alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Bawaslu Harap UU Pilkada Dapat Direvisi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d513a3409b5ca1ae412e527/bawaslu-harap-uu-pilkada-dapat-direvisi

Bawaslu Harap UU Pilkada Dapat Direvisi

Bawaslu Harap UU Pilkada Dapat Direvisi

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) berharap Undang-undang pemilihan kepala daerah (UU Pilkada) dapat direvisi. Sebab, ada beberapa kekurangan yang bisa merugikan Bawaslu dalam pengawasan Pilkada nantinya.

UU Pilkada yakni UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota menjadi Undang-Undang.

"Persoalan pilkada ke depan, pertama mau tidak mau UU Pilkada harus diubah, UU Pilkada tidak mengenal Bawaslu Kabupaten Kota, UU Pilkada hanya mengenal Panwaslu Kabupaten Kota," ujar Anggota Bawaslu Rahmat Bagja, dalam diskusi di Jakarta Selatan, Senin (12/8/2019).

Baca Juga:

Alasan lainnya, UU Pilkada harus direvisi karena, UU Pilkada membuat penyelenggara pilkada dapat bertikai. Karena itulah pemeritah dan DPR harus mengambil sikap dengan merevisi UU Pilkada.

"Kami harapkan pemerintah dan DPR jangan membuat penyelenggara bertikai karena kewenangannya seharusnya diambil oleh pemerintah dan DPR. DPR bilang setuju dengan larangan mantan napi tapi kok diatur lewat PKPU," tanyanya.

Bagja menjelaskan, revisi dapat dilakukan dengan beberapa cara namun karena waktunya terlalu sempit sebab pilkada dilaksanakan tahun depan. Dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) menjadi jalan keluar bagi perserteruan UU Pilkada ini.

"Kenapa Perppu? kalau pemerintah menganggap hal ini adalah hal sangat krusial, membuat kegentingan yang memaksa, dan menurut kami itu kegentingan memaksa, maka mau tidak mau harus melalui Perppu," tuturnya.


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...isi-1565603743

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Bawaslu Harap UU Pilkada Dapat Direvisi Latancab TNI AD Kartika Yudha 2019 Kerahkan Alutsista Tercanggih

- Bawaslu Harap UU Pilkada Dapat Direvisi Jelang Muktamar di Bali, PKB Kumpulkan 1.000 Kiai

- Bawaslu Harap UU Pilkada Dapat Direvisi Politikus PDIP Gembira Demokrat Dukung Pemerintah Jokowi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di