alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Saat Saat Dilema Dalam Memilih Jurusan Kuliah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5252f82f568d0cf03535fa/saat-saat-dilema-dalam-memilih-jurusan-kuliah

Saat Saat Dilema Dalam Memilih Jurusan Kuliah


Saat Saat Dilema Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Saat Saat Dilema Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Hai everyone,gue kembali lagi nih di blog dan kaskus gue.Sekarang gue akan kembali beropini dan menceritakan keresahan gue sendiri hehe.Kali ini gue akan membahas tentang Dilema Memilih Jurusan Kuliah.Pasti bukan gue aja dan banyak orang yang dilema pas mau milih jurusan kuliah.Oke gue mulai aja deh

 

Apa yang gue maksud dengan Dilema Memilih Jurusan Kuliah?Maksud gue itu bingung antara memilih jurusan kuliah idaman orang tua atau jurusan kuliah yang datang dari diri kita sendiri.Kalau kita memilih jurusan kuliah idaman ortu,belum tentu kita minat disitu dan mungkin tidak menikmati pas kuliahnya nanti.Tapi kalau kita menentang ortu dengan memilih jurusan keinginan kita sendiri,kita juga bakal ngerasa gaenak karena kuliah itu ortu yang bayarin dan kita gak mau ikut saran mereka.

Hai itu yang sedang gue alami saat ini.Jujur gue masih 15 tahun alias kelas 1 SMA.Gue jurusan IPA.Kenapa gue udah pusing pusing mikirin jurusan kuliah tetapi gue masih kelas 10?Karena menurut gue kita harus udah menetapkan pilihan dari awal supaya pas kelas 12 nanti kita gak usah bingung pas mau milih jurusan dan tinggal bener bener fokus di SBMPTN/Ujian Mandiri.Jadi itu yang membuat  gue mikirin soal kuliah dari kelas 10.

Jadi orang tua gue pingin banget gue masuk kuliah Fakultas Kedokteran.Mereka udah pingin banget gue jadi dokter sejak gue kecil dan sekarang gue makin didorong dorong untuk masuk kedokteran.Mereka berpikir kalau gue masuk kedokteran gue bisa menolong banyak orang,mendapat pekerjaan yang menjamin,gak susah dapet kerja,dll.Kedua karena orang tua gue sebelumnya gagal masuk FK dan pingin anaknya jadi dokter karena belum ada di keluarga gue yang dokter,kebanyaknya IT dan ortu gue itu Dosen.Dan emang udah umum banget ya Dokter itu cita cita idaman ortu dan camer jadi banyak banget ortu yang mau anaknya jadi dokter.

Sementara gue pun punya impian sendiri.Sejak gue masuk SD gue udah tertarik banget belajar soal negara negara di dunia.Gue sampe udah beli dan rajin baca RPUL dan ATLAS Dunia sejak kelas 1 SD.Gue menghapal semua presiden,bentuk negara,ibukota,dan agama mayoritas semua negara didunia kecuali negara negara Pasifik dan Afrika.Dan pas SD pelajaran favorit gue itu PKN dan IPS,tepatnya geografi.Gue sering mendapat nilai 100 di ulangan IPS dan nilai paling tinggi di rapot gue adalah IPS dan gak pernah dibawah 90.Sampe temen temen gue pas SD nyebut gue dewa IPS dan guru gue pun kagum sama gue.Meskipun begitu gue paling bego di matematika.

Gue pun mencari cari jurusan apa yang berhubungan dengan keahlian gue.Dan pas kelas 5 gue pun menemukan jurusan yang sesuai dengan keahlian gue itu adalah “Hubungan Internasional”.Sejak saat itu juga gue udah bermimpi masuk jurusan HI dan bercita cita menjadi duta besar sejak kelas 5 SD sampai sekarang.Selama SMP pun hal itu masih tetap terjadi,pelajaran yang paling gue kuasai adalah IPS dan PKN apalagi geografi dan sosiologi.Karena gue tahu bahwa jurusan Hubungan Internasional paling kepake pelajaran PKN,Geografi,dan Sosiologi.Cita cita gue pun semakin kuat.Gue pun masih sering melakukan hal yang sama saat gue SD yaitu belajar tentang negara negara di dunia sampai sekarang karena itu hobi gue.

