alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52b81de83c723a6d312486/biar-lancar-ini-7-tips-bicara-ke-calon-mertua-untuk-melamar-kekasih

Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih

Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih

Menikah pastilah menjadi tujuan akhir yang ingin dilalui oleh dua insan yang saling mencintai. Tapi menikah bukan perkara mudah yang bisa dilangsungkan dalam sekejap. Butuh persiapan yang matang untuk bisa menuju ke jenjang pernikahan. Dan salah satu fase atau persiapan yang harus dilalui tentulah melamar sang kekasih.

Ketika kamu sudah menyatakan keseriusanmu kepada kekasih dan dia pun bersedia untuk menikah denganmu, bukan berarti usahamu selesai sampai di situ. Tugas melamarmu yang sebetulnya adalah ketika berbicara kepada orangtua sang kekasih untuk meminta restu.

Tapi tenang saja. Meminta restu ke orangtua kekasih tidak seseram ketika menghadapi dosen penguji skripsi kok. Asalkan kamu sudah bisa mengantisipasi segalanya. Sebagai bekal, kamu bisa ikuti 7 tips anti-gerogi ini.


1. Diskusilah dengan orangtua lebih dulu
Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih
Menikah bukan hanya bicara antara kamu dengan pasanganmu. Tapi juga tentang orangtuamu dan orangtuanya. Tentang keluargamu dan keluarganya. Karena itu, sebelum kamu mengutarakan niat untuk melamar kekasih, kamu perlu banget untuk diskusi dengan orangtuamu.

Apa saja sih yang perlu didiskusikan? Pastinya restu orangtuamu. Kalau mereka sudah setuju kamu untuk menikahi kekasihmu, itu berarti sudah lampu hijau buatmu. Selain restu, tentu kamu perlu mendiskusikan mengenai kesiapan pihak keluarga. Karena enggak bisa dipungkiri keluarga pasti akan mengeluarkan modal untuk biaya pernikahan.

Selanjutnya, diskusikan juga apakah orangtua punya tanggal baik untuk melakukan proses lamaran dan pernikahan. Atau rencana lainnya mengenai persiapan pernikahanmu nanti. Pastikan kamu sudah harus satu frekuensi atau sepemikiran dengan orangtuamu, ya!


2. Diskusilah dengan kekasih
Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih
Kamu harus satu suara dulu dengan kekasihmu untuk beberapa hal yang perlu dipersiapkan nantinya. Seperti akan tinggal di mana, pesta pernikahan seperti apa, seserahan apa saja, dan mahar apa yang sudah kamu siapkan.

Kamu juga perlu berdiskusi untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berbicara pada orangtua kekasihmu. Kalian juga perlu sepakat apakah kekasihmu perlu menemanimu di awal pembicaraan sampai akhir saat bertemu ke orangtuanya nanti.

Jangan malu untuk minta ditemani. Karena keberadaan kekasihmu di sampingmu tentu akan membuat rasa percaya dirimu lebih tinggi.


3. Ketahui prinsip-prinsip yang dipegang orangtua kekasih
Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih
Orangtua sudah punya prinsip-prinsip sendiri saat akan menikahkan anaknya. Misalkan, orangtua bisa berprinsip yang terpenting dari calon suami anaknya adalah memiliki agama yang bagus atau seiman. Tapi ada juga yang tidak memegang prinsip seperti itu. Ada juga orangtua yang lebih menitikberatkan pada status ekonomi saat akan mencari calon suami untuk anaknya.

Karena itu, kamu perlu tahu prinsip apa saja yang dipegang oleh orangtua kekasihmu. Dengan mengetahui prinsip-prinsip mereka, kamu tentu akan bisa mengira-kira di poin mana kamu harus benar-benar mampu meyakinkan orangtuanya untuk menerimamu.

Sebut saja misalnya orangtua kekasihmu lebih memandang pada status ekonomi, tetapi kamu hanya dari keluarga biasa. Kamu bisa meyakinkan kedua orangtuanya soal karier kamu ke depan, tabungan, serta investasi yang sudah kamu persiapkan saat ini untuk masa mendatang.


