alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d50a57f9a972e601043750d/5-fakta-cumi-cumi-kolosal-makhluk-misterius-terbesar-di-antartika

5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika

5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika

Cumi- cumi kolosal atau dikenal dengan nama ilmiah mesonychoteuthis hamiltoni merupakan jenis cumi-cumi terbesar yang ada di bumi. Makhluk misterius ini termasuk invertebrata terbesar yang dikenal manusia.

Dilansir laman World Atlas, belum ada spesies hidup yang pernah terlihat secara langsung, namun dipercaya hidup dan menghuni Antartika. Kemampuannya untuk bertahan hidup dan bereproduksi disesuaikan dengan lingkungan yang bercuaca ekstrem. Berikut fakta tentang cumi-cumi kolosal yang perlu kamu ketahui. 


1. Bentuk fisik yang besar
5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika
Cumi-cumi kolosal memiliki bentuk yang mirip dengan jenis cumi-cumi pada umumnya. Perbedaannya terletak pada mantel yang lebih besar dan tentakel yang lebih pendek. Tubuh cumi-cumi kolosal lebih luas dan memiliki bobot tubuh yang berat. Menurut laman Squid World, tungkai dan tentakel mereka panjang dan memiliki kait tajam di ujungnya.

Panjangnya bisa mencapai 14 m dan berat mencapai 500 kg. Jika diukur dari spesies yang telah mati, mata cumi-cumi raksasa memecahkan rekor dengan diameter 28 cm.

Bahkan, perkiraan diameter mata lebih besar hingga mencapai 30-41 cm. Keterangan lebih teliti mengenai cumi-cumi ini belum jelas. Hal ini karena tidak ada spesies hidup yang terlihat secara langsung. 


2. Habitat bagi cumi-cumi kolosal
5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika
Cumi-cumi ini dikenal dengan cumi-cumi antartika yang hidup di perairan dingin Samudra Selatan. Cumi-cumi ini terlihat di perairan bagian selatan Selandia Baru, Afrika Selatan, dan Amerika Selatan.

Juvenile colossal dapat berenang hingga kedalaman sekitar 1 km, sementara cumi-cumi dewasa bisa mencapai 2 km di bawah permukaan laut. Paus Sperma adalah predator alami yang mengancam spesies cumi-cumi ini.

Dalam sebuah catatan para ilmuwan, paruh dan tentakel cumi-cumi kolosal pernah ditemukan dalam perut paus sperma. Ditemukan pula luka pada paus sperma yang bentuknya cocok dengan kait pada tentakel cumi-cumi kolosal. Predator lain yang mengancam habitat mereka, antara lain anjing laut, paus paruh, elang laut, dan hiu. 


3. Predator penyergap mangsa
5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika
Sementara, terdapat sedikit pengamatan yang bisa dilakukan pada cumi-cumi kolosal. Mereka dianggap sebagai soliter yang bergerak secara perlahan di dalam air. Dilihat dari cara mereka bergerak, dipastikan bahwa cumi-cumi ini termasuk dalam predator penyergap yang mempertahankan posisi saat menyergap mangsanya.

Setelah mangsa siap untuk diserang, paruh besar digunakan untuk menyergap mangsa. Cumi-cumi kolosal yang bertubuh besar bertahan hidup dengan memangsa ikan-ikan besar, seperti ikan gigi patagonian. Selain itu, kemungkinan cumi-cumi ini memangsa cumi-cumi lain yang lebih kecil. 


4. Reproduksi secara seksual
5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika
Sejauh ini, proses reproduksi pada cumi-cumi kolosal tidak pernah diamati dan dicatat. Menurut para ilmuwan, cumi-cumi ini termasuk dalam hewan dimorfik secara seksual, dengan betina lebih besar dibandingkan dengan jantan.

Cumi-cumi jantan memiliki penis yang digunakan untuk reproduksi. Untuk proses pembuahan, tidak diteliti secara pasti. Jika dikaitkan dengan cumi-cumi raksasa lainnya, cumi-cumi ini bisa disamakan dengan proses reproduksi cumi-cumi lain, yaitu bertelur. 


5. Predator besar lautan Antartika dan Pasifik
5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika
Cumi-cumi raksasa adalah predator besar laut dengan panjang dan tentakel yang berbeda dengan cumi-cumi lain. Menurut laman Squid World, kulit cumi-cumi ini berwarna kemerahan. Lautan dalam di Antartika dan Pasifik Barat Daya di Selandia Baru menjadi tempat ditemukannya cumi-cumi kolosal.

Nah, fakta mengenai cumi-cumi kolosal yang hidup di Antartika ini menarik untuk diketahui. Kehidupan hewan laut yang menempati habitat dengan iklim terdingin di dunia membuatnya berbeda dengan jenis cumi-cumi lainnya. Semoga, suatu hari nanti, kita bisa mengungkap keberadaannya lebih jauh, ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika Jadi Hewan Kurban! 6 Fakta Unik Kambing yang Belum Banyak Orang Tahu

- 5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika 7 Hewan yang Bisa Berpura-pura Mati, Jago Akting dan Unik Banget!

- 5 Fakta Cumi-cumi Kolosal, Makhluk Misterius Terbesar di Antartika 5 Jenis Cacing Terunik, Ada yang Jadi Pemegang Rekor Dunia

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di