alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Polemik Jonan perihal PLN
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50d8b0af7e931612617d80/polemik-jonan-perihal-pln

Polemik Jonan perihal PLN

Mati lampu yang terjadi beberapa hari lalu memang menimbulkan banyak pertanyaan. Selain karena penyebab pastinya yang belum jelas, pertanyaan juga muncul terkait siapa yang harus bertanggung jawab terhadap salah satu mati lampu alias blackout paling buruk dalam sejarah ini.

Menteri BUMN Rini Soemarno memang menjadi salah satu pihak yang ditunjuk hidungnya terkait kondisi tersebut. Rini – yang tengah berada di Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji – memang menjadi penanggungjawab utama terkait apa yang terjadi, setidaknya menilik dari fakta bahwa PLN sebagai perusahaan penyedia listrik berada di bawah Kementerian BUMN.

Namun, beberapa pihak justru ikut menyoroti institusi lain, yaitu Kementerian ESDM, yang disebut-sebut punya andil dan tanggung jawab juga dalam urusan ketenagalistrikan di Indonesia.

Menteri ESDM Ignasius Jonan memang menjadi salah satu tokoh yang hadir kala Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambangi Kantor Pusat PLN pasca mati lampu. Namun, Jonan menolak ikut dipersalahkan dalam masalah ini. Ia malah meminta masyarakat melayangkan gugatan pada PLN atas kerugian-kerugian yang diderita.

Tidak ada yang salah dari hal tersebut karena PLN memang harus bertanggung jawab.

Namun, konteksnya menjadi semakin rumit ketika mantan menteri BUMN Dahlan Iskan dalam blog pribadinya, menulis tentang pohon Sengon yang disebut-sebut sebagai penyebab terjadinya mati lampu di hampir separuh Pulau Jawa ini.

Dahlan secara khusus mempertanyakan fungsi patroli terhadap Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) yang disebut-sebut terganggu karena keberadaan pohon sebagai penyebab utama putusnya aliran listrik ke beberapa wilayah di Pulau Jawa. Jika pohon Sengon menjadi penyebabnya, maka ada fungsi pengawasan yang tidak dijalankan dalam kasus ini.

Hasil investigasi sementara yang dilakukan oleh pihak kepolisian memang menyebutkan bahwa kondisi pepohonan menjadi penyebab putusnya aliran listrik tersebut. Dahlan Iskan juga menyinggung fungsi pengawasan terhadap PLN tersebut, terutama terhadap Right of Way (ROW) aliran listrik yang punya hubungan erat dengan Kementerian ESDM.Pasalnya ROW diatur dalam peraturan Menteri ESDM, yaitu Permen Nomor 18 tahun 2015 tentang Ruang Bebas dan Jarak Bebas Minimum. ROW ini tentu saja punya hubungan dengan keberadaan hambatan di jaringan kelistrikan karena mengatur jarak bebas minimum secara vertikal dan horizontal dari SUTET.

Artinya, sikap lepas tangan Menteri Jonan boleh jadi kurang tepat karena konteks pengawasan terhadap jaringan kelistrikan juga menjadi tugas pokok Kementerian ESDM. Konteks ini membuat beberapa pihak menyebut Jonan juga layak disorot.

Lebih jauh, banyak yang juga menyorot kiprah sang menteri dalam konteks kekuasaannya di periode kedua kekuasaan Jokowi nanti.

Dengan kuatnya wacana kumpul kebo alias kumbo politik antara Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, serta adanya dugaan bahwa posisi Menteri ESDM masuk dalam deal-deal politik yang terjadi, pertanyaannya adalah akankah Jonan menjadi salah satu menteri yang diganti atau akan dipertahankan?


Selengkapnya dalam artikel yang berjudul "PLN Bermasalah, Polemik Jonan?" di Pinterpolitik.com

Sumber: Pinterpolitik.com
Instagram: @pinterpolitik
Twitter: @pinterpolitik
Instagram: @coretanpolitik
LINE OA: @pinterpolitik
YouTube: Pinter Politik
Instagram: @sobat_pinterpolitikdotcom
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kita tunggu saja tanggal maennya
Kita lihat aja nanti setelah pelantikan presiden
Ibu Rini sekarang sudah Hijrah. Lebih mendekatkan diri ke sorga. Jonan jgn macem macem ya
mending jonan drpd rini


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di