alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Resep Ayam Bakar Padang Pedas Maknyoss
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52b2380577a915ca5e7900/resep-ayam-bakar-padang-pedas-maknyoss

Resep Ayam Bakar Padang Pedas Maknyoss

Resep Ayam Bakar Padang Pedas MaknyossAyam bakar adalah salah satu masakan ayam yang lezat dan sulit ditolak, apalagi masakan ayam bakar khas Padang. Jika kamu suka masakan Padang, maka ayam ini pasti jadi salah satu favoritmu.
Sajian kali ini akan cocok anda nikmati bersama dengan sepiring nasi dan juga lalapan serta sambal yang lezat. Nah, penasaran kan seperti apa resep membuat ayam bakar bumbu padang? Untuk itu, mari kita simak resep membuat ayam bakar bumbu pada berikut ini.
Kami akan memberikan resep ayam bakar padang yang sangat mudah untuk dibuat dan tentunya dengan rasa yang sangat lezat bahkan lebih atas dari restoran restoran terkenal.
Resep Ayam Bakar Pedas Bumbu Padang yang Lezat dan Spesial
Bahan Bahan :
·        1 ekor ayam
·        200 ml santan kental dari 1 butir kelapa
·        1 sendok teh air jeruk nipis
·        600 ml santan encer, diambil dari santan kental
·        5 butir bawang merah, iris tipis
·        3 buah asam kandis
·        2 batang serai, ambil putihnya, memarkan
·        1/4 sendok teh gula pasir
·        4 siung bawang putih, iris tipis
·        1 sendok teh garam
·        2 sendok makan minyak untuk menumis
Bumbu Ayam yang Dihaluskan :
·        5 buah cabai merah keriting
·        2 cm kunyit, bakar
·        5 butir kemiri, sangrai
·        3 cm jahe
·        5 buah cabai merah besar
·        1/4 sendok teh merica bubuk
Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Padang yang Lezat, Enak dan Spesial
    -Tips Mempersiapkan Bahan Utama Sebelum Diolah :
1.     Untuk yang pertama kali bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan ayamnya. Sebelum dimasak, si ayam ini perlu sekali untuk kita bersihkan secara merata. Hal ini dikarenakan ada bagian pada ayam yang harus dibersihkan karena bagian tersebut menumpuk banyak kuman dan kotoran.
2.     Akan tetapi, sebelumnya pastikan jika ada terlebih dahulu memotong ayam dengan bagian sebanyak 4 potongan atau bisa menyesuaikan ukuran potongan sesuai dengan selera anda
3.     Masukkan ayam yang telah dipotong kedalam wadah untuk kemudian bawa ayam ke tempat cucian dan bersihkan secara merata.
4.     Awali membersihkan ayam dari bagian luar. Jika anda mendapati banyak kotoran atau sisa bulu-bulu halus pada ayam. Maka bersihkan bagian ini secara merata.
5.     Setelah ayam bersih, angkat ayam kedalam wadah dan tiriskan air cucian untuk kemudian silahkan sisihkan sementara.
6.     Lumuri ayam dengan menggunakan air bersih secara merata dan berikan taburan garam. Hal ini dimaksud untuk menghilangkan bau amis yang menempel pada ayam secara merata.
     Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Padang
1.     Panaskan minyak dalam wajan sedikit bagian saja dan tumis bumbu halus hingga tercium bau harum yang enak dan lezat. Aduk-aduk dan gunakan api yang sedang untuk menumis bumbu ini.
2.     Setelah itu, masukkan pula bawang putih bersama dengan bawang merah dan juga serai. Campurkan dan aduk  aduk bahan ini secara merata dan masukkan ayam yang telah dipotong-potong.
3.     Selanjutnya, masak ayam hingga berubah warnanya dan teksturnya menjadi setengah matang.
4.     Masukkan santan encer kedalam tumisan ayam bersama degan bumbu-bumbu lainnya seperti gula merah, garam dan juga asam kandis. Aduk-aduk secara merata dan masak bumbu ini hingga mendidih secara merata.
5.     Setelah itu, baru tuangkan santan kental kedalamnya. Aduk-aduk dengan perlahan sampai ayam matang dan empuk secara merata.
6.     Siapkan pembakaran untuk ayam dan tunggu hingga panas, setelah itu, bakar potongan ayam diatas bara api hingga matang. Jangan lupa oleskan sisa bumbu diatas ayam secara merata. Selain itu, bulak-balik ayam agar tidak gosong secara merata.
Setelah matang, angkat sajian ini dan hidangkan dalam piring saji untuk kemudian hidangan ini akan siap anda santap selagi masih hangat.
Resep Ayam Bakar Padang Tanpa Santan
Bahan dan Bumbu :
·        800 gram dada ayam kampung atau ayam potong menurut selera anda
·        Kecap manis pedas gurih secukupnya
·        Lengkuas 1 ruas, memarkan
·        Butiran wijen secukupnya
·        Serai 2 batang, memarkan
·        Madu 4 sendok makan
·        Daun jeruk 2l embar
·        Margarin secukupnya (untuk mengoles)
·        Daun salam 2 lembar
·        Air secukupnya
·        Kemiri 4 butir (sangrai)
·        Bawang putih 3 siung
·        Garam 3/4 sendok teh
·        Bawang merah 5 siung
·        Kunyit 1 ruas
·        Jahe 1/2 ruas jari
·        Lada 1/2 sendok teh
·        Ketumbar 1/2 sendok teh
Cara Memasak :
1.     Pertama kita haluskan dulu bumbunya menggunakan penumbuk atau blender, seperti : kemiri, bawang putih, garam, bawang merah, kunyit, jahe, lada, dan ketumbar
2.     Untuk daging ayamnya, setelah kita bersihkan kita potong secukupnya (jangan terlalu besar atau kecil). Kemudian kita lumuri dengan bumbu yang kita haluskan tadi, sambil kita siapkan panci untuk melunakkan daging ayam (panaskan panci presto).
3.     Masukkan potongan ayam yang sudah berwarna kuning bumbu dan masukkan air kurang lebih 600 mili liter. Jangan lupa masukkan daun salam dan daun jeruknya. 2 batang serai juga dimasukkan dengan lengkuas, kemudian kita aduk rata
4.     Setelah itu panci presto kita tutup dan diamkan hingga 10 menit dengan api sedang. Selanjutnya masukkan kecap secukupnya dan aduk kembali agar kecap dan bumbunya menyatu. Campurkan atau masukkan madu aduk sebentar dan sisihkan atau angkat panci dari kompor
5.     Resep masakan ayam bakar madu tabur wijen dan rasa manis na lezat dan gurih
6.     Siapkan panggangan dengan mengoleskan margarin secukupnya. Masukkan ayam dan panggang hingga matang atau keluar aroma harum. Setelah anda rasa sudah matang, angkat dan letakkan dipiring atau mangkuk untuk ditaburi wijen dan sajikan dimeja makan unuk siap disantap
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di