alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Jarang yang Tahu ! Inilah Cara Menghilangkan Rumput Liar Dengan Cepat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d528cc0e83c7229926ba97c/jarang-yang-tahu--inilah-cara-menghilangkan-rumput-liar-dengan-cepat

Jarang yang Tahu ! Inilah Cara Menghilangkan Rumput Liar Dengan Cepat

Jarang yang Tahu ! Inilah Cara Menghilangkan Rumput Liar Dengan Cepat
Halo, kali ini saya akan menulis artikel yang membahas tentang cara menghilangkan rumput liar di taman rumah. Menyebalkan bukan ? Jika taman rumah kita banyak ditumbuhi oleh rumput rumput liar.[color=rgba(0, 0, 0, 0.83921568627451)] [/color]

Karena selain mengganggu tanaman hias, rumput liar juga akan merusak pemandangan di rumah anda. Mereka sering kali tumbuh di taman, tembok, pagar dan di berbagai tempat lainnya di sekitar rumah. 


Selain itu gulma atau tumbuhan liar ini juga akan menjadi parasit bagi tanaman tanaman hias anda. Gulma ini akan menyerap nutrisi tanaman anda yang kemudian akan membuatnya mati.


Bukan itu saja, tumbuhan ini juga sangatlah sulit untuk dibasmi. Sebab, setiap taman sudah dibersihkan, beberapa hari kemudian tumbuhan ini akan muncul lagi. 

Hal ini terjadi karena pembersihan yang dilakukan hanya dengan mencabut rumput yang terlihat dan akarnya masih banyak yang tertinggal di dalam tanah.

Cara Menghilangkan Rumput Liar Dengan Cepat
Jarang yang Tahu ! Inilah Cara Menghilangkan Rumput Liar Dengan Cepat
Nah, untuk itu jika anda masih bingung bagaimana cara mengatisnya. Sebaiknya anda membaca artikel ini. Karena artikel ini memberikan solusi atau lebih tepatnya cara menghilangkan rumput liar atau gulma dengan cepat hingga ke akar akarnya.

Berikut ini adalah cara untuk membasmi rumput liar dengan cepat.

1. Sabun Mandi
Sabun mandi yang setiap hari kita pakai ternyata dapat di gunakan untuk menghilangkan rumput liar, karena selain kalian pakai untuk membersihkan kotoran dan mencuci piring, sabun juga dapat membasmi gulma.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mencampurnya dengan dengan air cuka secukupnya. 

Untuk memudahkan pengaplikasiannya anda dapat menggunakan alat penyemprot, lalu semprotkan sabun ke rumput liar yang mengganggu.

Rumput liar atau gulma yang sudah terkena semprotan tadi biasanya akan terlihat mengkilap, jadi anda dengan mudah untuk membedakan mana yang sudah dan mana yang belum di semprot.

2. Pemutih
Apakah rumput liar tumbuh subur di sekitar rumah anda, celah celah jalan setapak, dan tembok Anda? Maka cobalah menuangkan sedikit pemutih murni di atasnya. 

Selang satu atau dua hari, Anda dapat menariknya dengan mudah dan tentu saja pemutih akan mencegahtanaman liar tersebut datang kembali.

Berhati-hatilah agar tidak menggunakan pemutih sembarangan.

3. Air Panas
Cara ketiga yang dapat anda coba untuk membasmi gulma adalah dengan menggunakan air mendidih, karena cara ini diklaim dapat mematikan rumput liar atau gulma. 

Ketika anda sedang merebus sayuran atau mie instan, air sisa rebusan tadi jangan di buang terlebih dahulu, Tetapi siramlah ke tempat di mana rumput liar biasa tumbuh.

Biasanya rumput liar akan layu dan mati jika terkena siraman air panas, karena air mendidih akan melehkan permukaan gulma dan merusaknya. 


Tentunya hal ini bukanlah hal yang sulit untuk anda lakukan dan tidak ada salahnya jika anda mencoba cara ini.

4. Garam
Rumput liar yang sering muncul di taman atau di jalan setapak sekitar rumah anda sulit di hilangkan ? Solusinya anda dapat memanfaatkan garam. 

