alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenaker Siapkan Dua Kartu Baru untuk Lindungi Korban PHK
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4fe96f8012ae197345f2e0/kemenaker-siapkan-dua-kartu-baru-untuk-lindungi-korban-phk

Kemenaker Siapkan Dua Kartu Baru untuk Lindungi Korban PHK

Penulis: Michael Reily
Editor: Ameidyo Daud
9/8/2019, 16.44 WIB

Kedua kartu bernama Kartu Jaminan Kehilangan Pekerjaan dan Kartu Jaminan Pelatihan dan Sertifikasi untuk membantu masyarakat yang putus pekerjaan.

Kemenaker Siapkan Dua Kartu Baru untuk Lindungi Korban PHK
Sejumlah karyawan Bank Danamon yang tergabung dalam Serikat Pekerja Danamon melakukan aksi unjuk rasa di depan Bank Danamon Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (9/3). Massa aksi menyampaikan sejumlah aspirasi yang salah satunya menolak PHK massal. Kemenaker saat ini mewacanakan dua kartu baru untuk melindungi pekerja terkena PHK.


Kementerian Ketenagakerjaan mewacanakan penerbitan dua kartu baru untuk perlindungan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Kedua kartu itu bernama Kartu Jaminan Kehilangan Pekerjaan serta Kartu Jaminan Pelatihan dan Sertifikasi untuk membantu masyarakat yang putus pekerjaan.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan program itu dikeluarkan untuk mengantisipasi pasar kerja yang semakin dinamis dan fleksibel. Dia juga menjelaskan, kedua kartu itu berbeda daripada Kartu Prakerja yang jadi janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Menurutnya, wacana tersebut dikeluarkan untuk memberikan jaminan sosial bagi korban PHK dalam rangka peningkatan kemampuan dengan sertifikasi profesi. Diharapkan, korban PHK akan memperbaiki kemampuannya sebelum mencari kerja kembali.

"Mereka yang jadi korban PHK harus dapat bantuan dalam kurun waktu tertentu untuk adaptasi," kata Hanif di Jakarta, Jumat (9/8).

(Baca: Pemerintah Akan Memasukkan Tiga Kartu Sakti Jokowi dalam APBN 2020)

Menurut Hanif, dua program baru masih menjadi wacana kepada serikat pekerja dan dunia usaha. Dia juga mengusulkan program baru masuk ke dalam pembiayaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

"Nantinya ekosistem ketenagakerjaan bisa lebih responsif terhadap pasar kerja pada untuk perlindungannya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani berharap program baru dalam BPJS Ketenagakerjaan tak boleh menambah beban pengusaha. Dia mencontohkan skema Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) beban usaha karena menambah iuran.

(Baca: Ditolak Pengusaha, DPR Tetap Mengesahkan UU Tapera)

Namun, Hariyadi juga mengatakan pengusaha tak menolak wacana baru Kementerian Ketenagakerjaan asalkan masuk dalam struktur biaya yang telah ada. "Karena selama ini kami mencadangkan 14 jenis pesangon, kalau ada tambahan tentu akan memberatkan," katanya.

Reporter: Michael Reily

https://katadata.co.id/berita/2019/0...ngi-korban-phk
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Wacana yang bagus.
organisasi ke agamaan juga harus diperhatikan seperti fpi mereka berjuang membela islam harusnya juga dibiayai negara
mau anak ente mati karna miras karna narkoba?
Lihat 1 balasan
Kartu apa? Asal Jgn ngeluarin blue eyes white dragon aja emoticon-Leh Uga
kartunya ada duitnya kagak ada emoticon-Lempar Bata
Quote:


Ga usah nambah nambah jenis iuran lah la kemenaker

emoticon-fuck3

Sekarang aja pengusaha udah susah bayar iuran bpjs ketenagakerjaan.

JHT 3.7% 2.0%
JP 2.0% 1.0%
JKK 1.74% 0.0%
JK/JKM 0.3% 0.0%

Belum lagi ditambah JKN dari bpjs kesehatan 4.0% perusahaan 1.0% karyawan

Kalau karyawan mau bersih, totalin aja semua tuh

15.74% dari GAJI POKOK

Gaji Pokok minimal UMK yang sekarang tingginya bukan main

Pengusaha menengah ke bawah berat

Sekarang mau ditambah iuran lagi?

Anj1ng

emoticon-anjing

Cukup lah dari JP

Ga usah ditambah tambah lagi

emoticon-Najis
Diubah oleh 4nt1.sup3r
Lihat 1 balasan
Oh beda lagi dgn kartu anti pengangguran itu
owalah pantesan pengusaha yang waras pada lari cabut ke luar negeri, regulasi gak pasti penegakan hukum gak pasti ditambah potongan jaminan ke bpjs naker, umr cekik leher dll, buruh vietnam gak seribet ini dan produktivitas jauh diatas sini
Diubah oleh jeffrey.maulana
semoga bermanfaat kartunya
Korban phk? Gak semua yg kena phk itu korban njing...banyak buruh keparat yg hobinya demo, bikin produktivitas turun nuntut ini itu tapi kualitas kerjanya dibawah standar..hoaakkk cuih
Balasan post cepute
... ini sarkas kan?

No, seriously, apa gunanya kita menangkar pengangguran seperti mereka tanpa tujuan jelas, ketika polisi sudah ada untuk mengurus ranah mereka yang para pengangguran ini serobot?
Balasan post 4nt1.sup3r
Quote:


mantapppp

lagian asli ini ribet bener birokrasi kenapa ga di sederhanakan aja sih emoticon-Cape deeehh
korban PHK putus hubungan kekasih

dilindungi supaya jangan sampai depresi bunuh diri
Quote:


janji jokowi kan menggaji pengangguran
Card slash...
Quote:


gak cuman pengusaha
yg kaum jenius akademis juga pada kabur keluar
kartunya bisa jamin dapetin pesangon ga tuh emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di