alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Berpotensi Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia, HRS Cuma Punya Dua Pilihan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d513347349d0f22e95b6db2/berpotensi-kehilangan-kewarganegaraan-indonesia-hrs-cuma-punya-dua-pilihan

Berpotensi Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia, HRS Cuma Punya Dua Pilihan

Berpotensi Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia, HRS Cuma Punya Dua Pilihan
Jika tidak segera pulang ke Indonesia, Habib Rizieq Shihab (HRS) terancam kehilangan status kewarganegaraan Indonesianya?
Seperti yang dilansir tribunnews dotcom (9/8/2019), pakar hukum pidana Muhammad Taufik mengatakan, seharusnya Pemerintah Indonesia dapat memberikan kepastian dan perlindungan kepada warga negara yang sedang menghadapi masalah hukum di luar negeri.
“Ini kita justru membiarkan supaya Habib Rizieq berstatus stateless atau orang yang kehilangan kewarganegaraannya,” sesal Muhammad Taufik seperti yang dikutip wartakota dot tribunnews dotcom, Jumat (9/8/2019).
Sebenarnya, menurutnya jika mengacu Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan, kata dia, tidak ada pasal yang mengatur seorang warga negara tidak boleh mendapatkan kembali kewarganegaraan.
Sementara, di dalam penjelasan UU 12/2006, ada asas khusus yang menjadi dasar penyusunan undang-undang tersebut. Asas tersebut yakni asas perlindungan maksimum.
Baca juga  Lieus: Semua Urusan Habib Rizieq Enteng, Setiap Penggemar Suruh Nyumbang, Beres
M Taufik menjelaskan, asas perlindungan maksimum adalah asas menentukan pemerintah wajib memberikan perlindungan penuh kepada warga negara Indonesia, dalam keadaan apa pun. Baik di dalam maupun di luar negeri.
Terkait kasus di atas, untuk dapat pulang ke Indonesia, dia menambahkan, HRS saat ini memiliki dua pilihan, yaitu deportasi atau amnesti dari Kerajaan Arab Saudi.
Oleh karena itu, seharusnya HRS sudah dapat pulang ke Indonesia. Apalagi di UU 6/2011 tentang Keimigrasian, tidak ada aturan upaya penangkalan bagi WNI masuk ke Indonesia.
“Tidak ada pula pasal yang mengatur penangkalan terhadap WNI untuk masuk ke dalam negeri,” tambahnya.
Apalagi sebelumnya, Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengatakan, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab bisa pulang ke Indonesia tanpa halangan. Asalkan, HRS membayar denda kelebihan izin tinggal di Arab Saudi.
Baca juga  Kalrifikasi Putra KH Maimun Zubair Soal Habib Rizieq Menyerobot Doa Di Pemakaman
Untuk diketahui Visa HRS di Arab Saudi habis per 9 Mei 2018, sebelum kemudian diperpanjang hingga 20 Juli 2018.
“Ya bayar denda (saudi menyebut Gharamah) overstay. Satu orang 110 juta, kalau lima orang ya tinggal kalikan saja,” ujar Agus seperti yang dikutip tribunnews dotcom Rabu (10/7/2019).
Namun bila tidak mau atau tidak bisa membayar, Rizieq Shihab bisa menunggu amnesti Kerajaan Arab Saudi terhadap mereka yang kelebihan izin tinggal.
Jika tidak pilihan tersebut, Dubes Agus menyatakan HRS bisa menggunakan jalur ekstrem dengan datang ke detensi imigrasi untuk ditangkap karena kelebihan izin tinggal, sehingga dideportasi.
“Tapi prosesnya agak panjang, bisa 6-10 bulan di penjara imigrasi sebelum deportasi,” jelasnya.
Baca juga  Sosok Pelayat Mbah Moen ini Jadi Sorotan, Rupanya Ikut Pimpin Doa
“Dengan risiko sekitar lima tahun, bahkan lebih, enggak boleh masuk ke Saudi. Itu cara ekstrem kalau pengin cepet pulang,” papar Dubes Agus tanpa beban.
Itu pun, menurut Agus, bisa dilakukan apabila selama tinggal di Arab Saudi, HRS tidak memiliki masalah hukum, baik perdata maupun pidana.
“Jika ada masalah hukum meski bayar denda ya, tetap saja enggak bisa keluar sebelum selesaikan masalahnya,” jelas Agus.
Sungguh memprihatinkan nasib yang harus dihadapi oleh HRS sekarang ini. Apakah pemerintah Indonesia tidak bisa membantu HRS untuk mendapatkan pilihan yang lebih baik mengingat hubungan bilateral yang cukup harmonis antara pemerintah Arab Saudi dan Indonesia sampai saat ini?


