alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / Education /
Wajah Pendidikan di Indonesia
4.92 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d511c87b840883f2675ae02/wajah-pendidikan-di-indonesia

Wajah Pendidikan di Indonesia

Wajah Pendidikan di Indonesia



Pendidikan, seperti yang kita tahu, merupakan aspek terpenting dalam memajukan sebuah negara, khususnya kualitas sumber daya manusia. Tentu saja, sekolah sangat penting demi menciptakan generasi yang cerdas di masa depan. Itulah kenapa kemendikbud mengupayakan wajib belajar 12 tahun bagi semua anak di Indonesia.

Wajah Pendidikan di Indonesia


Namun seperti yang kita tahu, pendidikan di Indonesia masih memiliki kekurangan di sana sini. Bukan hanya dari sistemnya sendiri, tetapi juga dari pola pikir masyarakatnya. Tentu saja, semua upaya yang dilakukan pemerintah tak bisa berjalan sesuai yang diharapkan karena ada beberapa kendala yang sampai saat ini masih cukup sulit ditemukan jalan keluarnya.

Salah satu permasalahan yang cukup sulit ditangani adalah adanya ketidaksetaraan, atau fasilitas yang kurang merata di tiap daerah. Siapa sih yang tidak ingin menempuh pendidikan di sekolah favorit dengan fasilitas memadai guna menunjang proses belajar? Semua anak pasti menginginkannya, pun dengan para orang tua yang mencarikan sekolah untuk anak-anak mereka. Bagi yang berdomisili di perkotaan sih mudah menemukan sekolah dengan kualifikasi seperti ini, nah bagaimana dengan yang tinggal di pelosok?

Wajah Pendidikan di Indonesia


Seperti yang kita tahu, sekolah-sekolah yang berada di daerah pelosok atau pinggiran keadaannya masih jauh dari layak. Jangankan fasilitas lengkap, bahkan gedung yang digunakan pun sangat memprihatinkan. Belum lagi akses menuju ke lokasi yang terkadang menyulitkan, atau tenaga guru yang kurang.

Ini menjadi PR serius bagi pemerintah agar kedepannya bisa menemukan solusi untuk permasalahan ini.

Permasalahan yang lain dan tak kalah serius adalah pola pikir masyarakatnya, khususnya kalangan ekonomi rendah. Mereka kebanyakan berpikir bahwa pendidikan tidak terlalu penting. Asal tahu saja, di perkampungan tempat saya tinggal, rata-rata anak-anak mereka hanya bersekolah sampai jenjang SMP, bahkan sangat sedikit yang melanjutkan ke SMA. Padahal, pemerintah daerah sudah memberikan beasiswa khusus bagi yang kurang mampu. Namun, tampaknya beberapa orang tua lebih memilih agar anaknya segera bekerja di toko atau sawah demi membantu perekonomian keluarga. Sungguh miris. Sebagian besar para orang tua ini masih berpikir kolot. Buat apa sekolah tinggi kalau ujung-ujungnya ngarit atau nyangkul di sawah?

Wajah Pendidikan di Indonesia


Lebih miris lagi untuk kaum perempuan. Para orang tua tidak mau menyekolahkan anak perempuan mereka karena mereka pikir meskipun sekolah tinggi ujung-ujungnya setelah lulus, bukannya mencari pekerjaan yang layak, tapi langsung menikah.

Pola pikir seperti inilah yang semestinya dibenahi. Kalau terus menerus mengikuti orang-orang jaman dulu, kapan kita akan maju. Di era modern seperti sekarang ini, di mana teknologi canggih berkembang dan semua serba maju, masa iya kita mau jalan di tempat dan bahkan mengalami kemunduran?

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia


Indonesia harus segera bangkit dari situasi ini. Walau bagaimanapun, kita harus tetap mendukung pendidikan demi kecerdasan anak bangsa. Mari membantu kemajuan negara kita, dimulai dari diri sendiri. Tetaplah merasa bodoh dan haus ilmu, dengan begitu kita akan dituntut untuk terus belajar.

Sudahkah kamu belajar hari ini?

BBB GROUP
Sumber : tulisan TS
Ilustrasi : pixabay
profile-picture
profile-picture
profile-picture
erina79purba dan 31 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syafetri dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh YenieSue0101
Tetaplah merasa bodoh dan terus belajar! emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syafetri dan 2 lainnya memberi reputasi
eaaa ... udh jadi ajah emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Mari Menuntut ilmu setinggi-tingginya!
emoticon-Merdekaemoticon-Merdeka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syafetri dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ah elah, pejwan diserobot dah
profile-picture
Cahayahalimah memberi reputasi
Quote:


Wkwk ... ya mangap emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Gercep amat, belom juga disuruh mampir. Ah elah emoticon-Leh Uga
Quote:


Quote:


Garcep banget, mantap deh otaknya tsemoticon-Kiss
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Quote:


Horee dapat pejwan, yg netijen aja blm bikin nih sis
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:

Mumpung ada ide. Kalo gak segera dieksekusi, nanti diserobot tetangga emoticon-Leh Uga

Quote:

Aku udah bikin juga yg itu. Tinggal cerpen pramuka yang belom
siip, pendidikan itu penting
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
keren, pertamax. aku belum mulai nulis. lagi masak sambil nyuci baju😭
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:

Iya, penting demi menciptakan generasi cermas emoticon-Angel

Quote:


Masih banyak waktu. Santai aja emoticon-Jempol
Quote:


Ilmu bisa didapat dari mana aja, selagi kita mau dan mampu mencernanya😊
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Mantapp, Mbak. Tulisannya kok keren banget sih☺☺
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:

Yup, ilmu bisa berasal dari pengalaman juga emoticon-Jempol

Quote:


Makasih udah mampir. Yuk bikin emoticon-Jempol
Huaaaaa aye jadi sedih kalo tentang pendidikan kakak...huaaaaa
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan YenieSue0101 memberi reputasi
Quote:


Cup cup cup, jangan sedih dong. Kamu pasti teringat anak2 mu kan emoticon-Jempol
Sudah dunk.
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
ya, saya sudah belajar hari ini dengan membaca trid kamu ini. emoticon-Big Grin
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di