alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d511ffd018e0d6ee60406c0/5-tempat-bersejarah-peninggalan-kerajaan-majapahit-di-mojokerto

5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto

emoticon-WowHaloooooo gan emoticon-Wow

Dalam kesempatan kali ini ane mau bahas mengenai sejarah. emoticon-I Love Indonesia
Kabupaten Mojokerto dikenal sebagai daerah peninggalan dari kerajaan Majapahit. Banyak banget peninggalan berupa prasasti, benda antik dan sejenisnya yang terdapat di Mojokerto ini. emoticon-Smilie
Kecamatan Trowulan dikenal sebagai wilayah sentral dimana kerajaan Majapahit dulunya didirikan. Dibuktikan dengan banyaknya peninggalan berupa candi, prasasti maupun benda-benda bersejarah yang telah ditemukan di Trowulan.
Naaah, tempat-tempat inilah yang akan kita bahas satu-satu ya. Kuy lah gan disimak dulu emoticon-Malu

 1. Museum Trowulan

Museum trowulan ini lokasinya terdapat di Jl. Pendopo Agung, Ngelinguk, Trowulan, Kec. Trowulan, Mojokerto. Museum yang didirikan pada Tahun 1987 ini merupakan pusat informasi tentang sejarah kerajaan Majapahit itu sendiri, serta tempat disimpannya benda-benda prasejarah dalam era Majapahit dahulu kala. emoticon-Big Grin
Kalo agan maen-maen ke Museum ini, agan bakalan nemu banyak banget koleksi peninggalan arkeologi masa Majapahit. Tapi ga Cuma kerajaan Majapahit aja gan, disini juga menyimpan berbagai temuan arkeologi yang ditemukan di seluruh Jawa Timur. Mulai dari era raja Airlangga, Kediri, hingga era Singhasari emoticon-Big Grin
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com)
Harga masuk ke museum ini murah syekali gan. Cukup dengan 2500,- (untuk umum), 1500,- (untuk pelajar & anak-anak), dan 5000,- (untuk wisatawan asing) agan udah bisa jalan-jalan keliling museum, foto-foto buat di instagram, dan dapet ilmu yang bermanfaat juga. emoticon-Jempol
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com)
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com)

 1. Kolam Segaran

Kolam segaran ini lokasinya gak jauh dari Museum Trowulan gan. Sebelum nyampe Museum, agan bakal ngelewatin kolam segaran dulu. Jangan dibayangin ini kolam renang loh yaaa. Karena ini bukan kolam renang. emoticon-Ngakakkolam ini lebih mirip seperti waduk gitu gan. emoticon-Jempol
Kolam segaran bentuknya persegi panjang gan, berukuran panjang 375 m dan lebar 125 m. Dinding kolam setinggi 3,16 m sementara lebarnya 1,6 m.
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com) 
Konon katanya, pada masa era Majapahit kolam segaran ini berfungsi sebagai tempat untuk menjamu tamu dari kerajaan lain. Jadi, pada saat acara jamuan makan selesai, seluruh alat makan yang terbuat dari emas seperti piring, sendok, gelas, teko dan lainnya langsung dibuang ke kolam segaran. Dengan maksud untuk menunjukkan betapa kayanya kerajaan Majapahit pada masa itu. Keren kan emoticon-Wow

Konon katanya lagi, sampai saat ini belum ada yang tau seberapa dalam air yang ada di kolam segaran. Dan juga ga pernah surut juga walaupun musim kemarau gan.emoticon-Belo  Namun sekarang, kolam segaran berfungsi untuk tempat rekreasi aja gan, gratis kok ga pake tiket masuk. Kalau hari biasa, banyak orang-orang mincing. Meski ane ga tau persis disitu ada ikannya apa kagak. emoticon-Ngakak
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com) 

Dan kalau hari minggu biasanya banyak pengunjung untuk olahraga jogging mengitari kolam. Nah, kalo agan mau suasana syahdu, bisa duduk-duduk di tepi kolam sambil maen gitar. Sungguh syahdu emoticon-Matabelo

 3. Pendopo Agung 

Pendopo agung terletak di Dsn Ngelinguk, Trowulan, Kec. Trowulan, Mojokerto. Memang letaknya deket juga gan dengan Museum Trowulan. Ya namanya masih satu kerajaan pasti ya lokasinya deket-deket lah. emoticon-Malu

Pendopo agung ini dulunya merupakan pusat dari kerajaan Majapahit itu sendiri. Konon katanya, di tempat inilah Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Amukti Palapa yang dikenal dengan sebutan Sumpah Palapa yang isinya ingin menyatukan Nusantara di bawah kekuasaan majapahit. Gajah Mada di angkat menjadi Mahapatih pada masa pemerintahan Ratu Tribhuwanatungga Dewi.
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com)  

Pendopo agung sendiri berupa bangunan yang luas tanpa sekat/dinding. Kayak aula gitu gan. Biasanya pengunjung kalau datang ya hanya duduk-duduk sambil menikmati suasana bersama keluarga.emoticon-Jempol Di belakang pendopo, terdapat dinding yang berisikan relief berbentuk panjang yang mengisahkan tentang kerajaan Majapahit pada kala itu. 
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com)   

Nah, untuk belakang pendopo itu sendiri (di belakang dinding relief) terdapat petilasan panggung, dengan bangunan yang berbentuk joglo kecil. Bangunan ini agak terpisah di area belakang pendopo agung gan. Petilasan itu konon katanya dipercaya sebagai tempat dimana Raden Wijaya melakukan semedi sebelum beliau membuka pemukiman di hutan Tari di tepian sungai brantas, dimana tempat itu merupakan cikal bakal dari Kerajaan Majapahit. 

