alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Moeldoko Pastikan Iuran BPJS Kesehatan akan Naik di Semua Kelas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d51c74882d4954b7e42e9ae/moeldoko-pastikan-iuran-bpjs-kesehatan-akan-naik-di-semua-kelas

Moeldoko Pastikan Iuran BPJS Kesehatan akan Naik di Semua Kelas

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Nasional Kesehatan atau BPJS Kesehatan akan naik di semua kelas. Langkah ini diambil untuk menyelamatkan BPJS dari defisit yang terus naik.

Semua kelas (akan naik). Karena antara jumlah urunan dengan beban yang dihadapi oleh BPJS tidak seimbang, sangat jauh," kata Moeldoko saat ditemui di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Agustus 2019.

Moeldoko mengatakan Kantor Staf Presiden selama ini kerap menerima persoalan-persoalan mengenai BPJS Kesehatan. Karena itu, ia merasa kenaikan ini adalah hal yang sangat wajar. Tahun ini, BPJS Kesehatan memang diprediksi akan mengalami defisit hingga Rp 29 triliun.

Selain sebagai langkah penyelamatan BPJS Kesehatan, Moeldoko juga menyebut kenaikan ini juga perlu, agar masyarakat sadar bahwa untuk sehat itu perlu biaya yang mahal

Saya tak ingin ada istilah kesehatan itu murah. Sehat itu mahal. Kalau sehat itu murah, orang nanti menyerahkan ke BPJS. Mati nanti BPJS," ujar Moeldoko.

Meski begitu, purnawirawan TNI itu mengaku belum tahu seberapa besar kenaikan iuran yang ditetapkan pemerintah. Ia menyebut hal itu akan dirapatkan di Kementerian Keuangan dengan melibatkan seluruh pihak terkait.

Pada akhir Juli 2019 lalu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menggelar rapat terkait nasib BPJS Kesehatan. Lembaga itu diprediksi akan mengalami defisit hingga Rp 29 triliun di tahun ini. Jika tak dicari solusinya, defisit diperkirakan akan semakin membengkak di tahun-tahun berikutnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menyebutkan ada tiga strategi yang akan dilakukan pemerintah untuk membantu BPJS Kesehatan keluar dari jerat defisit. Pertama, pemerintah dengan menaikkan besaran premi yang harus dibayarkan oleh peserta jaminan.

“Berapa naiknya itu akan dibahas oleh tim teknis. Masyarakat seharusnya menyadari bahwa iurannya itu (sekarang) rendah, sekitar Rp 23 ribu. Itu tidak sanggup sistem kita," kata JK di Kantor Wapres Jakarta, Selasa, 30 Juli 2019.

Strategi kedua, BPJS Kesehatan memperbaiki manajemen dengan menerapkan sistem kendali di internal institusi tersebut. Adapun strategi ketiga, pemerintah akan kembali menyerahkan wewenang jaminan sosial kesehatan tersebut ke masing-masing pemerintah daerah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebelumnya juga meminta BPJS Kesehatan untuk memperbaiki sistemnya secara keseluruhan di antaranya untuk mengantisipasi adanya fraud atau kecurangan. "Kemarin ada indikasi kemungkinan terjadi fraud, itu perlu di-address," ujar Sri Mulyani di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2019.

https://bisnis.tempo.co/read/1232810...di-semua-kelas

Kebijakan yg merakyat pro wong cilik mantap
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
ngomong naik gampang, ntar pada berhenti ikut karena kelas menengah merasa keberatan


hutang ke rumah sakit yg masih belum beres masih mengancam buat putus ikatan dengan bpjs
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan noisscat memberi reputasi
meroket semua tagihan
Lihat 1 balasan
Balasan post buruhrokok
Quote:


Moeldoko Pastikan Iuran BPJS Kesehatan akan Naik di Semua KelasMoeldoko Pastikan Iuran BPJS Kesehatan akan Naik di Semua Kelas
profile-picture
buruhrokok memberi reputasi
Nah akhirnya naik juga
PBI juga dikurangin