4. Jangan malu bertanya ke teman yang sudah lebih dulu menikah
Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih
“Malu bertanya sesat di jalan”. Pepatah itu harus benar-benar ditanamkan bagi kamu yang sudah berniat untuk melamar kekasih hati. Demi bisa mempersiapkan diri lebih baik, jangan malu untuk bertanya ke teman yang sudah menikah. Karena mereka pasti sudah pernah melalui fase meminta restu kepada orangtua kekasihnya.

Dengan bertanya, wawasanmu otomatis akan bertambah. Kamu bisa tahu hal apa saja yang mungkin sebelumnya tak terpikirkan olehmu. Kamu pun sudah memiliki bayang-bayang akan seperti apa suasana ketika bicara serius ke orangtua kekasihmu. Kamu juga bisa minta petuah atau saran kepada teman-teman yang sudah lebih dulu menikah.


5. Persiapkan diri dengan berbagai pertanyaan yang akan diajukan camer
Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih
Tak ada salahnya untuk mencatat berbagai hal yang sekiranya akan ditanyakan oleh calon mertua nanti. Pertanyaan-pertanyaan itu tentu bisa kamu dapatkan dari bertanya kepada teman yang sudah menikah dan dari kekasih.

Setelah kamu menuliskan semua pertanyaan yang akan diajukan, kamu bisa untuk mulai menulis jawabannya. Tulislah jawaban terbaik untuk setiap pertanyaan.

Apa yang kamu lakukan ini bukanlah untuk membuat bahan contekan, tapi untuk pegangan kamu sebelum berbicara dengan orangtua kekasihmu. Setidaknya, kamu sudah punya jawaban terbaik dari setiap pertanyaan yang kemungkinan diajukan. Dan kalau pun ternyata yang ditanyakan di luar dugaan, kamu sudah menjadi pribadi yang lebih siap kok.


6. Tanamkan pikiran ‘semua pria pasti melalui fase ini’
Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih
Mengendalikan mindset saat akan menghadapi momen penting itu perlu banget lho. Jangan sampai kamu malah sudah down duluan karena pikiran kamu sendiri. Makanya, kamu harus tanam dulu mindset yang optimis supaya tubuh kamu pun akan merespon dengan positif.

Salah satu pikiran sederhana yang mesti kamu tanam adalah ‘semua pria pasti melalui fase ini’. Pikiran ini penting supaya kamu sadar kalau memang fase seperti ini yang harus kamu lalui ketika mau meminang seorang perempuan. Mau sampai kapan pun itu, momen seperti ini tak akan terhindarkan.

Dengan begitu, kamu secara tidak sadar akan menarik keluar keberanian di dalam diri untuk bicara empat mata dengan orangtua kekasihmu.


7. Relax dan bicaralah senatural mungkin
Biar Lancar, Ini 7 Tips Bicara ke Calon Mertua untuk Melamar Kekasih
Kalau sudah duduk di hadapan orangtua kekasih, itu tandanya kamu sudah tidak bisa mundur lagi. Jadi, mau enggak mau kamu sudah harus membuat diri senyaman mungkin. Relax saja layaknya kamu bertemu dengan orangtua kekasihmu setiap kali berkunjung. Bicaralah dengan santai dan senatural mungkin. Kamu tidak perlu menulis kalimat panjang-panjang di sebuah kertas layaknya ingin berpidato.

Satu hal yang perlu menjadi acuanmu. Selama orangtua kekasihmu selalu menyambut baik kamu ketika berkunjung, maka peluang lamaranmu diterima sangatlah terbuka lebar. Selama tidak ada aduan dari kekasihmu tentang keluhan orangtuanya terhadapmu, maka tak perlu risau karena lamaranmu cukup pasti akan diterima.

Jadi, apa sekarang kamu sudah lebih siap menghadap orangtua kekasih untuk melamar?


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di