alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kesucian Sapi Dalam Agama Hindu dan Inilah Alasan Mengapa Sapi Dilarang Untuk Dimakan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d509e9b2f568d65142d61ee/kesucian-sapi-dalam-agama-hindu-dan-inilah-alasan-mengapa-sapi-dilarang-untuk-dimakan

Kesucian Sapi Dalam Agama Hindu dan Inilah Alasan Mengapa Sapi Dilarang Untuk Dimakan

Kesucian Sapi Dalam Agama Hindu dan Inilah Alasan Mengapa Sapi Dilarang Untuk Dimakan

Jakarta - Berdasarkan peradaban Veda, sapi merupakan binatang yang sangat di sakralkan. Diuraikan bahwa sapi merupakan lambang dari ibu pertiwi yang memberikan kesejahteraan kepada semua makhluk hidup di bumi ini. Karena itulah para umat manusia diajarkan untuk tidak menyemblih dan memakan daging sapi.

Selain mempunyai manfaat di dalam kehidupan rohani, sapi juga memelihara kita di dalam kehidupan material kita seperti misalnya dengan memberikan susu sapi dan berbagai produk susu. Sapi juga membantu para petani di dalam berbagai hal. Sapi jantan di gunakan untuk membajak dan kotoran sapi digunakan untuk pupuk.

Sri Krsna sendiri yang muncul ke dunia material ini memberikan contoh kepada kita semua untuk menghormati sapi.

Beliau bahkan lebih mementingkan sapi dari semua makhluk hidup lainya termasuk para brahmana. Seperti diuraikan di dalam sastra.

Di vrndavan, ketika mereka memasak roti (capati), roti pertama akan diberikan kepada sapi karena mereka mengangap bahwa krsna hanya akan menerima persembahan kalau mereka memuaskan sapi-sapi dan para brahmana. kemudian roti kedua di berikan kepada orang suci yan kebetulan lewat di daerah desa tersebut dan roti lainnya, di persembahkan kepada Sri Krsna.

Ada beberapa penjelasan yang menjadi dasar mengapa orang Hindu tidak memakan daging sapi, yang pasti konsep utamanya adalah karena orang-orang Hindu menganggap sapi sebagai hewan yang mulia dan suci.


1. Dalam kitab Niti Sastra bagian Hitopadesa Sloka 39, disebutkan dalam tradisi Hindu dikenal beberapa entitas yang dapat disebut sebagai ibu yang harus kita hormati, yaitu;

Adau-mata guroh patni

Brahmana raja-patnika

Dhenur dhatri tatha prthivi

Saptaita matarah smrtah

Yang memiliki arti kurang lebih seperti ini:

Ketujuh ini dikenal sebagai ibu yaitu: ibu kandung, istri guru (guru kerohanian), istri brahmana (varna-brahmana), istri raja, sapi, perawat dan ibu pertiwi (bumi).

Berdasarkan penjelasan tersebut orang Hindu diminta untuk menghormati 7 macam ibu yang disebutkan, di mana salah satunya adalah sapi. Mungkin penjelasan ini didasarkan pada pemikiran bahwa sapi telah memberikan air susunya kepada kita, sehingga dianggap posisinya sama seperti ibu yang memberikan air susu ibu (ASI).



2. Sapi disucikan atau dimuliakan karena sapi adalah hewan yang telah berjasa besar kepada kita. Selain karena memberikan air susu, Sapi juga kita manfaatkan untuk membajak sawah, kulit Sapi yang mati kita gunakan untuk pakaian, tempat berteduh, dan juga alat kesenian dan kebudayaan.



3. Mereka memilih tidak memakan daging sapi karena sesuai dengan ajaran agama Hindu yang sering disebut Ahimsa, yang artinya tidak membunuh atau menyakiti. Tentu ruang lingkup Ahimsa ini adalah tidak membunuh dan menyakiti semua makhluk ciptaan Tuhan, termasuk kepada Sapi dan semua hewan lainnya. Kebanyakan dari mereka yang menjalani hal ini berarti juga menjalani praktek yang lebih dari sekedar tidak makan Sapi, yaitu Vegetarian.


4. Umat Hindu dilarang memakan daging sapi karena sapi adalah kendaraan Dewa Siwa.


Mungkin masih banyak versi terkait mengapa umat Hindu tidak makan daging sapi. Namun penjelasan tersebut di atas dapat memberikan kita pengetahuan tentang keberadaan sapi sebagai hewan yang disucikan bagi umat Hindu.

http://daerahbali.com/mengapa-umat-h...ini-alasannya/

Kemarin banyak banget sapi yg dibunuh, kenapa ga bunuh kambing aja? emoticon-Frown

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kalo makan kucing baru jadi masalah hehe
majority supreme
kesuciaan sapi dalam agama hindu
umat hindu dilarang makan sapi

kalau di agama samawi juga ada larangan makan daging babi
Kesucian Sapi Dalam Agama Hindu dan Inilah Alasan Mengapa Sapi Dilarang Untuk Dimakan
Agama Samawi ( Abrahamic Religion ) : Jewish ,Christianity,Islam asalnya dari timur tengah
Agama samawi ( Abrahamic religion) larang konsumsi daging babi
Yahudi & Islam tidak makan daging babi
sedangkan kristen masih makan daging babi krn ikut ajaran paulus
Yahudi & Islam masih lakukan penyembelihan hewan secara samawi
sedangkankristen tak lakukan itu krn ikut ajaran paulus


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di