alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Pernah Ngerasain Sistem KBK Dan KTSP? Fixed Kita Seumuran Gan!
5 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d513d745cf6c4511f6fa08a/pernah-ngerasain-sistem-kbk-dan-ktsp-fixed-kita-seumuran-gan

Pernah Ngerasain Sistem KBK Dan KTSP? Fixed Kita Seumuran Gan!

Perubahan Kurikulum pendidikan


Pernah Ngerasain Sistem KBK Dan KTSP? Fixed Kita Seumuran Gan!

"Tuntutlah ilmu dari buaian ibu hingga ke liang lahat"

Bicara soal pendidikan, sebenarnya tak akan pernah ada kata usai. Pendidikan yang dalam mata awam hanya dalam lingkup pendidikan formal, sejatinya menjadikan seseorang lupa, bahwa keluarga ada Madrasah(sekolah) pertama bagi seorang anak.

Bagaimana tidak, dari saat mengandung saja kita sudah sering membisikkan untaian kata yang seringkali ditanggapi dengan gerakan atraktif janin dari dalam kandungan. Lalu, kenapa kadang kita lupa, memberi teladan yang baik untuk anak, dengan Tutur kata yang baik.

Quote:


Peran orangtua dalam pembekalan kepribadian, sangatlah penting. Terutama di tujuh tahun pertama masa pertumbuhannya. Karena daya serap anak, masih dalam masa keemasannya.

***


Memasuki usia sekolah, anak biasanya akan banyak mencontoh perilaku yang dia lihat di lingkungan sekolahnya. Pendampingan orang tua dan guru harus selaras, serasi dan seimbang. Jangan sampai ada pertentangan antara keduanya, jika tidak anak akan mencari sosok lain, yang dia rasa lebih bisa dipercaya.

Dalam hal ini, ada kaitannya dengan kurikulum yang diberlakukan oleh sebuah instansi pendidikan.

***


Di Indonesia sendiri, beberapa kali terjadi perubahan kurikulum pendidikan, terhitung sebelas kali mengalami perubahan.

[
Quote:


Sejujurnya, ane ikut merasakan pergantian kurikulum dari beberapa tahun belakangan ini, namun yang masih teringat dengan jelas kala itu adalah, saat kurikulum 1994 & 1999 diganti dengan sistem kbk, dari yang biasanya setahun ada tiga kali ujian (catur Wulan 1,2 dan 3).

Dalam masa transisi itu kami harus melakukan empat kali ujian (Tengah semester 1, semester 1, tengah semester 2, dan ujian semester 2 sekaligus kenaikan kelas), yang lebih mencolok lagi adalah raport hasil belajar yang kami terima, jika biasanya cukup satu lembar, berubah jadi berlembar-lembar dengan nilai perilaku dan lain-lain. Dan beradaptasi dengan hal lain yang berkaitan dengan kurikulum berbasis kompetensi, yang kemudian berubah lagi menjadi KTSP. Ah ... Berasa jadi kelinci percobaan emoticon-Tepar

Sampai tibalah jadi seorang ibu, dengan anak yang harus merasakan "percobaan" kurikulum, yaitu k.13. yang menurut ane, kurang efektif, untuk para siswa yang tinggal di daerah dengan fasilitas yang bisa dibilang, sangat njomplang(berbanding terbalik dengan yang ada di wilayah perkotaan, sekolah dan siswa yang dijadikan percontohan dan yang harus mengikuti, seharusnya memiliki keseimbangan dalam hal fasilitas untuk materi pendukung yang tidak ada di buku paket. Salah satu pekerjaan rumah yang harus dipikirkan bersama.

Quote:


Kalau boleh jujur lagi, ane merasa kasihan, pada guru selaku pendidik, tak jarang mereka mengeluh saat raport hasil ujian sudah selesai dikerjakan ternyata format raport nya harus berubah. Apa tidak kasihan?

Sungguh besar jasa guru, terlepas dari kesenjangan gaji guru honorer dengan yang sudah lolos sertifikasi, semoga Alloh menjadikan pengabdian para guru sebagai amal jariyah yang akan menjadi penerang di akhirat nanti.

Harapan terbesar ane adalah akan ada masa dimana nilai Budi pekerti luhur, kembali menjadi salah satu nilai penting dalam sistem pendidikan kita.

Quote:


***


Terimakasiih yang sudah mampir, jika berkenan menambahkan, mari berdiskusi di kolom komentar.

Sekian dari Emak berdaster, yang kadang puyeng karena mendadak harus mencari jawaban atas tugas rumah sang anak.

Malang, Agustus 2019

emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
delia.adel dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh annaharry
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
reserved
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan 2 lainnya memberi reputasi
reserved again
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
annaharry dan YenieSue0101 memberi reputasi
Wah, iya ya, di Indonesia kurikulumnya gonta ganti terus
profile-picture
profile-picture
annaharry dan yukinura memberi reputasi
Quote:

Iy mbak, seperti biasa mentok di judul emoticon-Cape deeehh

Quote:


Iya, rasanya nano nano, apalagi pas ngajari anak yang materi nya terbatas sedang pertanyaannya banyak dan harus nyari sendiri materinyaemoticon-Cape deeehh
profile-picture
yukinura memberi reputasi
Btw KBK itu seinget ane tahun ajaran 2002/2003 deh gan, pas banget ane kelas 3 SMP. Trus tahun ajaran 2006/2007 berubah jadi KTSP
profile-picture
annaharry memberi reputasi
Diubah oleh khalibran
Quote:


Iya bener gan, waktu itu ane kelas 2 SMP kalau Ndak salah ingat ... Pas KTSP juga gtu, pas pertengahan SMA ...

Menurut agan, kesannya gimana waktu itu?
Ane mah CBSA
profile-picture
annaharry memberi reputasi
Quote:


Nah itu dia, dari tadi ane inget2 singkatan CBSA itu apa ya? Sampe sekarang kagak inget emoticon-Tepar
Lihat 1 balasan
Balasan post annaharry
Cara Belajar Siswa Aktif
profile-picture
annaharry memberi reputasi
ane pernah merasakan cawu 1,2,3 dan ebtanas
profile-picture
profile-picture
superdede101 dan annaharry memberi reputasi
Quote:


Oh ... Beneran lupa ane gan


Thx ya gan @proto1
Quote:


Iya, jaman SD ane ebtanas ... Cawu 1,2,3 Sampai kelas 2 SMP. Kalau gak salah inget ...

Sungkem dulu deh senior @sagutumbuk
profile-picture
sagutumbuk memberi reputasi
Quote:


iya itu ane juga sd sis wkwk ah jangan ada senior junior diantara kitah

kitak semuaknyak samak
profile-picture
annaharry memberi reputasi
Anak ane sekarang SD. Sekarang ada mapel Tematik isinya lengkap. B. Indonesia, Inggris,Pancasila n Kewarganegaraan, Olah raga dan seni, IPA, IPS, Matematika. Digabung jadi 1 mapel. Ane sampe bingung harus fokus kemana dulu belajarnya.
Waktu dulu masih ada pelajaran PMP yg menjadikan pelajaran wajib di EBTANAS. Sekarang mah entah kemana.
profile-picture
annaharry memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane ngga ngerasain gan, th 94 udah lulus 😊
profile-picture
annaharry memberi reputasi
Quote:


Hadir....
Quote:


KBK Kurikulum Berbasis Belibuku Baru
profile-picture
annaharry memberi reputasi
Quote:


Asiap gan @sagutumbuk

Kita semua bersahabat ... emoticon-I Love Kaskus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di