Follow sosial media kami

Facebook
Twitter

Sumber 

Berita Nasional terhangat 
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
bantuin ular beludak?? dipatok iya... mending urus sendiri aje... pergi pergi sendiri masak begitu kasus minta dibantu? kontribusi buat negara apa tuh orang?


btw bukannya dapat visa unlimited dari wan salman??



emoticon-Leh Uga
Lha tinggal bayar denda, nyiapin ongkos pulang, selesai....
Terus gimana khabar patungan fans-nya...sudah nyampe berapa digit...
Abu Lieus Al Pecenongani mana suaranya, katanya gampang duit segitu...
memang kelompok ini kegedean bacot doang...
212 mart kan banyak, kumpulin saja keuntungan dari tiap toko....
(kalo ada untung itu juga...)
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
bang toyip
bang toyip

mengapa tak pulang-pulang emoticon-Kaskus Radio
“Tidak ada pula pasal yang mengatur penangkalan terhadap WNI untuk masuk ke dalam negeri,”

gak ada yg cekal ko, dia sendiri yg disana. kan pengacaranya sendiri yg bilang dia tamu khusus raja saudi visa takterbatas ko sekarang mewek sendiri
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
Quote:


masak cucu nabi undangan raja ngarab gak bisa bayar denda, pelecehan ini namanya ....... emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Marah








eh ......... kalo gak biar aja stateless, biar lontang lantung disono .......... emoticon-Leh Uga
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
LO PERGI SENDIRI KE SONO KIPLI.

Overstay ya bayar sendiri lu.

Klu udah bayar ya pulangnya pulang sendiri.
Lagian tanah leluhur rizieq bukan arab saudia .. tp Yemen ..arab gembel , pada doyan mabuk daun khat.
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Perlindungan hukum yang diminta itu apa toh pak?

Memangnya aparat atau imigrasi saudi ada melakukan tindakan yang melanggar hukum ke bapak rizieq sehingga diperlukan perlindungan? Kan katanya tamu kehormatan, mana mungkin diperlakukan tidak hormat disana.

Apa maksud bapak adalah negara diminta untuk pdkt ke pemerintah Saudi supaya bapak rizieq ngga perlu membayar denda walaupun sudah overstay atas keinginan sendiri? Bapak rizieq ngga mampu bayar apa ngga bersedia bayar? Kalau ngga mampu monggo dilampirkan surat keterangan tidak mampunya. Nanti pemerintah akan mengkonfirmasi kebenarannya. Kalau ngga mau bayar ya ngga tau diri itu namanya..

Cabe deeehh...
Balasan post ..Minyak.BABI..
Quote:


Sementara teman2 tanah leluhur nya bertempur melawan agressor saudi, eh rijik dimari malah maen lobang pirjah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan ..Minyak.BABI.. memberi reputasi
pimpinan onta cosplay termewek" di habitat asalnyaemoticon-Leh Uga
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
Semua berawal dari umroh unlimited doi hanya untuk menghindar dari polisi emoticon-Leh Uga
lho bukannya itu yang diinginkan dari dulu? yang sering teriak-teriak tapi ga khilaf khilaf
https://




Kami Harus Kembali

Album : Kembali..!
Munsyid : Izzatul Islam
http://liriknasyid.com



Berkobar tinggi panaskan bumi 
Membakar ladang dan rumah kami 
Darah syuhada mengalir suburkan negeri 
Tiada kata lagi ... kami harus kembali 

Siapa dituduh siapa menuduh 
Mulut lancang asal bicara 
Kami mujahid bukan perusuh 
Berjuang pertahankan agama 
Tanah lahir kami ... akan tetap dibela 

Walau tertatih kami berjalan 
Susuri bukit lembah dan hutan 
ukan karna takut kami berlari 
dengan asma Allah ... kami akan kembali 

berbekal iman yang paling utama 
mujahid maju songsong senjata 
pasukan Allah akan membela 
mereka atau kami binasa 
bergelar syuhada ... hidup dijalan mulia




--------------------------------------------------------------------------------Berpotensi Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia, HRS Cuma Punya Dua PilihanBerpotensi Kehilangan Kewarganegaraan Indonesia, HRS Cuma Punya Dua Pilihan
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
10 juta massa 50 ribu 2 minggu sekali sudah cukup...

gak mempan tinggal kencengin brainwashnya... emoticon-Smilie
profile-picture
pinkypatrick memberi reputasi
lha tamu raja arab kok takut kehilangan kewarganegaraan
minta kewarganegaraan arab kan bisa emoticon-Ngakak
Pusing kan bib
Ah, bodo amat. Bibib bukan anak kecil lagi yg harus diingetin ini itu. emoticon-Leh Uga
sebaik nya rijik temuin itu raja salmon,blng lo itu imam besar indo
masa sih seorang imam besar dr negara muslim terbesar gk dpt respect doi,atau jgn2 rijik jg gk yakin ama status ke-imam-an nya diakui oleh org diluar monaslimin
emoticon-Leh Uga
sebenarnya ada 1 opsi lagi, jadi WNA (Warga Negara Akhirat) emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
pinkypatrick dan itsjustgame memberi reputasi
Biar bisa cepet2 dikandangin emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di