alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Ini Dia! Tampilan Neo-Klasik pada Katana 2019-2020
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d527bf0a727686c9c1f9eb0/ini-dia-tampilan-neo-klasik-pada-katana-2019-2020

Ini Dia! Tampilan Neo-Klasik pada Katana 2019-2020

Motor dengan tampilan neo-klasik kini memiliki semakin banyak penggemar. Hal ini dapat dilihat dari tingginya minat konsumen terhadap Z900RS. Sementara itu, kabar bahwa motor legendaris Katana akan melakukan reborn dengan mengusung tampilan neo-klasik kini sudah bisa dipastikan kebenarannya. Berdasarkan informasi terbaru dari Young Machine yang dirilis pada 23 Juni 2018, kemungkinan Harta Karun Tradisional itu akan dilahirkan kembali.
Dari Naked Jadi Neo-Klasik?

Beberapa motor pesaingnya yang juga mengusung tema neo-klasik di antaranya adalah Z900RS, CB1100, dan XSR900. Dengan membawa citra Kawasaki Z1, Z900RS berhasil menjadi yang paling menonjol dalam beberapa tahun terakhir ini dibanding kedua motor lainnya. Sementara itu, para pengendara motor legendaris Suzuki Katana GSX1100S sudah tidak sabar menantikan kehadiran Katana Neo-Klasik ini. Seperti dilaporkan Young Magazine, motor yang dinamai Katana 3.0 ini menjadi perbincangan hangat saat ditampilkan di Milan di musim gugur tahun lalu. Menurut informasi yang didapat, Suzuki kini telah masuk tahap perencanaan untuk mengembangkan motor tersebut.
Selain itu, kabar bahwa pihak Suzuki telah mengajukan merek dagang untuk nama “KATANA” di Jepang, AS dan Eropa dari Maret hingga April tahun ini tampaknya semakin menguatkan informasi tersebut. Meskipun pengajuan tersebut berkaitan dengan penggunaan barang, di AS, pengajuan merek dagang juga dilakukan manakala sebuah produsen ingin melahirkan varian produk baru. Merek dagang yang diajukan Suzuki berlaku selama tiga tahun. Ini artinya, Katana Neo-Klasik ini diperkirakan akan muncul paling lambat pada tahun 2021.
Banyak yang bertanya-tanya akan seperti apa Katana Neo-Klasik ini. Spekulasi yang beredar mengatakan bahwa Katana 3.0 ini merupakan pembaharuan dari GSX-S. Informasi dari sumber terpercaya mengatakan bahwa Katana 3.0 kini telah masuk tahap produksi. Seperti yang kita ketahui, Yamaha dan Kawasaki sama-sama melakukan perubahan terhadap motor hyper naked menjadi motor neo-klasik, dan bisa jadi Suzuki pun akan melakukan hal yang sama.
Ini Dia! Tampilan Neo-Klasik pada Katana 2019-2020
Suzuki GSX-S1000 Katana (Prediksi) | Prediksi Harga: dalam Investigasi | Perkiraan Kemunculan: Musim Gugur 2018-2019 | Kemungkinan Rilis: 40% | GSX-1000 Katana akan mengusung citra ‘pedang dari Barat’, kebalikan dari Katana versi lama yang mengusung citra ‘pedang dari Jepang’.


