alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Sistem Zonasi, Menguntungkan Atau Merugikan?
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d515c2d68cc95344552f044/sistem-zonasi-menguntungkan-atau-merugikan

Sistem Zonasi, Menguntungkan Atau Merugikan?

Tentang sistem zonasi

Sistem Zonasi, Menguntungkan Atau Merugikan?


Menurut wikipedia, zonasi adalah pengaturan penerimaan siswa baru menurut jarak tempat tinggal. Sistem PPDB (penerimaan peserta didik baru) ini, memang sudah berjalan beberapa tahun belakangan. Namun, setiap tahun pasti menuai pro dan kontra. Lebih banyak yang kontroversi. Terutama bagi anak yang jauh dari sekolah favorit.

Kali ini TS tertarik membahas tentang zonasi. Belum merasakan sendiri, tapi sempat ikut dibikin pusing sama seorang saudara. Ya, dia harus on hp 2×24 jam untuk memantau posisi anaknya. Demi bisa bersekolah di tempat yang diinginkan, dia rela tidak tidur. Karena meleng sedikit saja, posisi bergeser dan lebih parahnya bisa terlempar.

Zonasi lebih mengutamakan anak yang dekat dengan sekolah, walau memang ada faktor lain. Diantaranya nilai UN, umur dan waktu pendaftaran. Tetap, jarak lah yang utama. Nilai bagus tidak menjadi prioritas.

Belum lama ini, TS sempat membaca kisah seorang anak yang gagal sekolah karena jarak sekolahnya jauh alias tidak masuk zonasi. Nilainya bagus, tapi tetap tidak bisa menolongnya untuk masuk ke sekolah idaman. Bahkan, dia sampai kehilangan semangat untuk sekolah. Prihatin TS melihatnya. Sampai sebegitunya dampak pemberlakuan sistem ini.😭😭😭

Sistem Zonasi, Menguntungkan Atau Merugikan?


Tujuan dari kebijakan ini memang baik, salah satunya untuk menekan biaya operasional sekolah. Kalau anak-anak bersekolah di tempat dekat, orang tua tak perlu kewalahan tentang uang transportasi. Tidak harus ngekost juga. Jadi sistem ini diharap bisa membantu secara finansial.

Sistem zonasi, menguntungkan? Jawabannya iya, untuk anak-anak yang dekat sekolah. Karena secara otomatis, tanpa belajar pun mereka bisa masuk ke sekolah favorit. Dengan kata lain mereka bisa berleha-leha karena sudah jelas bisa diterima di sekolah tersebut.

Sistem Zonasi, Menguntungkan Atau Merugikan?


Lantas, bagaimana dengan nasib anak-anak yang berada di pelosok? Apa mereka tak punya hak untuk mendapat pendidikan di tempat yang bagus? Sementara jelas, kualitas sekolah di pelosok berbeda jauh dengan sekolah di perkotaan. Ini yang dinamakan pemerataan pendidikan? Apa tidak melanggar undang-undang hak asasi manusia? Zonasi, termasuk mendiskriminasikan suatu kelompok kah?

Walaupun memang, ada beberapa jalan keluar seperti penitipan nama anak di KK saudara atau teman yang dekat dengan sekolah. Pertanyaannya, efektifkah cara ini? Sekarang mindset anak sekolah bukan lagi bagaimana belajar supaya nilai bagus. Tapi bagaimana cara supaya bisa punya rumah yang dekat dengan sekolah favorit. Miris?

Semoga ada cara terbaik yang diambil oleh pemerintah demi pemerataan pendidikan di Negeri ini. Tanpa harus ada yang diuntungkan atau dirugikan. Karena kemajuan pendidikan kunci kemajuan Negeri!

Referensi: Opini pribadi TS plus wikipedia
Gambar: di sini di sini


IAf,12 Agustus 2019

Sistem Zonasi, Menguntungkan Atau Merugikan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tuffinks dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh idaalfaqieh
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Kepoin yang lain ya😊

Sistem Zonasi, Menguntungkan Atau Merugikan?
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan YenieSue0101 memberi reputasi
Diubah oleh idaalfaqieh
Sistem zonasi, bikin puyeng?
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan YenieSue0101 memberi reputasi
Yes, akhirnya jadi juga. Menurutku ada sisi plus dan minusnya dari sistem ini. Plusnya, pendidikan bisa merata, dan adil. Minusnya, beberapa murid berprestasi gak bisa dapetin sekolah favorit
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan idaalfaqieh memberi reputasi
Quote:


