alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Elite PAN Usul Ada 10 Jabatan Pimpinan MPR, Syamsuddin: Menyedihkan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5110c3337f9338881d2b9b/elite-pan-usul-ada-10-jabatan-pimpinan-mpr-syamsuddin-menyedihkan

Elite PAN Usul Ada 10 Jabatan Pimpinan MPR, Syamsuddin: Menyedihkan

Elite PAN Usul Ada 10 Jabatan Pimpinan MPR, Syamsuddin: Menyedihkan
Peneliti Senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris. | AKURAT.CO/Khalishah Salsabilah

AKURAT.CO Pakar politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Syamsuddin Haris melalui akun Twitter @sy_haris menilai usulan elite Partai Amanat Nasional agar kursi pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat ditambah menjadi 10 orang tidak masuk akal. Menurut dia justru usulan itu menunjukkan sisi negatif politisi Senayan.
"Meskipun sekadar usul, wacana para politisi tentang pimpinan MPR' class='related-tag'>MPR sudah tidak masuk akal. Usul PAN ini contohnya, agar ada 10 jabatan pimpinan MPR' class='related-tag'>MPR. Tampak sekali bahwa motif mereka hanya bagi-bagi kekuasaan agar bisa turut menikmati fasilitas jabatan pimpinan. Menyedihkan," kata Syamsuddin Haris.
Usulan itu datang dari Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Partaoanan Daulay bahwa agar kursi pimpinan MPR' class='related-tag'>MPR berjumlah 10, terdiri dari sembilan berasal dari fraksi dan satu orang mewakili kelompok DPD.

Baca Juga:

Elite Usul Ketua MPR 10 Orang, Yunarto: Sekalian Aja Presiden Kalian Bikin 10 Biar Gak Ribut?
PAN Usul Pimpinan MPR 10 Orang, Syamsuddin Haris: Motif Mereka Hanya Bagi-Bagi Kekuasaan
Syamsuddin: Saya Sudah Lapor Polisi, Tapi Si Penipu Masih Cari Korban Dengan Akun WA Saya



"MPR' class='related-tag'>MPR harus dijadikan sebagai lembaga politik kebangsaan dimana semua fraksi dan kelompok menyatu. Di MPR' class='related-tag'>MPR mestinya tidak ada koalisi dan oposisi, tetapi justru yang perlu ditekankan adalah NKRI," kata Saleh di Jakarta, hari ini.
Dia mengusulkan komposisi pimpinan MPR' class='related-tag'>MPR itu berasal dari semua fraksi yang ada ditambah dengan perwakilan kelompok DPD.
Menurut dia sebagaimana ditulis Antara, musyawarah mufakat adalah perwujudan demokrasi Pancasila, itu yang perlu diaktualisasikan lagi saat ini, diharapkan rekonsiliasi kebangsaan yang diinginkan semua pihak bisa terealisasi.
"Kalau respon ini bisa diterima, berarti tidak perlu lagi ramai-ramai memperebutkan kursi pimpinan MPR' class='related-tag'>MPR. Paling menentukan ketuanya saja yang perlu dimusyawarahkan dan semua terakomodir," ujarnya.

Namun Saleh mengatakan Fraksi PAN belum mengomunikasikan usulan tersebut kepada semua fraksi di MPR' class='related-tag'>MPR karena masih wacana awal dan juga untuk menanggapi pernyataan Ahmad Basarah yang menginginkan agar ada unsur Koalisi Indonesia Kerja dan Koalisi adil Makmur dalam pimpinan MPR' class='related-tag'>MPR.

Dia mengatakan terkait politik akomodatif di MPR' class='related-tag'>MPR, selama ini semua fraksi tidak pernah mempersoalkan, buktinya dalam proses pemilihan pimpinan MPR' class='related-tag'>MPR, selalu ada unsur yang mewakili DPD.

"Bukankah itu wujud politik akomodatif yang sudah dilaksanakan selama ini," katanya.

Menurut dia, di dalam draf perubahan tatib MPR' class='related-tag'>MPR RI yang ada, jelas disebutkan bahwa setiap paket pimpinan MPR' class='related-tag'>MPR harus ada unsur DPD, kalau ada tiga paket, berarti ada 3 orang unsur DPD.

Hal itu menurut dia jelas sekali sebagai bagian dari politik akomodatif, dan itu hal biasa dan sudah berlangsung di MPR' class='related-tag'>MPR selama ini. []





Sumber

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Ketua MPR terakhir bukan dari PAN ya
Elite PAN Usul Ada 10 Jabatan Pimpinan MPR, Syamsuddin: Menyedihkan


Politisinya kelas becak produknya jg becak ....emoticon-Wkwkwk
Lihat 3 balasan
Memperihatinkan
Perbaiki dlu gan
Quote:


sudah terwakili deh cacian ane emoticon-Leh Uga
Balasan post smogal
iya tapi kemunkinan besar kena ganti karena beda koalisi di pemilu
partaik kalah aje banyak bener minta nya , urus aja si mien rasis itu emoticon-Cape d...
profile-picture
mansion_999 memberi reputasi
PAN, gaya mainnya makin jorok kalo ga bisa dibilang dungu. Mengingat Taufik Kurniawan si wakil ketua DPR dari PAN yang kena tipikor, seharusnya mereka ga punya wewenang menduduki jabatan apapun di kepengurusan DPR/MPR periode depan.
profile-picture
mansion_999 memberi reputasi
Partai "Allah" jadi koalisi ama partai setan gak?
Balasan post kakeksaya
@kakeksaya
Udh pasti kudu d ganti. PAN ,gerindra ,sm PKS bs duduk jd ketua MPR dan DPR periode 2014-2019 krn hasil rampok undand2 MD3....... Skrng koalisi pendukung jokowi udh antisipasi kelicikan lain dr oposisi makanya mereka akan solid
Balasan post smogal
@smogal

makanya PAN minta endors jumlah pimpinan MPR supaya dapet jatah


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di