alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Butuh saran, baiknya atur gaji bagaimana
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50ece428c9917a1f3e7a61/butuh-saran-baiknya-atur-gaji-bagaimana

Butuh saran, baiknya atur gaji bagaimana

Dear Agan dan Sista

Selamat siang, semoga selalu sehat dan bahagia.
Ane mau minta pendapat atau pandangan nih, mengenai cara mengatur gaji. Mohon maaf kalau salah kamar, tapi mengingat di sini tentunya banyak yang sudah berfamily, tandanya secara pengalaman mungkin akan membantu ane dalam mengalokasikan gaji bagaimana.

Ane seorang karyawan swasta (F) yang sudah tetap di salah satu perusahaan otomotif. gaji ane alhamdulillah gan, hanya saja, ane bingung kenapa kadang gaji lumayan tapi suka habis gak jelas.
ane udah gak punya cicilan apa-apa, selain kasih orang tua uang bulanan. nah sisanya kadang uang ane suka kena pinjem sodara-sodara tiap bulannya.
Sekarang ane sudah punya tanah dan juga motor. ane berencana ingin beli mobil, tapi dari segi benefit, rasanya kurang ada. karena ane biasa bepergian sendiri dan lebih suka naik angkutan umum dan juga tidak pernah punya keberanian bawa kendaraan sndri. punya motor, tapi gak pernah berani bawa sendiri. ingin punya mobil, tapi gak bisa bawanya emoticon-Big Grin

Ane berencana mau ajukan KPR, kan lumayan yah cicil 10 th bisa dapat rumah tanpa terasa.
Tpi mikir lagi, ane cewek, nanti kalo udah punya laki, rumahnya ditinggal? jadi agak bingung.
tapi disatu sisi, ane suka bayangin, kalo nanti gak nikah, masa dirumah orang tua terus.
kira-kira, baiknya invetasikan gaji kemana yah?
Mending mobil atau ajukan KPR gan?

Sebenernya ingin buka usaha berupa warkop gt, tapi bingung mulai dari mana, emoticon-Big Grin
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Klo ane si dulu dalam bentuk deposito dulu aja. Low risk low gain. Nanti pas nikah, baru uang itu dipake buat persiapan dp rumah dan sisanya buat resepsi.

Kenapa ga beli rumah dulu? Emang yakin rumah itu yg bakal ditinggali? Ribet.. apalagi klo rumahnya belum lunas, tp kita harus nyari rumah lain yg lebih cocok lokasi dgn tempat kerja. Jd beban finansial jg klo misalnua tiba2 memutuskan utk resign demi anak.

Kenapa ga mobil? Harga mobil makin turun. Kecuali emang urgent pake mobil. Kayak ane skrng posisi wajib pake mobil krn bs hemat durasi pulang 2 jam dan itu penting banget biar ane lebih lama ketemu anak ane. Klo dulu pas single ya ngangkot aja, ga ada urgensi kenapa harus pulang cepet.

So berdasarkan pengalaman ane, ane deposito aja sebelum nikah no kpr no mobil.
profile-picture
mesashetra memberi reputasi
saham kak... pilih saham yg bagus bluechip, saran ane BCA, BRI , refrensi bisa tonton YouTube..
Investasi aja, banyak jenisnya, ada deposito, emas, saham, even cicil rumah atau apartemen pun juga invest, walau gak kamu tinggalin bisa kamu sewain. Dulu ane pilih deposito sebagai investasi waktu single (sekarang masih). Pilih yang sesuai kemampuan kamu, diluar biaya hidup dan tabungan kamu, minimal investasi sekitar 10-20% dari pendapatan km. Sukses ya!
mending saham sih..
rumah pakai kpr itu gak bisa juga disebut investasi kalau kenaika harga rumah bunga ke bank..
adanya makin sakit hati ama bank.. wkwkkw
Ane share yang ane lakuin waktu single.
1. Bingung uang kemana? Ya catet aja setiap pemasukan dan pengeluaran.. zaman now banyak app buat itu, jadi kagak mungkin lupa.. catet pemasukan sekian, pengeluaran bahkan yang kecil kayak beli permen atau kopi juga catet. bisa jadi itu latte factor keuangan nya sis(googling latte factor). Catet dan review tiap dua minggu dan atau tiap akhir bulan.
Liat duit ilang kemana..
Lanjut bikin pos pos uang dan bisa hemat dimana aja..