5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com)   

Untuk tiket masuk di pendopo agung ini murah banget gan. Cukup merogoh kocek sebesar 3.000,- rupiah aja. Jam bukanya sendiri mulai buka jam 07.00 dan tutup jam 17.00

 4. Gapura Wringin Lawang

Gapura wringin lawang yang terletak di Desa Jatipasar, Kec Trowulan, Kab Mojokerto ini termasuk peninggalan Kerajaan Majapahit pada abad ke 14. Wringin Lawang kalau dalam bahasa Indonesia artinya pintu beringin gan. Memang bangunannya ini mirip dengan candi ya. Tapi sebenernya bukan gan. Nah, kenapa bisa disebut gapura, bukan candi aja?  emoticon-Bingung
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com)    
Konon katanya bangunan ini merupakan gerbang masuk dari kerajaan Majapahit itu sendiri. Ada juga yang menyebutkan bahwa Gapura Wringin Lawang ini merupakan gerbang masuk kediaman Mahapatih Gajah Mada. Selain itu, ada yang menyebutkan pula bahwa Gapura Wringin Lawang ini merupakan gerbang masuk dari kompleks bangunan di ibukota Kerajaan Majapahit penting Makanya, bangunan ini tidak disebut candi, melainkan Gapura. Gitu gan emoticon-Jempol
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com)   

Disekitar gapura, agan bisa berjalan-jalan mengitari taman yang mengelilingi gapura itu sendiri. Kalau pagi atau sore-sore gitu asik gan semilir. Tapi kalo siang-siang ya panas syekali. emoticon-AmazedHarga tiket masuknya berkisar antara 3.000,- rupiah aja. Udah bisa menikmati bangunan bersejarah sekaligus poto-poto buat di aplod ke IG emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

 5. Candi Tikus
Bangunan bersejarah di Mojokerto yang terakhir adalah Candi Tikus. Candi Tikus lokasinya ada di di dukuh Dinuk, Desa Temon, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto. Bangunan Candi Tikus ini agak beda dari candi-candi yang lain. Candi ini letaknya kayak terkubur di dalam tanah gitu lo gan. 
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com)    

Candi Tikus yang semula telah terkubur dalam tanah ditemukan kembali pada tahun 1914. Pada waktu penemuan candi, terdapat banyak tikus, sehingga candi ini disebut dengan Candi Tikus. emoticon-Big Grin

Bangunan Candi Tikus menyerupai sebuah petirtaan atau pemandian, yaitu sebuah kolam dengan beberapa bangunan di dalamnya. Hampir seluruh bangunan berbentuk persegi empat dengan ukuran 29,5 m x 28,25 m ini terbuat dari batu bata merah. Karena bentuk bangunannya, candi ini konon katanya dulunya adalah tempat untuk pemandian raja pada jaman Kerajaan Majapahit gan. emoticon-Belo


Kalau lagi musim hujan, maka area sekitar candi ini akan dikelilingi oleh air gan. Seperti ini penampakannya.
5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto
(Sumber: Google.com)
     

Sebaliknya, kalau lagi musim kemarau, air di dalam candi tersebut akan mongering, jadi agan bisa turun ke dalam dan poto-poto, trus aplod di IG. emoticon-Malu

5 Tempat Bersejarah Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto

(Sumber: Google.com)     

Harga tiket di Candi Tikus ini juga murah kok, berkisar antara 3.000,- rupiah ajaa. emoticon-Jempol


Nah, itu dia bangunan bersejarah yang ada di Kabupaten Mojokerto, bisa juga dikatakan sebagai bangunan peninggalan Kerajaan Majapahit. Kalo agan, lebih tertarik mengunjungi yang mana? emoticon-Malu
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
mantab om
kpn2 maen sana ah
Belum pernah kesana...
Kapan kapan bisa lah..
Dolan dolan kesana hehehe
Candi Bajang Ratu kok g dimasukkan gan?Tiap gw maen ke sepupu gw yg bidan disna selalu maen ke bajang ratu,n di pendopo agung ada foto pemimpin Kodam V Brawijaya dari masa ke masa,dan sampai sekarang wajah asli Gajahmada itu kayak ap sih,kan isunya itu wajah bukan wajah asliny
Lihat 1 balasan
Weeee....omahku iki cak emoticon-Ngakak (S)
Lihat 1 balasan
Balasan post v.a.g.s
Quote:


Oke brarti kita tetanggaan emoticon-Ngakak
Balasan post realloser221188
Quote:


Ga ada yg tau wajah aslinya Gajah Mada emang gan. Yg di gugel itu juga katanya bukan penggamnaran real wajahnya. Yaaa Wallahualam sih emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di