Akhirnya gue masuk SMA dan gue masuk IPA.Gue masuk IPA karena benar benar keinginan gue.Pertama karena kalau gue gagal,gue masih bisa bebas milih jurusan yang ada mau Saintek ataupun Soshum.Kedua karena pergaulan dan teman temanya.Jadi gue SMA berpisah sama pelajaran IPS kecuali LM Ekonomi.

Karena gue udah SMA,ortu gue mulai sering sering lah ngobrolin soal kuliah sama gue.Disuatu saat gue pun mengungkapkan keinginan gue ke ortu gue.”Pah,mah aku minatnya kuliah masuk HI karena aku udah suka dari kelas 5 SD dan aku juga suka IPS dan PKN.”Tetapi ortu gue bilang kalau gue masuk FK aja sesuai keinginan mereka dan mereka bilang kalau masuk HI bakal susah dapet kerja dan banyak saingan didunia kerja nanti.Damn,padahal HI itu adalah salah satu jurusan SOSHUM terfavorit.Tapi gue tau maksud dari ortu gue itu baik.

Soal FK,bukannya gue ga minat.Gue juga suka sama Biologi dan juga menguasai tetapi itu bukan minat utama gue.Kedua masuk FK itu dikenal sangat sulit.Untuk PTN,FK adalah jurusan terfavorit dan memiliki passing grade tertinggi di setiap PTN Favorit (yang ada Fknya).Kalau mau masuk FK juga artinya kita harus benar benar pintar di setiap mata pelajaran supaya dapat nilai yang tinggi agar lolos.Berhubung gue orangnya pesimis dan udah takut duluan,gue gak yakin gue masuk FK karena gue bukan orang yang bener bener pinter.

Akhirnya gue terus mikir bagaimana caranya supaya gue tetap bisa mengejar cita cita gue dan tetap berusaha masuk jurusan idaman ortu.Tiba tiba terlintas sebuah ide di pikiran gue.Gue pun berpikir untuk mengikuti dua jalur yaitu mengikuti SBMPTN untuk Saintek dan Ujian Mandiri untuk SOSHUM.Jadi gue akan mengambil pilihan kedokteran di tes SBMPTN dan mengikuti tes masuk HI di Ujian Mandiri.Mengapa gak ngambil SBMPTN IPC aja?Gue gak akan ngambil cara itu karena pilihan kita jadi lebih sedikit.Gue jadi hanya punya 3 pilihan untuk IPA dan IPS.Jadi 2 IPA dan 1 IPS.Kalau gue milih SBMPTN + UM gue jadi memiliki lebih banyak pilihan,3 untuk IPA dan 3 untuk IPS meskipun gue harus mengeluarkan dana lebih banyak dan harus belajar lebih keras.

Gue pun akhirnya berhasil menemukan solusinya.Gue akhirnya menyampaikan solusi gue ke ortu gue.Dan mereka pun setuju dan gak masalah kalau nantinya harus bayar lebih karena dengan cara itu gue bisa mengikuti saran mereka dan gue bisa tetap mengejar cita cita yang tumbuh dari diri gue sendiri.Gue yang awalnya hopeless untuk meraih impian ge jadi dapet cara untuk meraihnya lagi.Semoga nanti gue nanti bisa berhasil masuk ptn yang gue idamkan dan kalian semua yang sedang galau kek gue dan para reader yang masih SMA ini.

Sekian opini dari gue,makasih banget yang udah baca supaya bisa jadi solusi untuk kalian yang lagi galau kayak gue hehe.Have a nice day everyone.



Sumber : Opini Dan Pengalaman Pribadi + Google Images

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di