Asal tau aja sebetulnya langkah ini dilakukan sejak dulu si wiwi baru berani abis pilpres sayangnya baru sekarang
iuran belom naik udah banyak yang nunggak, gimana kalo udah naik ?
nah nah naik deh
Gk cuma menaikkan iuran pak. Tolong dikasih edukasi masyarakat, setelah pakai bpjs kesehatan tetap bayar iuran. 🤦‍♂️
profile-picture
profile-picture
sisitmae dan b3jo.asoy memberi reputasi
Yang pasti jangan dipaksa buat ikut. Kasi alternatif dari asuransi luar juga. Kalau naik sih mestinya lebih murah dari asuransi kebanyakan. Tapi susah juga namanya subsidi silang katanya. Otomatis yang berbayar kudu bayar lebih gede buat bayarin yang kagak bisa bayar.

Tapi premi murah gitu. Sementara tanggungannya ajegile. Banyak yang dicover. Bahkan gobloknya member baru pas sakit bisa langsung claim. Dah sembuh kagak bayar.


emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lucid dan 2 lainnya memberi reputasi
Setuju naikin ajalah.. Biar gak ganggu ke pemerintah lagi. Udah di bantu puluhan T masi aja defisit.

Bagi yg nunggak di blacklist aja.
Iya si nunggak , giliran mau klaim dibayar dendanya, trus masuk RS, setelah sembuh , ga bayar lagi kewajibanya..

Terus di evaluasi lagi pihak RS nya. Di cek lagi harga2 nya, di duga ada mark up harga, jadi di klaim lebih besar.
profile-picture
urban21 memberi reputasi
repot jg klo banyak yg nunggak
Lihat 1 balasan
nasbung cuma bayar sekali pas sakit.
sembuh langsung mangkir. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan 2 lainnya memberi reputasi
Gue cuma kepingin tenaga medis yang kompeten. Janganlah udah keluar duit ekstra tiap bulan buat bayar premi, tapi akhirnya nggak kepake karena pelayanan kesehatan di faskes terkesan ecek-ecek. Udah berkali-kali kejadian di keluarga gue, obat dari klinik BPJS nggak manjur. Akhirnya terpaksalah ke dokter langganan yang non-BPJS. Keluar duit lagi 100 ribuan. Tapi sembuh.
Sekarang iuran BPJS mau dinaikin. Gue mau liat dulu besaran kenaikannya berapa, bakal berasa menggerus anggaran nggak nih. Kalo iya mendingan gue turun kelas. emoticon-Nohope
Lihat 3 balasan
Banyak nasbung ngumpul di mari.
Quote:


True story tetangga ane yang nasbung. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
iamnoone dan wenz_ad memberi reputasi
dimana gak tekor ngurus bpjs aja kalau udah masuk rumah sakit, begitu udah sembuh iuran aja kagak



















emoticon-Cool
Bangun pagi
Sholat subuh
Nyinyir dan menebar kebencian
Mantab...
profile-picture
variolikes memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Quote:


ane setuju tuh soal blacklist emoticon-thumbsup
Lihat 1 balasan
Saya Pribadi Ikut Kebijakan Pemerintah Saja,Apa Terbaik Buat Rakyat ikut.
profile-picture
noisscat memberi reputasi
BPJS ini memang ibarat bom waktu.

Ga akan ada habisnya, iuran sebesar apapun akan tetap rugi.

Peserta yg bayar iuran lebih mahal diharapkan mensubsidi peserta yg bayar iuran murah. Ternyata yg bayar iuran murah menjalani pola hidup tdk sehat sehingga jumlah yang penyakitan faktanya melebihi ekspektasi. Ya jebol itu BPJS.

Ada yg tau apakah ada negara lain yg terapin program kayak BPJS? Gimana jebol gak disana?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lucid dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balonkempes
Lihat 1 balasan
Buat yang mau pindah kelas cukup ubah data peserta di app mobile jkn. tapi harus yang utama di kk yang bisa rubah.
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di