alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Anies desak DPRD segera pilih wagub DKI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50af4f9a972e3da12c5f4f/anies-desak-dprd-segera-pilih-wagub-dki

Anies desak DPRD segera pilih wagub DKI

Anies desak DPRD segera pilih wagub DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) meninjau titik banjir yang bersebelahan dengan proyek LRT di Underpass Cawang, Jakarta, Kamis (4/4/2019).
Anies Baswedan akhirnya berkomentar keras terkait pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta yang tak kunjung selesai. Gubernur DKI itu, Minggu (11/8/2019), menegaskan bahwa Panitia Khusus (Pansus) DPRD Jakarta akan tercatat dalam sejarah sebagai Pansus yang gagal dalam melaksanakan tugasnya.

Pansus yang dimaksud Anies adalah yang bertugas menyelesaikan draf tata tertib (tatib) pemilihan wakil gubernur. Namun, sampai saat ini, draf tatib tidak berjalan atau mentok karena belum digelar rapat pimpinan gabungan (rapimgab).

Anggota DPRD yang lain, menurut Anies, tengah menunggu hasil kerja Pansus tersebut. Dia mengatakan ketiadaan wakil gubernur membuatnya harus bekerja ekstra mengatur jadwal dan menghadiri berbagai acara kedinasan.

"Acara- acara itu banyak sekali, badannya cuma satu, acaranya banyak. Sehingga sebagian tugas-tugas protokoler kalau ada wakil bisa berbagi, tapi sekarang semua harus dijalani sendiri," kata Anies, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dikutip Liputan6.com, Minggu (11/8).

Oleh karena itulah ia meminta Pansus DPRD DKI dapat segera menjalankan tugasnya mencari orang yang tepat untuk menjadi wakil gubernur DKI.

Menurut Anies, proses pemilihan wakil gubernur DKI ditentukan Pansus. Dia berharap sidang bisa segera digelar lantaran masa kerja anggota DPRD periode 2014-2019 akan segera habis.

"Pansusnya selesaikan tugasnya, dengan begitu maka kita berharap segera ada sidang. Ini bulan terakhir bagi Dewan. Jadi bolanya ada di Pansus. Pansus supaya tuntaskan segera," tandas Anies, dinukil Merdeka.com.

Menanggapi Anies, pansus menyatakan telah menyelesaikan pekerjaan mereka dalam proses pemilihan wagub Jakarta.

Wakil Ketua Pansus Tatib Pemilihan Wagub DKI Jakarta, Bestari Barus menegaskan, mereka telah menyelesaikan tugas dan proses pemilihan wagub DKI Jakarta sepenuhnya menunggu jadwal rapat pimpinan gabungan (rapimgab).

"Dan kalau ranah rapimgab (rapat pimpinan gabungan) itu bukan di Pansus. Pansus tidak bisa mengagendakan rapimgab. Yang mengagendakan rapimgab itu pimpinan," tutur Bestari kepada CNNIndonesia.com, Minggu (11/8).

Anies, lanjutnya, seharusnya bisa memanfaatkan kekosongan posisi wagub itu untuk menjadi pahlawan dengan menawarkan solusi yang inovatif untuk menyelesaikan permasalahan Ibu Kota yang sangat kompleks.

Bestari tak yakin wagub baru akan terpilih pada masa kerja DPRD kali ini. Pasalnya DPRD periode 2019-2024 akan dilantik pada 26 Agustus nanti.

"Sepertinya sangat sempit waktunya. Kemungkinan besar di periode yang akan datang," tukas Bestari.

Kursi wagub Jakarta telah kosong sejak 10 Agustus 2018, ketika Sandiaga Salahudin Uno resmi mundur untuk menjadi calon wakil presiden mendampingi calon presiden Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2019.

Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sempat berdebat mengenai siapa yang paling berhak memilih pengganti Sandiaga. Pasalnya, Sandiaga adalah kader Gerindra, sementara Anies bukan anggota kedua partai tersebut.

Akhirnya Gerindra merelakan kursi wagub kepada PKS dan partai berbasis Islam itu telah menentukan dua calon--Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Akan tetapi, seperti telah disebutkan sebelumnya, rapimgab untuk memilih salah satu dari dua politikus itu tak jua terlaksana.
PKS merasa dihalangi
Nasir Djamil, politikus PKS, menduga ada kekuatan besar yang menghalangi pihaknya untuk mengisi kekosongan kursi wagub.

"Sepertinya ada upaya untuk membolak-balikan sesuatu yang sudah diatur, sesuatu yang sudah disepakati," ujar dia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/8), dikutip Tirto.id.

Ia mengatakan, tampaknya ada satu kepentingan dari pihak yang punya wewenang untuk menghambat penempatan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang seharusnya menjadi hak PKS. Padahal, sejak awal telah disepakati kursi DKI 2 itu milik PKS.

"Seperti ada kekuatan untuk menghalang-halangi PKS menjadi wagub dampingi Anies," terang dia.

Walau demikian, Nasir enggan menuduh siapa pihak yang menghalangi PKS menduduki kursi wagub. "Kenapa hal yang sudah tersusun rapi tadi diberantakan. Ini yang kita khawatirkan, karena kalau terus terjadi akan merusak harmonisasi yang selama ini sudah terbangun di DPRD DKI," ujarnya.

Nasir berharap, permasalahan yang menghambat bisa dihilangkan agar proses pengisian posisi wagub lancar. Kemudian, pengurus PKS di DKI bisa berusaha membangun komunikasi politik yang ada di DPRD DKI.
Anies desak DPRD segera pilih wagub DKI


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ilih-wagub-dki

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Anies desak DPRD segera pilih wagub DKI Harga saham LQ45 sebagian besar turun

- Anies desak DPRD segera pilih wagub DKI BMKG: Jembrana diguncang gempa M 5,0

- Anies desak DPRD segera pilih wagub DKI Infografik: Panduan merah putih dan bendera si miskin

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di