Yes, walaupun bikin puyeng. Bukan hanya beberapa, tapi banyak anak2 berprestasi yg kecewa krn nggk bs sekolah di sekolah idaman.
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Mungkin tujuan dari sistem ini memang untuk memeratakan murid. Jadi semua calon peserta didik punya kesempatan yg sama utk dapetin sekolah favorit, kalo nggak gini kasian juga pada rebutan, saingan saling sikut buat dptin sekolah terbaik
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
Quote:


Justru ini menguntungkan sebagian kelompok. Kalau kualitas sekolah udah merata jg si nggk masalah. Kenyataanya, kualitas sekolah msh timpangemoticon-Hammer2
profile-picture
kaum.surgawi memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Quote:


Quote:


Kalian cepet2 amat, sy tuh belum, pdhal pengalaman ngajar🙈, btul sis sistem zonasi bikin puyeng, denger ibu2 ngerumpi saat belanja, anak masih blm sekolah jd tidak tw praktiknya
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
Di tempatku pun pakai sistem ini meskipun ada yg lumayan jauh dari tmp tinggal masih diterima krn nilainya bagus 😁
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
Pertemanan gak berkembang. Itu lagi, itu lagi.
Trus klo pacaran, putus, bakal susah move on, soalnya satu sekolah terus
emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaum.surgawi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ane jg belum praktik sist, tapi beberapa kali dibuat pusing krn kponakan.

Quote:


Bisa lwt jalur prestasi, tapi biasanya kuota nggak banyak cm bbrp persen.

Quote:


Jiahaa... Betul. Nggak asyik ya, karena ketemunya orang2 itu muluemoticon-Tepar
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


Kok kamu curcol sisemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Rapunzel.icious dan idaalfaqieh memberi reputasi
Quote:


Ya ampun, ane malah jadi fokus ama komen inih sis. Becandaan tentang zonasi jodoh ternyata bakal beneran terjadi ini mah, wkwkwk
profile-picture
profile-picture
Rapunzel.icious dan idaalfaqieh memberi reputasi
Quote:


Doi lg pusing, bosen ktmunya ma orang2 itu muluemoticon-Ngakak

Quote:


Elaah...

Kembali ke laptop. Tp emg bisa juga si, zonasi jodoh akibat dr sistem zonasi sekolah😊
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
betul sis, cinta disekolah khan banyak juga yang berlanjut ke pernikahan. btw ane termasuk yg agak berat nerima zonasi secara ane dikampung udah diluar zonasi sekolah, gimana mo sekolah coba?😐
profile-picture
profile-picture
kaum.surgawi dan idaalfaqieh memberi reputasi
Diubah oleh Indriaandrian
ribet juga aturan baru pemerintahemoticon-Betty
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
Sistem zonasi mungkin menguntungkan bagi sebagian anak, tapi ada yang berpikiran nggak bisaasuk sekolah yang diinginkannya.
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
zonasi sebenarnya bagus sih, tapi kalo fasilitas pendidikan tiap sekolah kurang merata seperti di kampung ane, kayaknya ntar dulu
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
Quote:


Sama, ane jg kurang sreg soale agak jauh dr sklh favorit

Quote:


Ya begitulah. Niat baik, tp realitanya belum yg terbaik.

Quote:


Ya, menguntungkan anak yg dkt sekolah. Yg jauh, gigit jari dehemoticon-Hammer2

Quote:


Bukan ntar dulu, ini udah berlaku lho.
setuju, menghapus image sekolah 'paporit'
Kurang sreg soale infrastruktur sekolah di setiap daerah belum merata.....
profile-picture
idaalfaqieh memberi reputasi
Quote:


Maksud ane kayaknya sebaiknya kalo ntar dulu di daerah yg fasilitas pendidikannya blm merata

Seenggaknya zonasi diterapkan di beberapa daerah dulu yg memang benar2 siap fasilitas dan prasarana tiap sekolahnya

Soalnya sayang juga kalo ada siswa yg cerdas tp jadi kurang maksimal krn kena zonasi dan dapet sekolah yg kurang dlm hal fasilitas
profile-picture
profile-picture
idaalfaqieh dan kaum.surgawi memberi reputasi
Diubah oleh farhanhell
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di