Garam adalah bahan alami yang aman dan mudah sekali di dapat baik di rumah (dapur) maupun membelinya di warung.

Selain itu penggunaan garam juga tidak menimbulkan bau menyengat tidak seperti bahan kimia lainnya.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, anda hanya tinggal menaburkan garam ke tempat rumput liar tumbuh, usahakan jangan sampai mengenai tanaman anda.

Jangan lupa untuk menaburkan air atau jika anda malas anda dapar menunggu hujan turun untuk menyelesaikan pekerjaan anda.

Di sini garam berfungsi menyerap kandungan air pada rumput liar, jadi gulma lama kelaman akan mengering dan mati, begitu juga dengan tanaman anda jika sampai terkena taburan garam tadi.

5. Cuka
Selain itu, cuka yang biasa ditemukan di dapur juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi rumput liar di rumah. Asam asetat yang terkandung dalam cuka 5% merupakan zat yang menyebalkan bagi daun tanaman. 

Zat ini dapat merusak tanaman muda dengan akar yang belum dewasa, meskipun hanya menggulung gulma dengan kekeringan.

Cukup campurkan cuka dengan sabun cuci piring secara merata dan semprotkan pada gulma yang menggangu. 

Kandungan aetic acid pada cuka akan mematikan gulma secara perlahan tapi pasti dan sabun cuci akan membuat cuka melekat pada dedaunan.

Pastikan Anda menutupi tanaman lain sebelum melakukan penyemprotan, karena cuka adalah pembasmi gulma yang efektif. Jauhkan semprotan Anda pada target dengan melepas bagian bawah botol soda plastik 2 liter, dan letakkan di atas rumput liar. 

Semprotkan cuka ke dalam mulut botol, yang akan mencegahnya memercik pada sayuran Anda.

6. Koran
Koran juga dapat digunakan untuk membasmi gulma, karena koran dapat menghalangi sinar matahari dan oksigen untuk mencapai tanah. 

Cara ini akan menyiksa dan melumpuhkan gulma yang telah tumbuh, serta mencegah pertumbuhan baru.

Caranya yaitu simpan koran dalam 10 lembar lapisan lalu basahi koran untuk menahannya dan tutup dengan satu atau dua inci mulsa. 


Jika gulma mulai tumbuh di mulsa, tambahkan lebih banyak lapisan yang pada akhirnya akan membusuk dan menyuburkan tanah.

7. Belerang
Bagi anda yang tinggal di dekat gunung yang menghasilkan belerang bersenanglah karena anda dapat memanfaatkan belerang untuk membasmi rumput liar. 

Karena belerang dapat di gunakan sebagai salah satu campuran utama untuk ramuan pembasmi rumput liar.

Bahan bahan yang di perlukan :
  - Siapkan 4 liter air,
  - Garam 2 kg ,
  - Cuka 2 botol kecil dan
  - Belerang 3 ons.


Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan kecuali cuka, aduk hingga merata , jika sudah mendidih angkat lalu tuangkan cuka dan masukan ke dalam jerigen atau botol ukuran besar.

Biarkan selama 12 jam agar herbisida alami dapat bekerja dengan maksimal untuk membasmi gula.

8. Bensin
Salah satu cara membasmi rumput liar di kebun adalah dengan memanfaatkan bensin. 

Campurkan bensin dengan garam, pupuk urea, serta sabun cuci secara merata kedalam botol semprot dan semprotkan pada gulma yang hendak dibasmi.

Satu hal yang perlu anda ingat ketika menggunakan metode ini yaitu sifat bensin yang keras bisa merusak tanaman lain dan mencemari tanah. 

Jadi anda harus berhati hati dalam menggunakannya.

9. Corn Gluten Meal
Produk sampingan dari jagung ini dapat menghentikan benih dari tumbuhan yang akan menjadi gulma. Karena mereka dapat mencegah perkecambahan pada gulma.

Caranya : sebarkan corn gluten meal ke sekitar tanaman liar yang tumbuh atau setelah Anda menanam bibit dan pencangkokan ditanam di tanah.


...

Itulah cara paling gampang untuk menghilangkan rumput liar di taman anda. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam membasmi rumput liar di taman rumah.

Sampai jumpa di atikel lain dan semoga berhasil !


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di