alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Bahan Alami yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah yang Tinggi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52a303d439721ebd3b2ba8/5-bahan-alami-yang-ampuh-turunkan-tekanan-darah-yang-tinggi

5 Bahan Alami yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah yang Tinggi

5 Bahan Alami yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah yang Tinggi

Semua orang tentunya menginginkan tubuh yang sehat. Berbagai upaya untuk menjaga tubuh supaya tetap fit pun dilakukan, mulai dari menjaga pola makan hingga rajin berolahraga. Namun terkadang, godaan untuk jajan aneka makanan meningkat seiring dengan semakin maraknya menu-menu baru yang bermunculan. 

Menurut jamanetwork.com, Indonesia termasuk ke dalam lima negara dengan angka kematian terbesar yang disebabkan oleh tingginya tekanan darah sistolik. Bagi kalian yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, tentu akan menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung garam dan berlemak. Ya, sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Jika kamu merasa khawatir saat menyantap makanan favoritmu karena takut tensi-mu meningkat, kini kamu dapat mengantisipasinya dengan mengonsumsi lima tanaman ini, lho.


1. Bawang putih
5 Bahan Alami yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah yang Tinggi
Kamu tentu mengenal bawang putih sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki aroma khas. Dibalik perannya untuk menambah citarasa masakanmu, ternyata bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah.

Dilansir dari healthline.com, pada bawang putih terdapat senyawa kuersetin yang merupakan senyawa anti-inflamasi. Senyawa ini dapat membantu menurunkan tekanan darahmu. Jika kamu enggan memakannya karena aromanya yang kuat, kamu dapat meminimalisir dengan meminum air rebusan bawang putihnya saja.


2. Daun seledri
5 Bahan Alami yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah yang Tinggi
Kurang lengkap sepertinya jika memasak sayur sup tanpa menambahkan daun yang satu ini. Sering digunakan sebagai garnish atau pelengkap masakan, daun seledri ternyata juga memiliki khasiat bagi kamu yang menderita tekanan darah tinggi.

Menurut health.clevelandclinic.org, daun seledri mengandung magnesium dan potassium yang dapat membantu mengatur dan mengontrol tekanan darahmu. Ambil beberapa batang daun seledri, potong menjadi beberapa bagian, tambahkan air, dan kemudian blender. Jadilah jus seledri siap santap untuk menurunkan tekanan darahmu.


3. Kentang
5 Bahan Alami yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah yang Tinggi
Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, menjadikan kentang sebagai salah satu makanan pokok di beberapa negara. Di Indonesia, kentang diolah menjadi berbagai macam panganan yang menemani di saat santai, seperti kentang goreng atau keripik kentang. Tentu kamu sudah tak asing lagi bukan dengan camilan tersebut. Kentang juga memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi dan baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

Namun, berdasarkan medicalnewsbulletin.com, cara mengolah kentang itu sendiri yang menjadikan kentang berperan sebaliknya. Contohnya yaitu kentang yang digoreng, dengan kandungan minyak dan garam yang ditambahkan, membuat kentang justru perlu dihindari oleh penderita darah tinggi. Untuk itu, cukup olah kentang dengan dikukus saja ya supaya khasiatnya lebih dapat kamu nikmati.


4. Buah bit
5 Bahan Alami yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah yang Tinggi
Buah berwarna merah keunguan ini ternyata juga dapat dikonsumsi sebagai penurun tekanan darah. Menurut medicalnewstoday.com, buah bit memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kandungan pada buah bit tersebut dapat melawan peningkatan tekanan darah yang disebabkan oleh garam. Rutin meminum jus buah bit segelas per hari, dapat membantu mengontrol tekanan darahmu.


5. Brokoli
5 Bahan Alami yang Ampuh Turunkan Tekanan Darah yang Tinggi
Kini, telah banyak olahan brokoli yang siap memanjakan lidahmu. Mulai dari tumisan, hingga menjadikannya sebagai sup. Beragamnya menu masakan menggunakan brokoli ini tidak lain karena manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sayuran hijau memang terkenal dengan kandungan potassiumnya yang tinggi. Begitu pula yang terkandung pada brokoli. Dilansir dari helloheart.com, brokoli juga mengandung glukorafanin yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah yang meningkat sebetulnya dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Selain dari pola makan, stress pun dapat memicunya. Meskipun sudah mengonsumsi lima tanaman di atas, kamu harus tetap mengontrol pikiran dan emosimu, ya! Tetap rileks supaya tekanan darahmu tak meroket.


Sumber : https://www.idntimes.com/health/medi...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di