alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Perkuat Fungsi Pelayanan Publik, Kemendagri Siap Dukung SP4N LAPOR
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d527ba58d9b175fe603a4da/perkuat-fungsi-pelayanan-publik-kemendagri-siap-dukung-sp4n-lapor

Perkuat Fungsi Pelayanan Publik, Kemendagri Siap Dukung SP4N LAPOR

Perkuat Fungsi Pelayanan Publik, Kemendagri Siap Dukung SP4N LAPOR

JPP, BATAM - Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri (Kapuspen Kemendagri) Bahtiar menyatakan kesiapannya dalam mendukung Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berbasis online dengan aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).

“Prinsipnya kami mendukung SP4N LAPOR, bagaimanapun penanganan pengaduan yang efektif akan memberikan penyelesaian bagi masyarakat serta berkontribusi langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik,” ujar Bahtiar saat membuka Rapat Koordinasi Pengelolaan Pengaduan dan Informasi Publik di Batam, Kepulauan Riau, Kamis (8/8/2019) lalu.

Menurut Kapuspen, dukungan Kemendagri terhadap adanya sistem pengaduan yang terintegrasi dan terpusat harus dipenuhi dengan kesiapan sistem dan pemerintah daerah (Pemda), terutama bagi Pemda yang telah memiliki aplikasi atau layanan pengaduan tersendiri.

“Ke depan, sistem pengaduan kita akan terintegrasi dengan SP4N LAPOR, makanya perlu ada kesiapan terutama bagi Pemda yang telah memiliki aplikasi sendiri, termasuk nanti SaPA (Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SaPA) Kemendagri juga akan beralih ke SP4N LAPOR,” jelas Bahtiar.

Dengan adanyan SP4N-LAPOR, penanganan pengaduan diharapkan lebih efektif sehingga pelayanan dapat dilakukan secara maksimal. Pemanfaatan SP4N-LAPOR! Juga dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, mengurangi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat.

Selanjutnya, koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), diharapkan seluruh sistem pengaduan pelayanan publik milik pemerintah daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota dapat terhubung atau terintegrasi dengan Sistem Pengelolaan Pengaduam Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang saat ini dikelola Kementerian PANRB. (dgr/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/polhukam/pemerinta...ung-sp4n-lapor

---

Kumpulan Berita Terkait POLHUKAM :

- Perkuat Fungsi Pelayanan Publik, Kemendagri Siap Dukung SP4N LAPOR Sambut HUT RI ke-74, Gapura Merah Putih Siap Meriahkan Gedung Kemendagri

- Perkuat Fungsi Pelayanan Publik, Kemendagri Siap Dukung SP4N LAPOR Pemerintah Beri Peringanan Pajak untuk Industri yang Dukung Vokasi

- Perkuat Fungsi Pelayanan Publik, Kemendagri Siap Dukung SP4N LAPOR Menkeu Sanggupi Tantangan Soal Keterbukaan Informasi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di