alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Istirahatkan Diri dan Smartphone Kamu dengan Smartphone Detox!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d51f692af7e9333f07a639f/istirahatkan-diri-dan-smartphone-kamu-dengan-smartphone-detox

Istirahatkan Diri dan Smartphone Kamu dengan Smartphone Detox!

Istirahatkan Diri dan Smartphone Kamu dengan Smartphone Detox!

Assalamualaikum wr. wb.

Kembali lagi bersama newbie disiniemoticon-Big Grin

Kali ini, gua akan menulis lagi hal yang menurut gua memang harusnya kita ketahui bersama.

Istirahatkan Diri dan Smartphone Kamu dengan Smartphone Detox!

Di era yang serba instan ini, tentunya kita akan selalu berfokus pada cepatnya update hal - hal baik yang dianggap penting maupun tidak. Hal ini tentu saja lebih banyak berdampak negatif pada diri kita sendiri salah satunya yaitu takutnya akan kudet (kurangupdate).

Di sadari atau tidak, hal ini mampu menyebabkan kecanduan yang akan mengurangi produktivitas dan malah memperbanyak efek negatifnya baik untuk raga maupun jiwa kita. Smartphone sebagai media yang menjembataninya secara mudah dan dimana saja, salah satu hal yang dapat membuat kita menjadi kecanduan.

"Tapi, kan smartphone menghubungkan kita?" Salah satu pertanyaan yang sering kali kita dengar perihal penggunaan smartphone berlebihan. Memang benar, teknologi akan terus berkembang pesat termasuk smartphone. Namun hal itu tidak harus membuat kita jauh saat sedang ngumpul bersama teman, pacar, ataupun keluarga bukan? Karena lebih asik menggunakan smartphone sehingga kita melupakan komunikasi secara langsung yang dapat merekatkan hubungan masing - masing.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Inilah yang disebutkan smartphone detox, meski gua hanya menyimpulkan dari beberapa media yang gua baca. Smartphone detox sendiri adalah kegiatan mengurangi penggunaan smartphone secara berlebihan untuk hal yang tidak terlalu penting.

Lalu, bagaimana caranya? ada beberapa cara yang dapat gua bagikan.

1. Melakukan Hobi

Melakukan hobi tak hanya membuat senang namun juga mampu membuat kita menjadi lebih produktif sekaligus mengurangi penggunaan smartphoneemoticon-Big Grin, kecuali bagi ente yang para gamer memang harus mengurangi waktu nge-game agar gansis sehat dan smartphone gansis pun perlu istirahatemoticon-Big Grin

2. Menggunakan Aplikasi Pembatas Penggunaan Waktu Smartphone

Banyak aplikasi sekarang yang bertebaran baik di IOS maupun Android yang mampu mengurangi waktu penggunaan smartphone gansis. Seperti digital wellbeing yang ada di Android, yang mampu mengatur seberapa lama menggunakan aplikasi tertentu tapi seingat gua fitur ini baru hadir di Android Pie 9.0. Untuk IOS sendiri, sebenarnya juga ada aplikasi bawaan meski cuma sekedar memantau waktu penggunaan smartphone tapi hal ini tentu juga bagus agar gansis sadar diri akan penggunaan smartphone yang berlebihanemoticon-Big Grin

3. Gunakan Handphone Biasa (Opsional)

Di youtube terutama banyak sekali para yutubers luar negeri yang mencoba hal ini. Mungkin ini sudah menjadi kecanduan yang ekstream yakemoticon-Big Grin. Dengan menggunakan hp biasa, tentu saja tak selengkap fitur yang smartphone miliki. Dan hal ini akan memaksa penggunannya untuk menggunakan fitur seadanyaemoticon-Big Grin

4. Selalu Pentingkan Prioritas

Dengan mementingkan kegiatan tertentu pada smartphone, akan mampu mengurangi penggunaan smartphone secara berlebihanemoticon-Wink

Dan banyak sekali manfaat dari smartphone detox ini, bukan hanya membuat mental menjadi lebih sehat namun juga membuat komunikasi lebih baik tanpa adanya gangguan smartphone tentu saja jadi lebih harmonis kan. Dan masih banyak lagi manfaatnya.

Terimakasih sudah menyimak trit gua, dan gua pun juga masih berjuang melawan kecanduan smartphone sehingga ingin membagikan info ini yang diharap bermanfaat buat kita semua.

Sumber    : Pemikiran sendiri

Referensi : 1, 2, 3

profile-picture
profile-picture
agh05t dan singapore memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kasikan ke ane aja smarphonenya gan emoticon-Request
Lihat 1 balasan
Balasan post singapore
Quote:


ya jangan gitu juga gan wkwk


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di