alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kekhawatiran Guru atas Penemuan Siswa soal Obat Kanker Mujarab hingga Juarai Dunia
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d526b90018e0d25d64dfad1/kekhawatiran-guru-atas-penemuan-siswa-soal-obat-kanker-mujarab-hingga-juarai-dunia

Kekhawatiran Guru atas Penemuan Siswa soal Obat Kanker Mujarab hingga Juarai Dunia

emoticon-Hot News

Kekhawatiran Guru atas Penemuan Siswa soal Obat Kanker Mujarab hingga Juarai Dunia
Ketiga siswa yang berhasil mengharumkan Indonesia melalui Karya Ilmiah Kayu Bajakah Penyembuh Kanker(KOMPAS.com/KURNIA TARIGAN)


PALANGKARAYA, KOMPAS.com
— Tiga siswa SMA 2 Negeri Palangkaraya berhasil menemukan obat kanker mujarab dari pohon bajakah dan berhasil meriah medali emas pada ajang kompetisi tingkat dunia di Seoul, Korea Selatan.

Namun, di balik penemuan dan prestasi itu, terdapat kekhawatiran pihak guru pembimbing siswa, yakni akan banyak orang memburu pohon itu sehingga bisa merusak hutan di Kalimantan Tengah.

Saat awal menerima informasi bahwa ada siswa dari salah satu SMA negeri di Palangkaraya yang berhasil menjuarai dan meraih medali emas atas karya ilmiah menemukan obat kanker dari pohon bajakah, Kompas.com langsung mencari informasi tambahan terkait dengan siapa siswa itu dan dari mana asal sekolahnya.

Akhirnya Kompas.com berhasil menemukan titik terang ketiga nama siswa tersebut serta asal sekolah dan nama guru pembimbing.

Ruji Alamsyah, humas SMA Negeri 2, Palangkaraya, menyambut dengan ramah dan membantu Kompas.com bertemu Helita, guru pembimbing ketiga siswa berprestasi tersebut.

Namun, rencana wawancara Helita tidak berjalan mulus.

Sempat ada penolakan dari guru pembimbing untuk diwawancarai, apalagi membuka secara utuh asal usul serta nama jelas kayu yang disebut bajakah tersebut.

Alasannya, ia tidak ingin penemuan itu justru berdampak pada kerusakan hutan di Kalimantan Tengah. Ia khawatir akan terjadi eksploitasi alam besar-besaran terhadap hutan di Kalimantan Tengah, terutama bagi kalangan yang memiliki tujuan untuk komersial.

“Saya tidak mau kalau ini nanti justru akan menjadi masalah, khususnya dalam hal eksploitasi hutan Kalimantan Tengah,” kata Helita saat ditemui Kompas.com di SMA Negeri 2, Palangkaraya.

Setelah Kompas.com bisa meyakinkan dan memberikan penjelasan yang cukup panjang, akhirnya guru pembimbing bersedia diwawancarai serta langsung memanggil ketiga siswa hebat tersebut, dengan syarat tidak akan membuka nama dan jenis kayu tersebut.

Sebelumnya diberitakan, tiga siswa SMA 2, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, meraih juara dunia atas temuan obat kanker mujarab, dengan bahan baku alami berupa batang pohon tunggal atau dalam bahasa Dayak disebut dengan bajakah yang diperoleh di hutan Kalimantan Tengah, Senin (12/8/2019).

Keberhasilan ketiga siswa tersebut berawal dari informasi Yazid, salah seorang siswa yang ikut dalam tim tersebut, bahwa ada salah satu tumbuhan di hutan Kalimantan Tengah yang kerap digunakan keluarganya menyembuhkan kanker, bahkan kanker ganas stadium empat sekalipun.

Di bawah bimbingan Helita, ketiga siswa SMA Negeri 2 Palangkaraya ini memutuskan untuk memulai pembahasan awal yang lebih serius mengenai kayu bajakah.

Penelitian diawali dengan uji pendahuluan yang dilakukan ketiga siswa dan guru pembimbing di laboratorium.

SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bocahilang dan 13 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
Mencurigakan sekali.

