alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Travellers /
Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d512379c0cad73f80689750/megahnya-arsitektur-hotel-majapahit-surabaya-ternyata-menyimpan-sejarah-kemerdekaan

Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan


Agan Sista yang pernah berkunjung ke Surabaya pasti udah nggak asing dengan bangunan hotel yang terletak di kawasan Tunjungan ini. Gimana enggak, Hotel Majapahit yang memiliki gaya arsitektur khas zaman kolonial ini ternyata nggak hanya sebatas bangunan yang unik aja tapi juga merupakan salah satu saksi sejarah kemerdekaan Indonesia.

Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan

Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan

Yup, sebagai kota pahlawan, Surabaya memang menyimpan banyak cerita heroik dalam perjalanannya. Salah satunya tersimpan dalam bangunan hotel ini. Hotel Majapahit sebelumnya memiliki nama Hotel Yamato pada saat zaman kependudukan Jepang. Namun saat Belanda berkuasa, hotel ini bernama Hotel Oranje, yang diambil dari warna kebanggaan negeri kincir angin tersebut. Konon sih nama ini juga diambil lantaran bangunan tersebut dicat dengan penuh warna oranye pada masa itu.

Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan

Hotel yang masih kokoh berdiri ini nggak akan membekas dalam ingatan bangsa kalau nggak pernah terjadi peristiwa perobekan Bendera Belanda di sana. Tepatnya pada tanggal 19 September 1945, di sinilah terjadi peristiwa perobekan Bendera Belanda yang berwarna Merah-Putih-Biru oleh arek Suroboyo menjadi Bendera Indonesia yang berwarna Merah-Putih.

Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan

Saat itu, peristiwa ini pecah saat sekelompok orang Belanda yang dipimpin oleh Mr. W.V.Ch Ploegman mendatangi Surabaya dan mengibarkan bendera Belanda tanpa adanya persetujuan dari pemerintah RI. Hal ini pun memicu kemarahan para pemuda Surabaya karena bagi mereka hal ini telah menghina dan melecehkan gerakan pengibaran bendera Merah Putih yang sedang berlangsung di Surabaya.

Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan

Permintaan untuk menurunkan bendera yang berwarna Merah-Putih-Biru itu pun diabaikan oleh Belanda sehingga arek-arek Suroboyo geram dan melakukan perlawanan. Perlawanan menjadi semakin sengit hingga suara letusan meriam juga sempat terdengar. Akibatnya beberapa tokoh Surabaya dan sejumlah orang Belanda pun gugur oleh hajaran dari para arek Suroboyo ini.

Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan

Ribuan massa arek Suroboyo pun berdatangan dan orang Belanda ini dipukul mundur. Tercatat dalam buku sejarah, dua pemuda bernama Hariyono dan Kusno, dua pemuda yang berhasil menurunkan bendera Belanda dan merobek warna biru dari Belanda tersebut.

Hal ini pun ditulis oleh Bung Tomo dalam salah satu bukunya yang berjudul 10 November 1945, Kesaksian dan Pengalaman Seorang Aktor Sejarah. Kira-kira tertulis seperti ini Gan:


Quote:


Merinding sih kalau tahu cerita dan perjuangannya gimana saat berada di hotel ini. Maka nggak heran jika Hotel Majapahit yang terletak di Tunjungan ini menjadi salah satu destinasi yang menarik dan sering ditanyakan oleh para wisatawan yang mampir ke kota pahlawan ini.

Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan

Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan

Megahnya Arsitektur Hotel Majapahit Surabaya Ternyata Menyimpan Sejarah Kemerdekaan

Beberapa waktu lalu ane sempat menginap di hotel ini. Dan menurut ane worth it banget Gan. Hotel ini masih menyimpan arsitektur kuno khas masa kolonialisme. Nggak hanya dari bangunan dan desain interiornya, tapi juga barang-barang atau furniture yang ada di dalamnya pun melengkapi nuansa zaman Belanda. Vibes-nya nggak jauh beda dari Lawang Sewu sih. Keren dan seru pokoknya, karena ane memang suka dengan bangunan-bangunan yang bergaya Belanda gini.

Agan Sista sendiri apakah pernah menginap di hotel ini? Kalau pernah, coba share dong gimana pengalaman kalian saat menginap di hotel yang bersejarah ini!



profile-picture
profile-picture
profile-picture
heatbl4st dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
cakep pak itu
bagus yess gan... arsitekturnya artistik dan nostalgic... ditunggu thread inspiratif dan berwawasan gini gan...
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
pernah nginap di H Majapahit saat masih kuliah. 15 tahun yang lalu. nginep gratisan karena jadi panitia Seminar nya Deplu. bertemu dengan pak Roeslan Abdulgani, pelaku sejarah pertempuran 10 november.
kalo lagi jalan di selasar taman hotel majapahit sendirian serasa terlempar ke masa lalu.. Toilet nya juga istimewa banget. otentik dari masa silam..
emoticon-Jempol
Diubah oleh mynameisant
musti di lestarikan nih cagar budaya
Selalu seneng sama bangunan bangunan lama gini kerenn dan ada nilai sejarahnyaa. Tapi kalo nginep nyaa sih ane takut wkwkkwk ngerii adaa mahluk mahluk jaman dulunya jugaa. Tapi kalo buat wisata sih keren bangettt wkwkwkwkw
Penasaran sekaligus ngeri jg. Takut ada kakak" Noni belandaemoticon-Takut
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
keren beuttt deh ini!
syuper cetar arsitekturnya dan warnanya pas gitu
elegant dan calssic banget
Wah thread yang begini menurut ane sangat bermanfaat ya gan sis
Coba baca dan pahami thread macam ini yang baik segera disharekan ke teman-teman dan yang nggak oke usul aja atau jangan dishare. Ane suka banget sama thread ini gan sis
Super duper kece dan ane sendiri jadi paham tentang topik yang diulas
Aseeekk!sukses teus gan sis dan ditunggu ulasan berikutnya yeayy!
TOSSS gan,ane tunggu ya thread berikutnya yang nggak kalah CIAMIK pastinya

jadi pengen deh, brapaan yak ratenya gan sis disana??
penasaran ajaaa ane
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
baguss banget .. asli interior nyaa masih bagus sekali
konveksi tas
berapa gan permalam 😀


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di