alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Fakta Menarik Samuel Morse, Sang Penemu Telegraf & Sandi Morse
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d51a03b6df23134df34445e/5-fakta-menarik-samuel-morse-sang-penemu-telegraf--sandi-morse

5 Fakta Menarik Samuel Morse, Sang Penemu Telegraf & Sandi Morse

5 Fakta Menarik Samuel Morse, Sang Penemu Telegraf & Sandi Morse

Samuel Finley Breese Morse lahir di  Massachusetts pada 27 April 1791. Ia adalah sosok cerdas di balik penemuan alat komunikasi jarak jauh era tersebut yang mengubah dunia, yaitu sandi Morse dan Telegraf.

Berkat karya dan penemuannya itu, ia pun menjadi salah satu inventor paling berpengaruh di dunia. Terdapat berbagai kisah menarik dari jalan kehidupannya sebagai inventor, berikut diantaranya.


1. Morse mengawali karirnya sebagai pelukis ulung
5 Fakta Menarik Samuel Morse, Sang Penemu Telegraf & Sandi Morse
Di masa mudanya, Morse belajar filsafat dan matematika di Universitas Yale sebelum mengalihkan perhatiannya pada seni, hingga akhirnya bepergian ke Inggris pada tahun 1811 untuk belajar melukis. Setelah kembali ke Amerika Serikat, ia mendapatkan permintaan untuk melukis potret mantan Presiden John Adams dan James Monroe, beberapa pedagang kaya di Charleston, South Carolina, dan serangkaian karya alegoris yang menggambarkan cara kerja pemerintah AS untuk dipasangkan di aula Kongres.

Bagi Morse, sebuah tawaran pada tahun 1825 untuk melukis Marquis de Lafayette — bangsawan Prancis yang sangat terinspirasi oleh cita-cita kebebasan yang dianut oleh Deklarasi Kemerdekaan yang ia perjuangkan bersama tentara kolonial — merupakan puncak karirnya sebagai pelukis.


2. Kematian istrinya menjadi dorongan untuk menciptakan alat komunikasi jarak jauh
5 Fakta Menarik Samuel Morse, Sang Penemu Telegraf & Sandi Morse
Ketika sedang mengerjakan potret Lafayette, Morse menderita tragedi pribadi yang mengubah hidupnya selamanya. Di Washington, D.C., Morse menerima sepucuk surat dari ayahnya - dikirim melalui kurir kuda standar yang bergerak lambat pada hari itu - bahwa istrinya sakit parah.

Morse segera meninggalkan ibu kota dan berlari ke rumahnya di Connecticut. Namun, pada saat dia tiba, istrinya tidak hanya sudah meninggal dunia, tetapi juga sudah dikuburkan.

Morse yang dilanda kesedihan dan sangat hancur karena butuh waktu berhari-hari baginya untuk menerima pemberitahuan awal tentang penyakit istrinya, mengalihkan fokusnya dari karier seni menjadi mendedikasikan dirinya untuk memperbaiki keadaan komunikasi jarak jauh.

Hingga pada akhirnya nanti, ia berhasil menciptakan sebuah alat komunikasi jarak jauh, yaitu kode morse dan telegraf.


3. Pada saat bersamaan, terdapat orang lain juga yang menciptakan telegraf
5 Fakta Menarik Samuel Morse, Sang Penemu Telegraf & Sandi Morse
Setelah kematian istrinya, Morse sekali lagi melakukan perjalanan ke Eropa, dan dalam perjalanan kembali memiliki kesempatan bertemu dengan Charles Thomas Jackson, seorang ilmuwan Amerika yang menunjukkan Morse karya terbarunya tentang elektromagnetisme, yang kemudian menginspirasi gagasan Morse menggunakan listrik untuk mengirimkan pesan jarak jauh.

Dan Morse tidak sendirian dalam karyanya tentang penemuan semacam itu. Tanpa sepengetahuannya, dua ilmuwan Inggris, Charles Wheatstone dan William Cooke, sedang melakukan percobaan mereka sendiri dalam telegrafi listrik. Meskipun mereka telah memulai pekerjaannya lebih lambat dari Morse, tapi mereka memiliki beberapa keberhasilan lebih cepat, mengembangkan dan menerima paten Inggris — sebuah mesin yang menggunakan banyak kabel telegraf untuk mengirimkan satu pesan.

Morse, yang penelitiannya difokuskan pada sistem kawat tunggal, akhirnya memberikan demonstrasi publik pertama dari mesin telegrafnya pada 6 Januari 1838, di Morristown, New Jersey, hingga akhrinya mendapatkan paten untuk telegraf dengan sirkuit tinggal. 


4. Morse menghabiskan waktu bertahun-tahun di pengadilan memperjuangkan pengakuan atas karyanya
5 Fakta Menarik Samuel Morse, Sang Penemu Telegraf & Sandi Morse
Setelah bertahun-tahun kerja keras, telegraf Morse langsung sukses. Dalam satu dekade ada lebih dari 20.000 mil kawat telegraf di Amerika Serikat saja, dan pada tahun 1866, garis trans-Atlantik telah dibuat dari AS ke Eropa.

Terlepas dari kenyataan bahwa Morse memperoleh paten dan melakukan pertukaran telegraf di negara-negara di seluruh dunia, banyak negara sering mengabaikan klaimnya sebagai penemu telegraf tunggal, menolak untuk membayar royalti yang jatuh tempo.

Akhirnya, Morse membawa kasusnya ke Mahkamah Agung, dan menemukan bahwa terdapat orang lain yang memang membuat telegraf sebelumnya agak mirip dengan Morse, namun Morse adalah orang pertama yang menggunakan mesin sirkuit tunggal bertenaga baterai.

Akhirnya, beberapa negara datang, memberikan Morse pembayaran tunai senilai lebih dari $ 2 juta dalam uang hari ini, dan bersikeras agar royaltinya dibayar tepat waktu. Hal ini pun akhirnya menjadikan Morse pria yang sangat kaya.


5. Penghormatan untuk Samuel Morse
5 Fakta Menarik Samuel Morse, Sang Penemu Telegraf & Sandi Morse
Ketika Alexander Graham Bell meninggal pada tahun 1922, saluran telepon di AS dan Kanada terdiam selama satu menit penuh bertepatan dengan dimulainya pemakamannya. Sembilan tahun kemudian, hal yang sama dilakukan untuk Thomas Edison, ketika Presiden Herbert Hoover meminta semua orang Amerika untuk meredupkan lampu mereka untuk menghormatinya.

Namun berbeda dengan Samuel Morse yang mendapatkan penghargaan tersebut ketika masih hidup. Pada tahun 1871, sekelompok karyawan Western Union memberikan tribute yang pantas kepada sang inventor dengan memilih 10 Juni sebagai semi-resmi "Hari Morse Samuel."

Perayaan yang berlangsung sepanjang hari termasuk parade, pelayaran di sekitar Pelabuhan New York dan pembukaan patung Morse di Central Park New York, sebuah upacara yang menarik 10.000 pengunjung. Saat itu Morse telah berusia 80 tahun dan meninggal setahun kemudian.

Itulah beberapa fakta menarik kehidupan sang penemu sandi Morse, Samuel Morse yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di