alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
43 Ribu Netizen Tolak KPI Awasi Youtube, Facebook, dan Netflix
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d500c580577a914977843ef/43-ribu-netizen-tolak-kpi-awasi-youtube-facebook-dan-netflix

43 Ribu Netizen Tolak KPI Awasi Youtube, Facebook, dan Netflix

https://bisnis.tempo.co/read/1234360...x/full&view=ok

TEMPO.COJakarta - Empat puluh ribuan netizen tercatat telah menandatangani petisi menolak pengawasan terhadap YouTube, Facebook, dan Netflix oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Petisi yang dibuat oleh warganet bernama Dara Nasuiton dimuat di laman change.org dan telah berkembang viral. Hingga pukul 10 pagi hari ini, Sabtu, 10 Agustus 2019, petisi itu sudah diteken oleh 43.583 warganet.
Dalam penjelasan petisi ini, ada empat hal yang membuat rencana KPI ini dinilai bermasalah. Pertama, karena rencana ini mencederai mandat berdirinya KPI. “Wewenang KPI hanyalah sebatas mengatur penyiaran televisi dan dalam jangkauan spektrum frekuensi radio bukan masuk pada wilayah konten dan media digital,” demikian tertulis dalam penjelasan petisi ini.
Sebab, Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran menyebutkan tujuan KPI adalah untuk mengawasi siaran televisi dan radio yang menggunakan frekuensi publik. Pembuat petisi juga mengutip keterangan dalam laman resmi KPI yang berjudul “KPI Tak Melakukan Sensor dan Pengawasan Media Sosial.”
Alasan kedua yaitu karena KPI bukan lembaga sensor. Dalam UU Penyiaran ini, KPI dinilai tidak memiliki kewenangan melakukan sensor terhadap sebuah tayangan dan melarangnya. KPI hanya berwenang menyusun dan mengawasi pelaksanaan Peraturan dan Pedoman Perilaku Penyiaran serta Standar Program Siaran atau P3SPS.

Alasan ketiga yaitu karena Netflix dan YouTube menjadi alternatif tontonan masyarakat karena kinerja KPI yang buruk dalam mengawasi tayangan televisi. KPI tidak pernah menindak tegas televisi yang menayangkan sinetron dengan adegan-adegan konyol dan tidak mendidik, talkshow yang penuh sandiwara dan sensasional, serta komedi yang saling lempar guyonan kasar dan seksis. 


Alasan keempat yaitu karena Masyarakat membayar untuk mengakses Netflix. Artinya, Netflix adalah barang konsumsi yang bebas digunakan oleh konsumen yang membayar. KPI sebagai lembaga negara tidak perlu mencampuri terlalu dalam pilihan personal warga negaranya. “Rencana KPI mengawasi konten YouTube, Facebook, Netflix, atau sejenisnya jelas bermasalah dan harus ditolak,” tulis pembuat petisi.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPI Agung Suprio mengatakan rencana pengawasan ini tidak muncul tiba -tiba, namun karena adanya pengaduan dari masyarakat soal tayangan media baru seperti Netflix dan YouTube. Pengaduan yang masuk menyangkut hal seperti perlindungan anak, pornografi, hingga kekerasan. “Sehingga kami punya inisiatif itu,” kata Agung saat dihubungi.



cek yang di bold aja emoticon-Ngacir

profile-picture
profile-picture
terranova345 dan balineseryuu memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
"sekedar mengingatkan" emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan fienka memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kalo di awasi gw jd gak bisa liat cat3movies/tintobras lagi cuk
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post rasrobek
Quote:


Nonton cat3movies mesti pakai Netflix ..

Sekedar Tanya mas broo ...
Soalnya kalau tulis www.cat3 ... gak bisa dibuka emoticon-Turut Berduka
profile-picture
rasrobek memberi reputasi
Quote:


Maksudnya ane searching cat3movies diyoutube gan
Lihat 1 balasan
yg 43 ribu warga net itu falingan dari kelomfok ene :

- Maho LGBT dkk
- Pedopile pil koplo
- ABABIL
JONES


dan terakhir warga Glodok dan Gotam City bersama warga Fetamburan ....kehilangan temfat tawuran dan temfat adu bomba dan hoax mereka2 ini


43 Ribu Netizen Tolak KPI Awasi Youtube, Facebook, dan Netflix
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Bukannya netflix diblokir ya sama pemerintah?

emoticon-Bingung

Terus iflix , hooq yang ada kerjasama dengan ntu bumn telekomunikasi ga diprotes juga?

Pilih kasih

emoticon-Busa:
Lihat 3 balasan
ntar kimi hime diblur seluruh body dr ujung rambut sampe ujung kaki emoticon-Wkwkwk
Cari duit aja.
Bodo amat,
Setuju ane mah
Semoga bisa nambah lagi jumlahnya
Balasan post 4nt1.sup3r
Kayaknya cuma t*lkomshit dan in**homo saja yang ngeblokir.
IIRC kakak ane pakai sambungan lain bisa. Ane juga bisa buka situs "terlarang" seperti reddit di kampus.
Balasan post lupineprince
Quote:


@lupineprince
ajarin dong gann...


pake aplikasi apaan gitu
Balasan post tukangkredit
@tukangkredit Nggak pakai appli apapun. Langganan saja saluran lain. IIRC keluarga di Jkt pakai NEX Media. Di sini paling reddit cuma buka di kampus.
Ketua KPI Agung Suprio mengatakan rencana pengawasan ini tidak muncul tiba -tiba, namun karena adanya pengaduan dari masyarakat soal tayangan media baru seperti Netflix dan YouTube. Pengaduan yang masuk menyangkut hal seperti perlindungan anak, pornografi, hingga kekerasan. “Sehingga kami punya inisiatif itu,” kata Agung saat dihubungi.

You gotta be sh*ting on me

YouTube okelah, krn blum ada sistem yg mumpuni utk menangkal pengguna di bawah umur utk mengakses video yg nyeleneh(bahkan di FB uda ada) kecuali setiap konten yg onoh dikenai bayaran, tp apa mau YouTube kehilangan pasar.

Lah, yg jdi masalah di Netflix, lu harus bayar utk jadi member dan menonton film disono, dan kebanyakan hanya sedikit anak di bawah umur yg ngerti soal Netflix
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan kojojotojo memberi reputasi
kalian mencium persaingan tidak sehat apa engga sih.?

plat merah punya iflix yg notabene saingan netflix..

Apakah plat merah berusaha menekan netflix melalui KPI agar beralih ke iflix.

Alasanya pornograpi..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ontapesek
Youtube akan LEBIH atau SAMA dgn tipi....!!

Industry always Win....Sorry..

emoticon-Ngakak
semoga segera nambah sampai maksimum biar tuh kpi bungkam
Let's be fair here.

KPI mau sensor pakai apaan? Semua yang mereka coba bakal langsung dibantah VPN.
Masih untung KPI nggak jadi santapan Anonymous.
Balasan post whitepoint
Komen wajib sobat gurun
Kurang kerjaan kah..?
Gw aja udah eneg tontonan sampah d tipi!...

Benerin dulu kualitas penyiaran tipi nasional!, Jangan cm bisa CUT, BLUR, tp tak bisa membina!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.Orenji. dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di