alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Mantap! Cara Bikin Kue Pancong Manis Ternyata Mudah Sekali
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52b0fdfacb956265425b10/mantap-cara-bikin-kue-pancong-manis-ternyata-mudah-sekali

Mantap! Cara Bikin Kue Pancong Manis Ternyata Mudah Sekali

Mantap! Cara Bikin Kue Pancong Manis Ternyata Mudah Sekali
Kue Gandos ada yang menyebutnya kue rangin ataupun kue pancong orang Bojonegoro mengatakan tratak jaran, orang Bandung menyebutnya bandros, orang Jakarta mengistilahkan kue pancong, orang Surabaya menamainya makanan rangin, dan orang Bali memberi nama daluman.
Kue pancong ini terbuat dari adonan tepung terigu sehingga kue ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Kamu bisa nih, menyajikan kue pancong buat camilan saat santai bersama keluarga atau bersama teman-temanmu.
Cara membuatnya juga gampang dan bahan bahannya juga mudah untuk didapatkan kok. Kamu tinggal menyiapkan alat serta bahan-bahan yang dibutuhkan. Perhatikan yaresep membuat kue pancong di bawah ini.
Mantap! Cara Bikin Kue Pancong Manis
Bahan Cara Bikin Kue Pancong :
·        Tepung terigu segitiga biru 125 gram
·        Telur 2 butir (sudah dikocok)
·        Gula pasir 125 gram
·        Ragi instan 1/2 sendok teh
·        Santan 150 ml
·        Margarin atau mentega (untuk mengoles cetakan)
·        Keju cheddar 35 gram  (diparut)
Bahan Toping Kue Pancong :
·        Keju parut secukupnya
·        Messes coklat secukupnya
·        Susu kental manis putih/coklat secukupnya
Cara Bikin Kue Pancong :
1.     Langkah awal didihkan santan terlebih dahulu, sisihkan. Sementara itu, campur tepung terigu dan ragi instan hingga rata.
2.     Selanjutnya masukkan telur yang sudah dikocok dan gula pasir ke dalam mixer hingga mengembang dan halus dengan kecepatan tinggi. jika sudah dirasa mengembang, turunkan kecepatannya menjadi sedang.
3.     Selanjutnya campurkan terigu sedikit demi sedikit agar adonan benar benar merata, setelah itu tuang santan sambil diaduk hingga rata. diamkan adonan selama 30 menit terlebih dahulu agar mengembang baru kemudian masukkan keju parut, aduk hingga rata.
4.     Langkah selanjutnya panaskan cetakan kue pancong lalu olesi dengan margarin. Adonan dituangkan di dalam cetakan, tetapi jangan sampai peuh karena nanti aan mengembang. Tutup cetakan lalu masak sebentar hingga kue setengah matang, angkat lalu taburi dengan toping coklat, keju dan susu kental manis diatasnya.
5.     Namun jika anda tidak suka setengah matang bisa dimasak hingga bawah kue berwarna kecoklatan, angkat, lalu siap ditaburi aneka toping seperti coklat, keju dan susu kental manis atau toping lainnya sesuai dengan selera
Cara Bikin Kue Pancong Lumer
Bahan yang Diperlukan
·        3 butir telur
·        100 gram tepung terigu
·        1 bungkus vanila
·        100 gram gula pasir
·        1/4 sendok teh soda kue
·        100 gram margarin yang sudah dilelehkan
·        1/2 sendok teh baking powder
Bahan Toping :
·        Keju parut / choco cip / meses atau lain sebagainya sesuai selera anda
Alat yang Dibutuhkan
·        Wadah atau mangkuk berukuran besar
·        Cetakan kue Pancong
·        Piring atau tempat saji
·        kocokan manual atau whisker
Adonan Cara Bikin Kue Pancong Setengah Matang Tanpa Mixer
1.     Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, memasukan gula pasir dan telur yang sudah anda siapkan ke dalam mangkuk atau  wadah berukuran besar. Kemudian, kocok kedua bahan tersebut dengan menggunakan kocokan manual atau whisker. Kocok hingga gula pasir larut dan adonan mengembang.
2.     Apabila sudah seperti itu, masukan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil dikocok sampai merata.
3.     Lalu masukan margarin yang sudah anda lelehkan ke dalam adonan. Aduk sampai margarin tercampur rata.
4.     Kemudian tambahkan soda kue, baking powder dan vanili bubuk. Aduk hingga semua adonan benar-benar tercampur rata. Apabila adonan sudah tercampur rata, maka anda dapat menuangkan adonan ke dalam teko kecil atau wadah bercorong yang lainnya.
Cara Bikin Kue Pancong Setengah Matang Tanpa Mixer
1.     Panaskan cetakan yang sudah anda siapkan di atas api kecil.
2.     Oleskan mergarin secukupnya pada cetakan agar kue cubit nanti tidak rapat dan hasilnya sempurna. Apabila cetakan sudah mulai panas, anda dapat langsung menuangkan adonan dalam teko ke dalam cetakan.
3.     Tuangkan adonan dengan tinggi setengah dari cetakan agar lebih mudah mengembang. Selama proses pemanggangan kue cubit, sebaiknya tutup cetakan. Apabila kue cubit sudah setengah matang, anda bisa menaburkan bahan topping yang sudah anda siapkan.
4.     Diamkan sebentar, kemudian angkat kue cubit dalam keadaan setengah matang. Sajikan kue cubit di atas piring atau tempat saji yang sudah anda siapkan sebelumnya. Kue cubit setengah matang tanpa mixer yang mudah dan sederhana sudah selesai dibuat.
5.     Agar terasa lebih nikmat, anda bisa menyantap kue cubit ini dalam keadaan hangat. Untuk melengkapi, anda dapat menyantapnya dengan teh hangat.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
banros ieu mah


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di