petik di dalamnya. Yuk, simak ulasan berikut.


1. Jangan mudah menghakimi orang lain
6 Nilai Kehidupan dari KDrama Love Affairs in The Afternoon
Ji Eun adalah sosok perempuan lugu yang selalu berada di jalan yang benar. Menurutnya, perselingkuhan adalah perbuatan bodoh dan tak termaafkan. Setidaknya begitulah ia menilai Soo Ah, seorang tetangga yang diketahuinya sering bermain lelaki ketika sang suami bekerja.

Sulit baginya memahami jalan pikiran Soo Ah hingga suatu hari ia berada di posisi yang sama, jatuh cinta pada lelaki lain. Janganlah mudah menilai buruk perilaku orang lain. Cobalah untuk selalu memposisikan diri sebagai orang lain, kelak kamu akan berhenti menghakiminya.


2. Selalu ada derita di balik rumah tangga yang sempurna
6 Nilai Kehidupan dari KDrama Love Affairs in The Afternoon
Apa yang kurang dari rumah tangga Ji Eun? Punya suami baik hati, tekun, serta ibu mertua yang sangat menyayanginya. Begitu pula dengan rumah tangga Soo Ah yang nyaris sempurna, anak-anak yang manis, dan harta yang melimpah.

Nyatanya kedua perempuan tersebut masih merasakan kekosongan dalam hati mereka. Jangan pernah iri dengan tetangga yang selalu tampak harmonis. Sesungguhnya setiap rumah tangga memiliki kekurangan masing-masing.


3. Sekali jatuh dalam maksiat, tidak akan mudah untuk kembali
6 Nilai Kehidupan dari KDrama Love Affairs in The Afternoon
Ada sebuah adegan ketika Jung Woo dan Ji Eun berjalan-jalan di hutan dan melihat bunga bindweed. Jung Woo pun berkata bahwa bunga bindweed memiliki arti 'ditarik secara perlahan dan dalam'. Begitu tepat melukiskan apa yang mereka alami saat itu.

Perlahan tapi pasti keduanya tertarik ke dalam suatu hubungan terlarang. Awalnya hanya berniat memuaskan dahaga sejenak, lama-kelamaan sulit untuk berhenti. Begitulah perselingkuhan, jangan pernah memulai jika tak ingin kecanduan.


4. Sanksi sosial adalah sanksi terberat di dunia
6 Nilai Kehidupan dari KDrama Love Affairs in The Afternoon
Mendekati akhir kisah, penonton akan disuguhi penderitaan para tokoh utama akibat perbuatan mereka. Perbuatan mereka mungkin tak sampai ranah hukum, namun sanksi sosial yang diterima jauh lebih berat. Stigma masyarakat akan melekat dalam jangka waktu yang sangat lama.

Lihatlah bagaimana Ji Eun dipandang sebagai seorang pezina. Betapa menyedihkan hidup Soo Ah yang kini dianggap tak pantas menjadi seorang ibu bagi anak-anaknya. Karier impian Jung Woo sebagai seorang guru pun harus kandas di tengah jalan.


5. Perselingkuhan akan membuatmu merasa bersalah seumur hidup
6 Nilai Kehidupan dari KDrama Love Affairs in The Afternoon
Ada suatu narasi ketika Ji Eun berkata pada dirinya sendiri, "Sekali aku berselingkuh, selamanya aku merasa berdosa pada suamiku." Saking merasa bersalahnya, Ji Eun berdoa agar Tuhan tidak dengan mudah memaafkannya. Hal tersebut menggambarkan begitu besar rasa bersalah yang ia tanggung.

Keluarga adalah harta yang tak ternilai harganya. Perselingkuhan ibarat menancapkan pedang di punggung orang yang paling berarti dalam hidupmu. Jika tak ingin menyesal seumur hidup, jangan pernah memulai.


6. Cinta itu seperti pedang bermata dua
6 Nilai Kehidupan dari KDrama Love Affairs in The Afternoon
Drama ini menyuguhkan penonton sebuah kisah yang bisa dilihat dari dua sudut pandang berbeda. Kisah perjalanan untuk menemukan cinta dan kebahagiaan sejati, jika dilihat dari sudut pandang tokoh utama. Bisa juga kisah tentang hawa nafsu sesaat yang menghancurkan segalanya, jika dilihat dari sudut pandang masyarakat secara umum.

Cinta bagai pedang bermata dua. Benar atau salah tergantung situasi dan dari sudut mana kita memandangnya. Itulah yang membuat cinta semakin terasa kompleks sekaligus indah.

Itulah enam nilai kehidupan yang bisa dipetik dari drama Love Affairs in The Afternoon. Sudahkah kamu menontonnya? Jika sudah, bagaimana menurutmu, apakah perselingkuhan bisa disebut sebagai cinta?


Sumber : https://www.idntimes.com/hype/entert...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di