alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Civitas Academica /
Gebrakan Madrasah Aliyah Unggulan Bertaraf Internasional Bina Insan Mulia Cirebon
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d51f75ca2d1956589270800/gebrakan-madrasah-aliyah-unggulan-bertaraf-internasional-bina-insan-mulia-cirebon

Gebrakan Madrasah Aliyah Unggulan Bertaraf Internasional Bina Insan Mulia Cirebon

Madrasah Aliyah Unggulan Bertaraf Internasional (MAUBI) ini dirancang tidak seperti madrasah aliyah pada umumnya. Madrasah yang menjadi bagian dari unit pendidikan di Pesantren Bina Mulia Cirebon ini punya target agar alumninya bisa berkompetisi di tingkat global.

Gebrakan Madrasah Aliyah Unggulan Bertaraf Internasional Bina Insan Mulia Cirebon
Suasana seleksi masuk Madrasah Aliyah Unggulan Bertaraf International (MAUBI) Bina Insan Mulia, Luxton Hotel 03 Oktober 2018.


“Target jangka pendek kami adalah menghantarkan mereka lulus di berbagai perguruan tinggi bonafid di luar negeri dan dalam negeri melalui jalur beasiswa atau mandiri. Tentu, itu semua untuk menunjang target jangka panjang Pesantren, yaitu melahirkan para pejuang yang siap dengan segala kompetensinya untuk berdakwah dan berkiprah  di kancah global,” papar KH. Imam Jazuli, Lc., MA., ketika ditanya seputar alasan dan tujuan lahirnya MAUBI ini.

Untuk mewujudkan targetnya, MAUBI Bina Insan Mulia menetapkan standar seleksi yang tinggi. Santri yang ingin masuk di program ini harus berada di ranking 1-5 selama di SMP/MTs nya, atau siswa yang memiliki score IQ  di atas 110. Lihat Juga Video Ini





Para pengajar di MAUBI pun didatangkan oleh Pesantren dari berbagai perguruan tinggi ternama luar negeri dan dalam negeri. Dr. Ferry Muhammadsyah Siregar, LC., MA., Kepala Sekolah MAUBI, adalah lulusan Al-Azhar Kairo (S1), Universitas Gadjah Mada (S2-S3), post doctoral di University of South Florida Amerika dan Temple University Amerika.

“Kami menyeleksi guru dari beberapa kampus unggulan untuk menangani bidang studi prioritas,” tegas Ferry Muhammad. “Ada yang dari Ez-Zaitounna Tunisia, Al-Azhar Cairo, Universitas Ibnu Thufail Maroko, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, dan Universitas Padjajaran. Bahkan untuk pelajaran bahasa Inggris, kami merekrut native speaker dari lulusan Sorbonne University Prancis bidang English literature,” tambah Ferry menjelaskan kualifikasi guru MAUBI.

MAUBI menerapkan sistem pembelajaran berstandar internasional dengan mengadopsi kurikulum Ma’had Al-Azhar Mesir dan Senior High School di Finlandia serta disesuaikan dengan kurikulum nasional di bawah Kementerian Agama. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Arab dan Inggris.

Seluruh proses pembelajaran difokuskan pada pencapaian 4 sasaran utama pembelajaran yang telah ditetapkan. Pertama, tahfidz. Semua santri ditarget harus hafal minimal 10 juz. Kedua, bahasa. Semua santri ditargetkan mencapai TOEFL dan TOAFL rata-rata 500. Ketiga, qiroatul kutub. Semua santri ditarget harus bisa baca kitab kuning yang terseleksi. Keempat, sains. Santri ditargetkan bisa berkompetisi di tingkat lokal dan nasional di bidang sains.

MAUBI menerapkan kelas akselerasi dua tahun. Sisa waktu yang satu tahun dioptimalkan untuk penguatan kompetensi akademik khusus sebagai persiapan memasuki perguruan tinggi bonafid, luar negeri dan dalam negeri.

Untuk tahun ini, MAUBI membuka pendaftaran dengan kuota terbatas sampai pada 27 Oktober 2019. Ujian seleksi akan dilaksanakan di Luxeton Hotel & Convention Cirebon dengan menggandeng Global Education Consultant, Kalasuba Institute of Singapore, dan Bright Consulting.

“Dengan pengalaman Pesantren Bina Insan Mulia menghantarkan para santrinya lolos menembus sejumlah perguruan tinggi ternama di Timur Tengah dan Eropa selama ini, kami optimis visi MAUBI untuk mencetak ulama-ilmuan dengan kaliber global dapat terwujud. Tentunya dengan pertolongan Allah SWT,” tegas Kiai Imam Jazuli.



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Terobosan Global Madrasah Aliyah Unggulan Bertaraf Internasional Bina Insan Mulia Cirebon, https://www.tribunnews.com/nasional/...mulia-cirebon.

Editor: Husein Sanusi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di