2. Belajar investasi rutin dan di depan setelah gajian.. pertama susah, ya pertama bisa tabungan berjangka dulu, jadi dipaksa hemat..atau kalau zaman now masukin aja reksadana pasar uang (low risk better return dari deposito) minimum juga kecil dan bisa rutin(cari yang tanpa biaya) tapi reksadana pasar uang memang tanpa biaya sih. Emas bisa jadi backup juga kalau suka.

3. Mulai baca2 dan belajar investasi, mulai bandingin pengelola reksadana (manager investasi) baca jenis2 investasi reksadana dll..
Kalau sudah mengerti dan terbiasa, mulai masuk ke investasi yang lebih high return tapi minimal or medium risk (carannya biar minimal ya dipelajari lagi apa itu investasi nya).

4. DO IT dilakukan jangan cuma baca, wacana dan nanya nanya aja. Ini yang sering berat nih. Banyakan orang cuma nanya terus baca dan jadi wacana.. kagak dilakukan..

Saran buat TS.
1. No mobil kalau kagak perlu..

2. Pertimbangkan kumpulkan dana darurat dulu (5 kali gaji bulanan buat single)

3. Rumah, bisa dipertimbangkan, kalau memang merasa tidak bisa investasi di yang lain.. dan setelah dana darurat dll tercapai..

4. Asuransi kesehatan (asuransi jiwa bila belum ada yang bergantung dengan TS ya kagak perlu, bahasa kasar nya kalau TS mati, ada orang yang kehilangan penghasilan kagak? Dan kagak bisa makan?)
Kalau anti product asuransi, gedein dana darurat ( 24 kali gaji kalau single)

5. Masih single baca2 lagi tentang keuangan, apalagi nanti nya bakal jadi pengelola keuangan keluarga. Single aja gaji abis terus apalagi menikah. Gawat red alert itu.
Waktu Saya Single, 60% pendapatan ke investasi, Waktu Saya nikah 40% pendapatan ke investasi,
Waktu punya anak, bekurang lagi, ini masih dihitung, semoga bisa 30%

Cheers selama belajar dan berusaha

Diubah oleh blacklotuscorp
Investasi yg cocok apa itu sangat tergantung sama goalnya apa.

Kalau tujuannya biar uang ga habis2 nggak jelas, saranku taro di saham aja. Nanti kalau nilainya udah cukup, beliin tanah atau kontrakan yg udah jadi. Bisa disewain. Toh kamu masih tinggal sama ortu kan, belum butuh2 banget beli rumah.

Mobil itu ngerawatnya butuh duit banyak, pajak, BBM, ganti oli, dll. Apalagi kalo kamu/ papa kamu nggak ngerti mobil, ribet kalo ada apa2.

Kalau mau yg nggak cape mikir, beli aja Surat utang pemerintah, imbalannya lebih gede daripada deposito.

surat utang pemerintah itu apa y gan ?
Lihat 1 balasan
Balasan post oemahsehat68
Surat utangnya pemerintah, sederhananya, anggap kayak kamu ngutangin pemerintah. Ada bunga dan jatuh temponya. Produknya beda2 namanya, bunga dan masa jatuh temponya juga beda2. Hubungi bank2 atau perusahaan2 finansial kalau mau tau detilnya. Pastikan beli dari bank/perusahaan2 yg legal.

Di depositoin bulanan auto roll over aja gan lumayan sekarang di 6,75% p.a. dipotong pajak 20%, ane pake je*ius. Lumayan bunganya bisa buat bensin, pulsa, ma listrik.
Kalo mau sedikit lebih cuannya beli ya beli surat utang pemerintah aja tuh ST005 bunga 7,40% p.a. pajak cuman 15%.

Jangan rumah gan, kurang liquid dan ini properti lagi slow down. Ane aja nyesel beli rumah pas baru2 masuk kerja emoticon-Ngacir
Quote:



Oooo
Bunganya itu per tahun kah gan ?
Lihat 1 balasan
Balasan post oemahsehat68
Iya rate bunganya dikali 365 hari, kalo bunganya bisa cair bulanan, kalo ane bulanan sih lebih praktis buat bayar2.


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di