alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Solidaritas Sosial dan Persaudaraan, Nilai Utama Idul Adha
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d51068309b5ca45470c06c2/solidaritas-sosial-dan-persaudaraan-nilai-utama-idul-adha

Solidaritas Sosial dan Persaudaraan, Nilai Utama Idul Adha

Solidaritas Sosial dan Persaudaraan, Nilai Utama Idul AdhaBanyak makna yang bisa digali dari momentum Hari Raya Idul Adha. Diantaranya yang utama terkait dengan solidaritas  sosial dan persatuan. 

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau umat Islam menjadikan hari raya ini sebagai momentum untuk membangun solidaritas sosial. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Wakil Ketua MUI, Zainut Tauhid Saadi.

Ia mengajak umat Islam untuk menjadikan Hari Raya Idul Adha sebagai jalan untuk memperkuat dan mengokohkan kembali ikatan ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Muslim), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sebangsa), dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan manusia).

MUI juga mengimbau kepada umat Islam yang memiliki kelapangan rezeki agar melaksanakan ibadah kurban untuk memberikan kegembiraan kepada saudara-saudara kita yang kekurangan.

Semangat berkurban harus dilandasi dengan nilai-nilai keihlasan, cinta kasih dan persaudaraan.

Selain itu, khatib shalat ldul Adha juga sebaiknya menyampaikan pesan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dengan mengambil hikmah pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Serta, menjauhkan diri dari fitnah, adu domba dan ujaran kebencian.

Dengan semangat seperti di atas, momentum Idul Adha diyakini dapat menjadi ajang untuk merekatkan kembali persaudaraan kita.

Inilah tujuan mulia dari ritual ibadah berqurban. Semoga kita dapat menjalankannya.
Diubah oleh freedomzz
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Cuih makan tuh solidaritas


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di