alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Konsep Syariah sudah Terkandung dalam Pancasila
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d525d6d2f568d5bd17aa31d/konsep-syariah-sudah-terkandung-dalam-pancasila

Konsep Syariah sudah Terkandung dalam Pancasila

Konsep Syariah sudah Terkandung dalam Pancasila

Istilah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak bisa disandingkan dengan embel-embel tertentu, misalnya NKRI Bersyariah. Karena nilai-nilai syariat Islam sudah termaktub dalam Pancasila.

Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu. Menurutnya, melaksanakan sila pertama Pancasila sudah mencakup istilah syariah.

Menteri Pertahanan itu juga menegaskan bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa. Karena itu eksistensinya harus dijaga sampai kapan pun.

Dalam sejarahnya, Pancasila merupakan konsep yang menjadi kompromi final antara berbagai kelompok pembentuk bangsa Indonesia, diantaranya kelompok Islam, nasionalis, dan kebangsaan.

Menurut Kiai dan Ulama pejuang bangsa saat itu, syariah Islam yang diajukan dalam piagam Jakarta, kemudian disepakati menjadi sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa sudah sama dengan syariah Islam.

KH. Wahid Hasyim, tokoh muda NU kala itu sekaligus putra pendiri NU, Hasyim Asyari, turut serta dalam merumuskan konsep dasar NKRI pada tahun 1945.

Ia menegaskan bahwa konsep Ketuhanan yang Maha Esa merupakan konsep tauhid dalam Islam. Jadi tak perlu mempertentangkan Islam dan Pancasila.

Melihat itu, maka kelompok yang mengajukan konsep NKRI Bersyariah merupakan kelompok yang tak memahami Pancasila dengan paripurna.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Klo dulu yg dipakek bukan pancasila, gerombolan di/tii sudah berkuasa!
dan sekarang ada yg mau mencoba lagi dengan sampul yg berbeda
Diubah oleh dcp1968


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di