alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ternyata, Ini Alasan Kivlan Zen Baru Gugat Wiranto Sekarang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d515217b41d3055e8052907/ternyata-ini-alasan-kivlan-zen-baru-gugat-wiranto-sekarang

Ternyata, Ini Alasan Kivlan Zen Baru Gugat Wiranto Sekarang


Ternyata, Ini Alasan Kivlan Zen Baru Gugat Wiranto Sekarang
KOMPAS.com/Devina Halim

Mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen menyambangi Gedung Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Kepala Staf Komando Strategis Angkatan Darat Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen punya alasan kenapa baru sekarang ia menuntut mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan dan Panglima ABRI Jenderal (Purn) Wiranto.

Diketahui, Kivlan melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, 5 Agustus 2019 lalu, terkait pembentukan Pam Swakarsa tahun 1998.

Kuasa hukum Kivlan, Tonin Tachta Singarimbun mengungkapkan, kliennya sebenarnya telah menuntut Wiranto sejak peristiwa itu terjadi.

Namun, tuntutan itu tidak dilayangkan melalui jalur hukum, melainkan melalui komunikasi pribadi.

"Dari dulu kan sudah ditagih, dari 1998, 1999 bertemu. Nah dia (Kivlan) kan cuma staf waktu itu. Jadi susah kalau bertemu (Wiranto). Akhirnya pas bertemu, bicara, di media bicara, kan gitu. Tetap saja (tidak ada penggantian dana operasional)," ujar Tonin saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/8/2019).

Baca juga: Kivlan Zen Gugat Wiranto soal Perintah Pembentukan Pam Swakarsa 1998

Saat inilah, menurut Kivlan, momentum yang tepat untuk menuntut Wiranto atas peristiwa di masa lalu.

Tonin sekaligus mengakui bahwa tuntutan ini juga berkaitan dengan keputusan Wiranto yang tidak memberikan jaminan penangguhan penahanan atas Kivlan.

"Semua orang tahu Pak Wiranto, kan dia yang paling keras menolak penangguhan (penahanan). Penangguhan enggak boleh. Jadi sudah kepalang tanggung, ya sudah, tagih saja (kasus masa lalunya)," kata Tonin.

Diketahui, Kivlan saat ini sedang terlibat kasus dugaan makar dan kepemilikan senjata api untuk rencana pembunuhan sejumlah pejabat negara. Kasus ini ditangani Polda Metro Jaya. 

Materi Gugatan

Peristiwa yang dijadikan bahan tuntutan Kivlan ke PN Jaktim sendiri terjadi tahun 1998. Saat itu, Wiranto memerintahkan Kivlan untuk membentuk PAM Swakarsa dengan total pembiayan Rp 8 Miliar.

Namun, Wiranto hanya memberikan Rp 400 juta kepada Kivlan. Akibatnya Kivlan harus menggunakan dana pribadinya untuk menutupi kekurangan anggaran pembentukan PAM Swakarsa.

Di sisi lain, Presiden BJ Habibie rupanya telah menyetujui kucuran dana untuk membentuk PAM Swakarsa, yakni sebesar Rp 10 miliar. Uang tersebut berasal dari dana non budgeter Badan Urusan Logistik (Bulog).

Menurut Tonin, kliennya sempat menagih dana tersebut saat pertemuan di kediaman Habibie.

Dalam pertemuan itu, Habibie pun menegaskan bahwa ia telah memberikan uang Rp 10 Miliar kepada Wiranto.

"Sementara dari Bulog dikucurkan ada Rp 10 miliar. Pak Habibie sendiri yang menyatakan seperti itu," tutur dia.

"Seandainya tergugat (Wiranto) tidak menyuruh penggugat (Kivlan) untuk membuat pengamanan dalam bentuk PAM Swakarsa maka rumah, mobil dan barang berharga tidak pernah dijual. Demikian juga nama baik dari tempat-tempat yang terjadi utang serta tidak perlu meminta dana bantuan dari berbagi pihak," kata Tonin.

Tonin mengatakan gugatan terhadap Wiranto telah didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada 5 Agustus 2019.

Dijadwalkan sidang perdana akan digelar pada, Kamis 15 Agustus 2019 mendatang.

Baca juga: Catatan Perseteruan Kivlan Zen dan Wiranto soal Pam Swakarsa...

PAM Swakarsa diketahui merupakan kelompok sipil bersenjata tajam yang dibentuk untuk membendung aksi mahasiswa sekaligus mendukung Sidang Istimewa MPR (SI MPR) tahun 1998.

