alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Dunia Hiburan /
Melepaskan Beban Maskulinitas Pria Bersama Didi Kempot
4.5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d521f995cf6c40fd52c4d89/melepaskan-beban-maskulinitas-pria-bersama-didi-kempot

Melepaskan Beban Maskulinitas Pria Bersama Didi Kempot

Melepaskan Beban Maskulinitas Pria Bersama Didi Kempot
Semenjak kemunculan Via Vallen, musik dengan lirik lagu berbahasa Jawa mulai disukai dan ternyata sangat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Dilansir dari situs indonesia.org, suku Jawa merupakan suku yang cukup besar persebarannya di Indonesia, jumlahnya mencapai 40,22% dari total keseluruhan penduduk di negara ini, jadi tidak mengherankan apabila lagu-lagu yang menggunakan lirik berbahasa Jawa akan sangat mudah diterima.

Lalu baru-baru ini kita dihebohkan dengan disematkannya gelar “The Godfather of Broken Heart” pada seorang Didi Kempot (@didikempot_official). Penyanyi asal Solo yang bernama asli Didi Prasetyo mendapatkan gelar tersebut bukan karena suatu bentuk pemujaan penggemar terhadap dirinya, namun gelar itu disematkan karena lagu-lagu yang ia ciptakan selalu bercerita tentang persoalan patah hati. Popularitas Didi Kempot mendadak meroket kembali ke permukaan, terlebih lagi setelah Didi Kempot diundang ke dalam sebuah talkshow yang digawangi oleh Gofar Hilman (@pergijauh) yang merupakan seorang penyiar radio dan youtuber yang sangat terkenal. 

Selain musik yang enak didengar, faktor lain yang membuat lagu berbahasa Jawa menjadi mudah diterima adalah keterikatan budaya yang dibawa lewat lagu, serta cerita yang disuguhkan lagu tersebut. Ikatan kesukuan atau primordialisme terasa kuat disalurkan melalui lagu-lagu berbahasa jawa. Kemudian hal ini menciptakan sebuah ikatan dan direspon oleh anak-anak muda yang merasa dekat dengan kehidupannya melalui lirik dan bahasa yang mereka dengar. 

Hasilnya, saat ini sosok Didi Kempot sangat digandrungi oleh anak muda. Lirik lagunya yang mayoritas bercerita tentang patah hati sangat dekat dan erat hubungannya dengan kehidupan anak muda saat ini, apalagi bagi mereka yang merupakan orang Jawa asli maupun mereka yang memiliki darah keturunan dan mereka yang tinggal di lingkungan yang bersentuhan langsung dengan kebudayaan Jawa.

Sebagai orang yang lahir dan besar di lingkungan suku Jawa, tentu saja Didi Kempot merupakan salah satu musisi Jawa yang lagu-lagunya selalu diputar oleh Bapak sewaktu saya kecil dulu. Bahkan ketika saya belum bisa memahami makna lagunya, Didi Kempot bisa membuat saya “menikmati” karya musiknya. Kekuatan Didi Kempot dalam membuat suatu karya juga tidak lepas dari latar ruang dan waktu, tempat-tempat wisata populer seperti pantai, dan gunung menjadi latar bagi lagu-lagu yang diciptakannya. Lirik-lirik yang berisi kenangan di masa lalu, dan rasa sakit hati yang dirasakaan saat ini sangat pas. Belum lagi mengaitkan lagu-lagu bertema kesedihan dengan latar tempat yang identik dengan perpisahan, seperti stasiun, terminal, dan pelabuhan. Semua hal ini membuat lagu-lagu yang diciptakan Didi Kempot makin terasa dekat dan menyayat hati.

Bukan cuma orang-orang tua, anak-anak muda saat ini makin menggilai sosok dan karya dari Didi Kempot. Mereka dijuluki sebagai “sadboi” dan “sadgerl”. Lagu-lagu buatan Didi Kempot memang bernuansa laki-laki, dan kebanyakan bercerita tentang seorang laki-laki yang dikecewakan atau ditinggal pergi pasangannya. Tentu saja tidak mengherankan apabila pada akhirnya, penggemar Didi Kempot lebih banyak datang dari kaum Adam.

Lagu-lagu Didi Kempot menjadi sarana pelampiasan laki-laki muda yang terkurung dalam stigma budaya yang mengedepankan maskulinitas beserta beban-beban nilai moral yang mengatakan bahwa laki-laki adalah makhluk yang rasional dan kuat hatinya. Melalui lagu ciptaan Didi Kempot, laki-laki muda yang sedang dalam tahap pencarian jati diri ini merekonstruksi kembali makna dari maskulinitas yang selama ini membuat mereka frustasi.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa nilai-nilai maskulinitas bisa berbahaya bagi kondisi psikologis laki-laki. Laki-laki yang berada dalam lingkungan budaya yang mengedepankan maskulinitas dan yang menjunjung tinggi nilai-nilai maskulinitas akan terjebak dalam suatu kondisi yang bernama “The Man Box”. Istilah ini mengatakan bahwa ada beberapa standar khusus yang harus dimiliki oleh seorang laki-laki agar bisa disebut sebagai seorang laki-laki sejati, diantaranya adalah: 

1. Laki-laki harus mampu mendominasi dengan kekuatannya.
2. Laki-laki tidak mempunyai rasa takut dalam dirinya.
3. Laki-laki harus kuat dan tidak cengeng.
4. Laki-laki harus sukses dimanapun dan apapun bidang yang ia geluti.


Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya dan tidak patut untuk diyakini lagi. Sejalan dengan hal itu, jika kita meyakini istilah “The Man Box”, kita juga akan tenggelam dalam stigma yang meyakini bahwa perempuan adalah makhluk yang lemah, selalu di belakang laki-laki, dan tidak lebih berharga dari sekedar objek seksual bagi laki-laki. 

Ini membuat sosok dan karya Didi Kempot menjadi sangat digandrungi oleh anak muda, khususnya mereka kaum Adam. Karena Didi Kempot mengajak kita untuk merayakan sakit hati, mengajak laki-laki yang menjunjung nilai maskulinitas dan kemudian terkurung di dalamnya untuk keluar dari stigma yang menjadi beban dalam dirinya. Oleh karena itu tidak salah apabila slogan “Patah hati mending dijogedi” disematkan dalam karya-karya seorang Didi Kempot, karena laki-laki bukan batu yang tanpa emosi, laki-laki juga punya hati yang bisa tersakiti.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini dan selamat menikmati Waktu Indonesia Bagian Cidro, wahai muda-mudi!


Penulis: Galang Wibisono
Sumber Gambar: Kumparan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d876 dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh galangwbsn
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Buat agan-agan disini, jangan sampe terbebani sama kata-kata yang bilang bahwa laki-laki harus kuat, gak boleh, cengeng, dan lain sebagainya. Kalo laki-laki sekuat itu, mereka gak bakal menikah gan, hidup sendiri pun udah kuatt..

Jangan takut bersedih gan, karna bersedih kadang memberi kenikmatan, apalagi sambil ditemani lagu-lagu dari Mas Didi Kempot.. Uenakk Poll.

Baca juga Thread saya yang lain di bawah ini:

Survival Kit Yang Wajib Kamu Miliki Jika Ingin Pergi Ke Alam Bebas
Teknik Ampuh Agar Terhindar Dari Hipotermia Ketika Mendaki

Terima kasih udah berkunjung gan!
ditunggu thread saya selanjutnya
profile-picture
feliia memberi reputasi
Diubah oleh galangwbsn
ada pak de
profile-picture
profile-picture
armor37 dan galangwbsn memberi reputasi
Quote:


Iya gan emoticon-Traveller
Notasi yg sederhana & mudah dinyanyikan,lirik yg sangat pas dihati dlm berbagai kondisi ,aransemen lagu yg enak malahan kadang unik dan ditambah lg dg pembawaan setiap lagunya dari seorang pribadi Didi Kempot........Kompli.Paduan dr semua itulah yg jd magnit untuk tidak bs tidak menyukai lagu2nya.
profile-picture
galangwbsn memberi reputasi
Quote:


Betul sekali gannn
AKU BOCAHMU PAK DHEEE emoticon-Embarrassment
profile-picture
galangwbsn memberi reputasi
Agak bingung juga sih knp bisa jadi trend, tapi seenggaknya made in Indonesia lah!
profile-picture
ravenwinter memberi reputasi
Lihat 3 balasan
sobat ambyar tangerang emoticon-Cool
profile-picture
ravenwinter memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


cidro maksudnya cidera kan gan? & dalam konteks tulisan agan cidera=patah hati?
profile-picture
galangwbsn memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Rajanya lagu galau pakdhe didi kempot emoticon-Angkat Beer
denger sepenggal lagune langsung auto connect

Pakdhe : Sewu Kutho.....
Me : Uwes tak liiiiiwatiiiiii..... emoticon-Mewek

Pakdhe : Ra maidoo.....
Me : sopo wong sing ora kangen emoticon-Mewek
Diubah oleh mikdon
Lihat 1 balasan
Tidak makasih emoticon-Ngacir




Jawaban umum mengenai hal2 seputar didi kempot....emoticon-Ngacir
sewu kutho wes tak liwati...
profile-picture
ravenwinter memberi reputasi
Lihat 1 balasan
DiKem emoticon-Matabelo

🎤 Ra maido, sopo wong sing oraaaaaa kangen... ~ 🎤
Diubah oleh itilnjepat
saya penikmat metal, penikmat karya beliau juga ...

gimana atuh orang enak ditelinga emoticon-Matabelo
Diubah oleh simphony7
Lihat 1 balasan
hmmmmmm...
buat yg lagi patah hati
monggo
profile-picture
galangwbsn memberi reputasi
Balasan post kreator.9.ES
Dalam bahasa jawa, cidro itu artinya ingkar janji gan, dan konteks dari salam terakhir itu saya maksudkan "selamat menikmati pengkhianatan yang pernah atau sedang dialami" begitu gan.
profile-picture
cuplisbego memberi reputasi
Balasan post tahubulatgury12
Ambyarrrrr gannn
kang Didi 😂😂😂
Balasan post simphony7
lah saya sehari-hari dengerinnya pop punk gan, tapi luluh juga sama didi kempot emoticon-Mewek emoticon-Mewek emoticon-Mewek
Balasan post mikdon
wong salahhh.. ora gelem ngaku salahhhh....emoticon-Mewek
profile-picture
mikdon memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di