alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Makna Mendalam Ziarah Menhan ke Makam Jenderal Sudirman
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5265f42f568d46d76a2dc2/makna-mendalam-ziarah-menhan-ke-makam-jenderal-sudirman

Makna Mendalam Ziarah Menhan ke Makam Jenderal Sudirman

Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia melakukan ziarah ke makam orang tua, kerabat, maupun tokoh-tokoh nasional yang sudah pergi mendahului kita semua.

Seperti yang dilakukan Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal TNI Purn Ryamizard Ryacudu yang berziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Sudirman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara, Yogyakarta.

Makna Mendalam Ziarah Menhan ke Makam Jenderal Sudirman

Kunjungan Menhan menjelang peringatan kemerdekaan Indonesia ke-74, dirasa sangat apik dilakukan. Selain untuk mendoakan panglima besar Jenderal Sudirman serta para pahlawan dan pejuang bangsa lainnya yang di makamkan di TMP Kusumanegra.

Ziaran ini juga untuk mengingat pejuangan dan pesan-pesan mereka, khususnya Jenderal Sudirman. Sebab pesan-pesannya yang diberikan beliau untuk Indonesia begitu banyaknya.

Sehingga dengan begitu kita selalu ingat pesan dan aksi heroik yang beliau lakukan untuk Indonesia.

Lalu juga yang dapat diteladani dari Panglima Besar Jenderal Sudirman, di antaranya semangat pantang menyerah dan komitmen untuk mencintai bangsanya.

Tidak lupa selain wujud mengenang jasa-jasa perjuangan para pahlawan, hal itu sebagai introspeksi kilas balik generasi penerus selama mengabdi untuk kepada negara khususnya di TNI, agar dapat memberikan estafet perjuangan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia.

Tradisi ziarah ke beberapa makam pendiri bangsa dan para pahlawan seperti ini harus terus dipertahankan untuk mengingatkan seluruh generasi penerus. Terutama seluruh anak bangsa bahwa generasi muda khususnya generasi millennial agar mengerti betapa besar perjuangan para pahlawan dan pendahulu kita dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Jenderal Besar Sudirman punya jasa yang sangat besar terhadap bangsa Indonesia hingga saat ini. Sudah sepatutnya kita harus meneruskan cita-cita besarnya. Semangat juang dan menjaga persatuan, kerukunan, serta kedaulatan bangsa Indonesia.



Sumber: http://poskotanews.com/2019/08/01/gm...ersama-menhan/
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ingatlah, negeri ini ada pendahulunya, dan kehidupan kita yang baik seperti ini adalah hasil kerja keras mereka.
Yang kita bisa lakukan hanyalah memastikan anak cucu generasi berikutnya dapat hidup aman sebagaimana mereka pahlawan masa lalu berharap kita dapat hidup aman, meneruskan "perjuangan" mereka di dunia sekarang ini.

Mari kita jaga negeri ini.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di