alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Sapi Kurban Jokowi di Palembang Jadi Sasaran Swafoto Warga
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4fff8af0bdb2512e27abb8/sapi-kurban-jokowi-di-palembang-jadi-sasaran-swafoto-warga

Sapi Kurban Jokowi di Palembang Jadi Sasaran Swafoto Warga

Sapi Kurban Jokowi di Palembang Jadi Sasaran Swafoto Warga

Palembang, IDN Times - Usai melaksanakan salat Iduladha di Masjid Agung Sultan Mahmud Baddarudin I Jayo Wikramo, Minggu (11/8) pagi, warga Palembang, Sumatera Selatan, tak ingin melewati momen pemotongan hewan kurban Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang beratnya melebihi 1 ton. 

Sebenarnya, ada tiga sapi besar yang menarik perhatian masyarakat yakni hewan kurban atas nama Presiden Jokowi, Gubernur Sumsel Herman Deru, dan Wali Kota Palembang Harnojoyo.

"Waw, alangkah besarnya sapi-sapi itu. Punya siapa aja itu, kak?" tanya warga bernama Tamrin  dengan logat bahasa Palembang, yang turut menyaksikan pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Palembang.


1. Selain Jokowi, Gubernur Sumsel Herman Deru dan Wali Kota Palembang Harnojoyo turut kurban sapi
Sapi Kurban Jokowi di Palembang Jadi Sasaran Swafoto Warga
Pantauan IDN Times di Masjid Agung Sultan Mahmud Baddarudin I Jayo Wikramo, sapi milik Presiden Jokowi yang diserahkan ke pengurus masjid merupakan jenis peranakan Ongole (PO) asli India dengan berat 1,1 ton.

Kemudian sapi milik Gubernur Sumsel merupakan sapi jenis Brahman dengan berat sama, 1,1 ton. Sapi kurban milik Wali Kota Palembang, juga tak jauh beda dengan berat 1 ton. 

"Kami menerima sapi kurban dari Presiden Joko Widodo, Gubernur Sumsel, Wali Kota Palembang, Bank Mandiri Syari'ah, PT Gojek dan salah satu jemaah. Sedangkan untuk kambing ada 23 ekor," ujar Ketua Yayasan Masjid Agung Palembang Sarnubi.


2. Ketiga sapi itu dipegang empat hingga lima orang saat pemotongan
Sapi Kurban Jokowi di Palembang Jadi Sasaran Swafoto Warga
Pengurus Masjid Agung Palembang melakukan pemotongan ketiga sapi besar itu, setelah melaksanakan salat Id. Ketiga sapi itu ditempatkan berdekatan dan dipegang empat hingga lima orang saat pemotongan.

Pemotongan ketiga sapi ini berlangsung hingga pukul 13.00 WIB dan dilanjutkan dengan pembagian daging kurban pada pukul 14.00 WIB.

"Jam dua siang, Insyaallah kita bagikan daging-daging ini. Kita membagikan untuk 1.500 kupon bagi masyarakat sekitar maupun masyarakat yang datang ke masjid ini," kata Sarnubi.


3. Wali Kota Palembang mengajak untuk memaknai Hari Raya Kurban untuk kepentingan masyarakat
Sapi Kurban Jokowi di Palembang Jadi Sasaran Swafoto Warga
Sementara, Wali Kota Palembang Harnojoyo yang menyerahkan secara simbolis sapi miliknya mengatakan, perayaan Hari Raya Kurban harus dimaknai sebagai upaya untuk membangkitkan jiwa sosial dan saling membantu antar sesama.

"Mari kita maknai teladan dari nabi kita. Kita dituntun untuk berjiwa sosial kita, harus berkurban untuk kepentingan orang di sekitar kita. Yang belum bisa berkurban sapi, kita kurbankan tenaga kita demi kepentingan orang lain. Pada prinsipnya, semangat kurban ini agar kita bermanfaat bagi keluarga kita, dan masyarakat," kata dia.


4. Ketiga sapi kurban jadi objek swafoto
Sapi Kurban Jokowi di Palembang Jadi Sasaran Swafoto Warga
Seperti tahun-tahun sebelumnya, sapi-sapi berukuran besar milik para petinggi di Indonesia dan daerah yang disumbangkan untuk Masjid Agung Palembang ini, selalu mengundang perhatian dari masyarakat Palembang 

Tak jarang, warga yang menyaksikan mengabadikan momen ini, mulai dari sebelum pemotongan hingga pembagian daging hewan kurban, menggunakan ponsel pintar mereka.Bahkan, warga pun mengajak sapi besar-besar itu berswafoto hingga sekadar memegangnya.

"Hati-hati lepas, nanti di seruduk sapi kalian," ujar petugas masjid, mengingatkan warga yang menyaksikan pemotongan hewan kurban tersebut.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Sapi Kurban Jokowi di Palembang Jadi Sasaran Swafoto Warga Prabowo Rayakan Iduladha di Hambalang

- Sapi Kurban Jokowi di Palembang Jadi Sasaran Swafoto Warga Anies: Ratusan Hewan Kurban di Jakarta Ditemukan Sakit

- Sapi Kurban Jokowi di Palembang Jadi Sasaran Swafoto Warga Gak Perlu Antre, Istiqlal Antar Daging Kurban Langsung ke Rumah Warga

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di