Untuk kemashalatan para penderita kanker di seluruh dunia, tanaman ini harus di budidayakan, bukannya ditutup-tutupi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucingkampung97 dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Ad yg punya link ori dri penyelenggara gtu ?. .
Yg ketemu cuma dri berita , takutnya cuma berita dg sumber berita . .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
3430393 dan 13 lainnya memberi reputasi
semoga kedepan bisa dibudidayakan pohonnya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
jd ingat obat yg bisa menyembuhkan kanker eh si tokohnya malah tewas kena kanker
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucingkampung97 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bookmark dulu yah
profile-picture
profile-picture
jump1234 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
ntar kayak listrik dari puun kedondong nga nih ?

atau iron man from bali ?emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
3430393 dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sama kencing onta lebih mujarab mana??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ros.Mtp dan 11 lainnya memberi reputasi
Beritanya kayak hoax banget. Indon begitu yang bohong aja diviralin supaya ngetop apalagi yang fakata mana mungkin ditutupin ma gurunya apalagi ini obat bukan nemuin spesies terancam punah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nohopemiracle dan 9 lainnya memberi reputasi
luar biasa indonesia ya.. punta calon" orang pinter yang bakal jadi besar di mata Dunia malah diumpet"in dan ga di support...

oh lupa.. soalnya yg maju dan yg bakal sukses adalah anak" ini, sebagai si penemu, bukan orang" yg punya kepentingan...

ga heran semua orang pinter indonesia minggat ke luar Negeri.. di dalem Negeri ga di hargain sama sekali...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adamaitsu dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalau seperti ini, sebaiknya pemerintah gercep. Benar adanya, hutan bakal jadi korban berikutnya.

Tanaman bisa diisolasi, diteliti oleh LIPI dan dicoba dibudidayakan terlebih dahulu, dan pemerintah harus bisa membuat peraturan untuk melindungi hutan. Di sini, pesimismenya muncl, karena tahu saja pemerintah (apalagi DPR yang berwenang bikin UU) kita tahu seperti apa....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
Ada yg bisa upload jurnal nya nda?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
memetrivaldo dan 5 lainnya memberi reputasi
https://health.grid.id/read/351815805/temukan-obat-kanker-payudara-2-wanita-dayak-cantik-ini-raih-penghargaan-internasional-di-korea?page=all

Di sini lbh jelas beritanya, termasuk nama acara + foto sertifikat n medali.

Kalo klaim obat kanker sih blm bisa, msh uji coba pra klinis pake tikus putih.
Prosesnya msh panjang kalo diterusin buat ke manusia atau paten.
Bukti empiris, uji lab, ama hasil penelitian dah bs jd dasar buat dikembangin.

Kalo klaim khawatir eksploitasi besar2an bisa di maklumi, tp harusnya ada inisiatif buat budidaya.
Yg budidaya gak harus pihak sekolah, bisa kelompok tani atau karang taruna setempat.
Ngajuin proposal ke pemda/pemrov, di acc bisa dibantu dari persiapan lahan ampe dana operasional
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rickyrickardo dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Dejapu buah merah deh


hmmm
Balasan post entecavir
ga klaim, namanya juga penilitian, udah di uji sampai tingkat internasional.

media aja berlebihan.

sekali lagi PENELITIAN, msh jauh sampai bisa jadi obat kanker.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rachmacool dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post KuwuRT
Quote:


@KuwuRT iyaa, ntah media yg berlebihan atau dasarnya gak ngerti konsep penelitian kek gimana.

Tp ya itulah Indonesia, haus akan pengakuan n prestasi emoticon-Big Grin
No offense.

Yg penting jgn berhenti di sini aja, perlu disupport biar lanjut, syukur2 bs jd obat paten atau herbal terstandar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
memetrivaldo dan 5 lainnya memberi reputasi
akan ada obat penyembuh kanker, tapi bukan dari tanaman ini
tapi dari binatang penyelamat umat manusia: BABI
Lihat 1 balasan
Walah, msh tahap riset ya msh lama coy ... yg penting mmg hrs ada tindak lanjut dr "penemuan" anak2 ini
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
kekhawatiran pihak guru pembimbing siswa, yakni akan banyak orang memburu pohon itu sehingga bisa merusak hutan di Kalimantan Tengah.
Quote:


Si anu ya, si madu anu emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
mulia, cukuplah rusak hutan indonesia demi kepuasan manusia. kudu diteliti betul juga, jangan sampe kagak manjur hutan keburu gundul.
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di