Selama SI MPR, PAM Swakarsa berkali-kali terlibat bentrokan dengan para pengunjuk rasa yang menentang SI, juga terlibat bentrokan dengan masyarakat yang merasa resah dengan kehadiran PAM Swakarsa.
----------------------------------------------------------
Sebetulnya kalau dikatakan pam swakarsa merupakan cikal bakal berdirinya fpi kurang tepat, karena fpi berdiri terlebih dahulu dan akhirnya menjadi pendukung utama pam swakarsa dalam mengamankan SI mpr 98.

Gugatan kivlan saat ini bakal menyeret banyak nama besar, ane cuma mau nonton apa manuvernya sekarang memang untuk membuat permasalahan masa lalu menjadi terang benderang atau hanya sebatas penegasan kalau beliau masih memiliki bargaining position untuk permasalahan hukum yg sedang dijalaninya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tukangkredit dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh rob.pedro
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Mana invoice nya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Leechintong dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Seharah FPI ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Ternyata, Ini Alasan Kivlan Zen Baru Gugat Wiranto Sekarang


Bpk Wira = .. waa .. aaa .. aku terkejut emoticon-Leh Uga


profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ahmad.c
ada notanya gak?? klo gak ada sama aja fiksi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Cikal bakal FPI... emoticon-Big Grin









tapi,,, wktu dulu pakai embel2... BELA NEGERI,, dan belum KERACUNAN AGAMA... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tiobiennyo dan 7 lainnya memberi reputasi
nuntut yg udah basi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SpiritOfZoro dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bela bela kan cuma mainannya doang, dulu bela negara, terus bela agama, bela rijik, besok bela bela lainnya
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Mulai kelojotan ya ....


Ternyata, Ini Alasan Kivlan Zen Baru Gugat Wiranto Sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Oh itu asalnya. emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post monsterbuster
Wkwkwk jaman dulu tentara kalo diminta invoice langsung dikarungin lu bre
profile-picture
profile-picture
rakooon dan rob.pedro memberi reputasi
ya sudah pak
profile-picture
profile-picture
samsol... dan rob.pedro memberi reputasi
Quote:


Nah bener neh emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
samsol... dan rob.pedro memberi reputasi
intinyaa koplak zein jatuh miskin aliran dana terputus,itu aja si yg mau gw sampein emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
samsol... dan rob.pedro memberi reputasi
Kawan abadi
profile-picture
profile-picture
samsol... dan rob.pedro memberi reputasi
walah walah kasus lama
profile-picture
profile-picture
samsol... dan rob.pedro memberi reputasi
"JAKARTA (SiaR, 19/10/98), Sejumlah orang "misterius" bersenjata
genggam sejenis pistol mitraliur dipergoki para aktivis tim relawan
kemanusiaan dan Kontras ketika dan seusai Tragedi Semanggi Berdarah,
13 November 1998 lalu. Orang-orang misterius tersebut dipergoki berada
di sekitar RS Jakarta dan jalan tembus belakang Unika Atmajaya.
Demikian kesaksian para aktivis yang dikumpulkan SiaR, Rabu (18/10)
ini.

Dua orang aktivis Kontras dan tiga anggota tim medis yang sedang
berupaya mencapai Unika Atmajaya dari arah belakang kampus melalui
jalan tembus sekitar Semanggi -- Polda Metro Jaya -- terpaksa
memundurkan kembali kendaraan mobil kijangnya ketika berpapasan dengan
kelompok orang misterius bersenjata tersebut. Orang-orang bersenjata
itu mengacung-acungkan senjatanya ke arah kendaraan para aktivis.

Para aktivis menengarai, orang-orang misterius tersebut bertubuh
pendek dibawah 160 cm., menggunakan celana jeans dan kaos hitam,
sepatu keds, dan berambut gondrong sebahu, serta menenteng senjata
genggam yang mirip pistol mitraliur jenis UZI. Orang-orang ini
dipergoki juga di sekitar RS Jakarta saat situasi chaos mencapai
puncaknya sekitar pukul delapan malam."
profile-picture
profile-picture
rob.pedro dan samsol... memberi reputasi
udh daluarsa kasusnya..
profile-picture
profile-picture
rob.pedro dan samsol... memberi reputasi
10 milyar tahun segitu banyak loh yaaaemoticon-Leh Uga
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
pengen tau kelanjutannya...
tapi ada perjanjian atau apa gitu antara wiranto dengan kivlan?
kalo ga ada susah digugat karena pengadilan hanya melihat bukti materiil bukan asumsi atau katanya..

atau
kivlan sengaja memblow up bahwa yang membentuk pam swakarsa waktu itu wiranto serta ......
dan setelah pam swakarsa bubar anggotanya diarahkan ke fpi

jadi sengaja menunjukan ke publik bapaknya tpi itu wiranto.. :d

jadi makin menarik nih...
profile-picture
rob.pedro memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dia ama sengkuni = tua vangke
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LaSeixas dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di