alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Tiga Kali Sisir Mekah, Semua Jemaah Dipastikan Terangkut ke Arafah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4ff26faf7e93556d4a7348/tiga-kali-sisir-mekah-semua-jemaah-dipastikan-terangkut-ke-arafah

Tiga Kali Sisir Mekah, Semua Jemaah Dipastikan Terangkut ke Arafah

Tiga Kali Sisir Mekah, Semua Jemaah Dipastikan Terangkut ke Arafah

JPP, ARAFAH - Mentari belum lama tergelincir dari ufuk barat bumi Arafah. Secara bertahap jemaah haji pun mulai diberangkatkan menuju Muzdalifah untuk melaksanakan mabit, sebelum kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Mina.

Ingatan saya melayang pada suasana yang terjadi di Kantor Daerah Kerja Mekah, 24 jam yang lalu. Kala itu, saya berpapasan dengan Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Asep Subhana bersama tim baru saja memasuki kantor Daker Mekah.

"Baru pulang sweeping pertama nih. Sudah ada beberapa sektor yang lapor kalau pemberangkatan jemaah ke Arafah telah selesai, jadi kami tim transportasi cross check ke lapangan," ucapnya, Jumat (9/8/2019).

Asep menyampaikan bahwa sekurangnya ada enam dari 11 sektor di Mekah yang melaporkan telah menyelesaikan pemberangkatan jemaah haji sebelum pukul 19.00 waktu Arab Saudi. Sementara Kepala Daerah kerja Mekah Subhan Cholid tampak terus memantau pergerakan jemaah haji dari Mekah ke Arafah.

Ia menyampaikan, tahun ini PPIH melakukan penyisiran ulang atau sweeping jamaah haji dalam tiga tahap. Pertama dilakukan pada pukul 19.00 WAS, kedua dilakukan 21.00 WAS dan ketiga, dilakukan pada pukul 24.00 WAS. "Mengapa harus sampai tiga kali, ini untuk memastikan bahwa seluruh jemaah haji Indonesia telah terangkut semua ke Arafah," tuturnya.

Menurutnya pemerintah bertanggung jawab untuk memastikan seluruh jemaah haji berada di bumi Arafah pada 9 Zulhijjah. Seluruh personel dikerahkan untuk melakukan penyisiran tersebut, mulai dari petugas transportasi hingga Staf Ahli dan Staf Khusus Menteri Agama.

"Masjidil Haram jadi target penyisiran kita. Karena dikhawatirkan ada jemaah kita yang masih melakukan ibadah di sini," tutur Pengendali Teknis Bidang Ibadah PPIH Oman Fathurahman yang turut melakukan penyisiran di Masjidil Haram.

Hampir dua jam Oman, yang juga Staf Ahli Menteri Agama ini melakukan penyisiran di dalam dan di luar Masjidil Haram. "Insyaallah sudah tidak tampak jemaah kita. Kalaupun ada yang berwajah melayu, bukan berasal dari jemaah haji Indonesia," tutur Oman yang melakukan penyisiran bersama Staf Khusus Menag Hadi Rahman, dan Kasie Perlindungan Jemaah Daker Makkah Maskat.

Penunjuk waktu di Masjidil Haram menunjukkan pukul 22.15 Waktu Arab Saudi. Sementara, di whatsapp grup unsur pimpinan daerah kerja Makkah telah tersebar informasi bahwa seluruh pemberangkatan jemaah telah selesai dilakukan. Sektor 11 menjadi sektor terakhir yang selesai memberangkatkan jemaah haji. "Selesai pukul 20.50 WAS," kata Ketua Sektor 11 Sigit Warsito.

"Alhamdulillah...berarti, kita pulang ke kantor sebentar, kemudian siap-siap kita bagi tugas menyisir lagi ke seluruh sektor, sambil berangkat menuju Arafah," kata Oman yang memang bertanggungjawab dalam pelaksanaan ibadah.Disampaikan Kadaker Mekah Subhan Cholid, pemberangkatan jemaah ke Arafah tahun ini selesai empat jam lebih cepat dibanding tahun lalu. "Ini prestasi yang patut diapresiasi. Padahal jemaah haji Indonesia terbesar di dunia . Tapi bisa diberangkatkan ke Arafah dengan cepat," kata Oman Fathurahman.Tepat pukul 24.00 WAS, tiga mobil petugas keluar dari Kantor Daker Mekah. Mobil pertama yang dipimpin Kabid Transportasi Asep Subhana bertugas menyisir zona Syisyah dan Raudhah. Di mobil kedua, tim yang dipimpin Kasie Linjam Mekah Maskaf bertugas menyisir zona Ray Bakhsy dan Misfalah. Sementara tim ketiga yang dipimpin Staf Ahli Menag Oman Fathurahman bertugas menyisir zona Jarwal.

Penyisiran akhir kembali dilakukan. 173 pemondokan yang menjadi tempat tinggal jemaah haji Indonesia kembali di cek satu per satu. "Penyisiran akhir ini lebih mudah. Karena kita menyewa hotel full musim, kita cukup melihat hotel itu masih menyala tidak lampunya. Kalau masih menyala, kita turun dan tanya pihak hotel untuk memastikan sudah tidak ada jemaah kita di sana. Kalau lampunya mati, sudah dipastikan tidak ada jemaah lagi, karena memang hotel itu hanya disewa untuk jemaah kita," ujarnya."Alhamdulillah, berdasarkan penyisiran yang dilakukan, kami tidak menemui ada jemaah haji Indonesia yang tertinggal di Mekah. Insyaallah semua telah terangkut ke Arafah," kata Oman yang menyelesaikan penyisirannya pada pukul 01.30 waktu Arab Saudi. (agm)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...gkut-ke-arafah

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Tiga Kali Sisir Mekah, Semua Jemaah Dipastikan Terangkut ke Arafah Catat, Ini Waktu Larangan Lontar Jamarat untuk Jemaah Haji Indonesia

- Tiga Kali Sisir Mekah, Semua Jemaah Dipastikan Terangkut ke Arafah Meningkatkan Kerja Sama Kesehatan Antarnegeri Serumpun Melayu

- Tiga Kali Sisir Mekah, Semua Jemaah Dipastikan Terangkut ke Arafah Wapres: Indonesia Jadi Contoh Toleransi Beragama Dunia

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di