Pengajuan Merek Dagang di Musim Semi April 2018
Suzuki dikabarkan telah mengajukan penggunaan merek dagang ‘Katana’ di Jepang pada 12 Maret dan AS dan Eropa pada 4 April 2018. Pengajuan tersebut berkaitan dengan penggunaan merek dagang untuk gantungan kunci, cangkir, jam tangan, baju, dan beberapa aksesoris lainnya. Penggunaan merek dagang untuk kendaraan telah diperoleh Suzuki pada 1984 di Jepang dan pada 2015 di Eropa. Pada Februari tahun ini, Suzuki telah mengajukan penggunaan merek dagang di AS dan penggunaan merek dagang tersebut dikabarkan berlaku selama tiga tahun. Kira-kira hal apa yang akan dilakukan Suzuki?
Ini Dia! Tampilan Neo-Klasik pada Katana 2019-2020
Gambar di atas merupakan dokumen bukti pengajuan merek dagang yang diajukan oleh Suzuki. Merek dagang yang diajukan serupa dengan logo yang terdapat pada dokumen. Pengajuan merek dagang ‘Katana’ juga dilakukan di Jepang dan Eropa. Tampaknya Suzuki berencana meningkatkan penjualan aksesoris dan kendaraan di Jepang, AS, dan Eropa.


Katana Neo-Klasik Pembaruan dari GSX-R?
Seperti yang kita ketahui, Katana versi lama yang dirilis pada 1981 sukses mengalahkan para pesaingnya dan dikenal sebagai motor dengan mesin tercepat di dunia. Hal ini membuat para konsumen berasumsi bahwa Katana Neo-Klasik akan memiliki mekanisme terbaru dan terkuat dibanding motor neo-klasik lainnya. Dilansir Young Magazine, desas-desus yang beredar menyebutkan bahwa Katana Neo-Klasik ini merupakan pembaruan dari GSX-R1000R.
Yang mengejutkan, sebuah motor dengan mesin R1000 tahun 2016 terlihat menggunakan frame besi Katana pada festival balap Taste of Tsukuba pada Mei tahun ini. Beberapa bagian eksterior motor tersebut terlihat mengadopsi eksterior Katana versi lama. Mesin GSX-R1000 tersebut dirakit oleh Tim Kagayama, salah satu tim balap terbaik di Jepang, dan berhasil membawa Yukio Kagayama ke peringkat kedua di sirkuit. Meski menggunakan frame besi, motor tersebut dapat melaju dengan kecepatan mengagumkan, setara dengan motor super sport. Mesin L5 yang sebelumnya digunakan pada R1000 tersebut tidak lagi dipakai dan saat itu, Kagayama yang menyukai Katana, memutuskan untuk menggunakan frame besi Katana pada R1000 dan mengikutsertakannya pada event balap Taste of Tsukuba tersebut.
Young Magazine memprediksi Katana Neo-Klasik akan dirilis pada 2020 dengan standar emisi Euro 5, bertepatan dengan hari jadi Suzuki yang ke-100. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan pula motor ini akan rilis lebih cepat dari prediksi, yakni sekitar tahun 2018-2019.
Ini Dia! Tampilan Neo-Klasik pada Katana 2019-2020
Suzuki Katana GSX-R1000R (Prediksi) | Prediksi Harga: dalam Investigasi | Perkiraan Kemunculan: Musim Gugur 2018-2019 | Kemungkinan Rilis: 40% | Mesin bertenaga dengan desain frame nan ramping, GSX-R1000R akan tampak makin stylish dengan water-cooled system.


Ini Dia! Tampilan Neo-Klasik pada Katana 2019-2020
Katana 1000R rakitan Tim Kagayama – Pada bulan Februari, Tim Kagayama menggunakan frame Katana dalam rancangan GSX-R buatannya dan lahirlah Katana R1000!


Rencana Suzuki untuk Merilis Katana 3.0
Katana 3.0 dipamerkan di Milan pada November tahun lalu. Melihat fairing atas, jok, dan tangkinya, motor ini memang mirip seperti GSX-1000. Dengan desin dan detail berkualitas tinggi, Katana 3.0 ini sangat cocok dipasarkan meski belum ada rencana kapan motor ini akan diproduksi massal. Namun isu-isu yang santer terdengar mengatakan Suzuki tengah serius mengembangkan motor ini. Beberapa bahkan menyebutkan bahwa rencana pengembangan Katana Neo-Klasik ini telah dimulai.
Ini Dia! Tampilan Neo-Klasik pada Katana 2019-2020



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di