alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Memilih Universitas Yang Tepat, Ini 7 Tips Paling Efektif!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d52546765b24d6b1a36cb5f/memilih-universitas-yang-tepat-ini-7-tips-paling-efektif

Memilih Universitas Yang Tepat, Ini 7 Tips Paling Efektif!

Memilih Universitas Yang Tepat, Ini 7 Tips Paling Efektif!

Buat kamu yang hampir menyelesaikan studi SMA, sudah waktunya untuk memikirkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sebenarnya, Memilih universitas yang tepat itu memang susah-susah gampang. Banyak faktor yang perlu kamu pikirkan matang-matang supaya tidak salah pilih.

Jadi apa saja sih tips mudah yang membuatmu memilih universitas paling tepat untuk masa depanmu nanti?

1. Pilih peringkat universitas berdasarkan jurusan yang akan kamu tuju

Belajar apa kamu di universitas itu lebih penting lho dibandingkan dengan hanya sekedar mengejar universitas ternama atau populer saja. Kadangkala ada beberapa universitas yang peringkatnya mungkin bukan yang terbaik, namun mereka adalah universitas yang berspesialisasi di jurusan-jurusan tertentu. Tentunya universitas seperti ini cocok untuk kamu yang memang mau fokus di jurusan tertentu. Karena itu peringkat yang harus kita cari bukan sekedar peringkat secara general saja, namun juga peringkat khusus jurusan yang mau kamu tuju.

2. Membaca ulasan universitas

Penting untuk tahu reputasi universitas ke mana kamu mau bersekolah, karena nama universitas ini akan selalu kamu bawa terus saat melamar pekerjaan. Kalau universitasmu punya reputasi yang baik, pastinya akan berpengaruh positif saat kamu mencari pekerjaan.


3. Memilih universitas berdasarkan lokasi yang tepat

Lokasi juga menjadi salah satu hal penting yang harus kamu pikirkan. Apakah nantinya kamu akan ngekos atau tinggal di rumah, apakah biaya hidup di kota itu tinggi atau tidak, apalagi kalau ternyata lokasinya di luar negeri. Lokasi juga ternyata bisa menentukan apakah akan ada kesempatan beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Bersekolah di Jakarta dan Yogyakarta tentu memiliki perbedaan yang cukup besar, apalagi kalau kamu membandingkan sekolah di Jakarta dan di Australia, pasti pertimbangannya akan lebih banyak lagi kan!

Selain itu, memilih universitas di tengah kota atau pinggiran kota juga berpengaruh lho! letak universitas yang tenang dan kondusif untuk belajar pastinya menjadi suatu faktor yang sangat patut kamu pikirkan.

4. Menghadiri pameran universitas

Cara tepat lainnya untuk memilih universitas adalah dengan mendatangi pameran universitas yang sering diadakan di berbagai kota.

Di dalam pameran universitas ini kamu semakin memperkaya informasi akan berbagai jenis universitas dan visi misi dari setiap universitas, kamu bisa banyak bertanya pada perwakilan universitas dan menyerap informasi yang biasanya sulit didapatkan hanya dengan mencarinya di internet saja. Apalagi, di dalam pameran, pastinya tidak hanya ada satu universitas saja, kamu bisa membandingkan beberapa universitas dengan jurusan yang kamu tuju. Biasanya, ajang pameran juga adalah kesempatan emasmu untuk bertanya seputar beasiswa lho!

5. Fasilitas dan mata kuliah yang ditawarkan

Tentu penting untuk kamu tahu apa saja yang akan kamu pelajari selama bersekolah di sana, dan sarana prasarana apa saja yang bisa kamu dapatkan selama menjadi mahasiswa/mahasiswi universitas tersebut. Semakin banyaknya fasilitas di universitasmu, tentu menjadi nilai plus bagi kamu juga kan! Apalagi fasilitas-fasilitas universitas ini tentu bisa lebih menunjang pendidikan dan perkembangan pribadi kamu.

6. Biaya kuliah dan biaya hidup

Sama seperti poin nomor 4, memilih universitas sangat erat kaitannya dengan biaya yang harus kamu keluarkan. Sebelum memutuskan bersekolah di tempat tertentu, kamu harus mengetahui dahulu berapa besar dana yang kamu butuhkan untuk bersekolah di sana, apakah ada beasiswa yang bisa menunjang atau tidak, dan berbagai pemikiran lainnya. Biaya kuliah setiap negara jelas memiliki standar yang berbeda, apalagi biaya hidupnya. Apakah nanti di sana kamu bisa bekerja paruh waktu atau tidak juga merupakan salah satu yang perlu kamu pikirkan.

7. Realistis

Pada akhirnya kamu harus realistis untuk memilih universitas yang paling tepat untuk dirimu. Apakah jurusan dan sekolah itu benar-benar sesuai dengan diri kamu, dengan tujuan jurusanmu, bahkan dengan kemampuan finansial ataupun akademikmu. Jangan lupa juga untuk selalu berkomunikasi pada keluarga dan teman-teman terdekatmu, apalagi kalau mereka lebih berpengalaman. Mereka bisa memberikan berbagai pertimbangan yang mungkin sebelumnya tidak pernah kamu bayangkan.

Nah ini 7 hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum kamu memutuskan universitas mana yang terbaik untuk kamu tuju. Pada akhirnya kamulah yang berhak untuk mengambil keputusan untuk hidupmu. Jangan sampai kita salah pilih ya!


Sumber: Best International University in Jakarta
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di