alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
[B]Anggota Tubuh Yang Sering Menimbulkan Dosa[/B]
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4fb27d7e3a725cf05abd95/banggota-tubuh-yang-sering-menimbulkan-dosa-b

Anggota Tubuh Yang Sering Menimbulkan Dosa

<b>Anggota Tubuh Yang Sering Menimbulkan Dosa</b>
emoticon-I Love Kaskus Karna post ini saya muat masih dalam suasana Lebaran.
Ijinkan ane Mengucapkan Mohon Maaf Lahir dan Batin kepada semua, semoga lebaran kali ini penuh dengan keberkahan dari Allah SWT. Amin


Sadar atau tidak disadari sengaja atau tidak disengaja dalam keseharian kita beraktivitas ada anggota tubuh yang paling bisa menimbulkan dosa.

Sebelum masuk bagian tubuh apa itu mari kita pahami dulu hadits dibawah ini.

Manusia diciptakan dalam keadaan sempurna dan istimewa, tidak seperti makhluk-makhluk lain seperti malaikat, jin, setan, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Hal ini difirmankan Allah swt. dalam surat At-tiin ayat 4:

لقد خلقنا الإنسان في أحسن التقويم

“Sungguh Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna.”

Apa yang membuat manusia diciptakan dalam keadaan sempurna? Paling tidak ada 3 komponen yang diberikan Allah swt. kepada manusia sehingga menjadi makhluk yang sempurna, yaitu akal, ruh, dan jasad.

Tiga komponen tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan saling menyempurnakan. Jika salah satu hilang, maka kesempurnaan manusia akan hilang. Akal yang digunakan untuk berpikir, membedakan manusia dari binatang. Karena itu, jika manusia tidak mau menggunakan akalnya dengan baik, maka tak ubahnya seperti binatang. Ruh membuat manusia mampu bergerak dan melakukan aktivitasnya. Jika ruh hilang dalam diri manusia, maka tak ubahnya seperti mayat yang terbujur kaku. Tidak bisa bergerak. Jangankan bergerak, menepis sesuatu yang menempel di tubuhnya pun tidak bisa.

Namun demikian kesempurnaan manusia adalah relatif. Dengan 3 komponen yang telah dianugerahkan Allah ini, diharapkan manusia mampu menjalankan perintah Allah dengan maksimal dan baik, bersyukur kepada Yang Maha Pemberi, dan beribadah kepada sang Khaliq.

Diriwayatkan dari Sahl bin Sa’d ra.: Rasulullah Saw pernah bersabda, “siapapun yang dapat menjaga lidah dan kemaluannya, aku jamin ia akan masuk surga



Dengan lidah kita dapat berkomunikasi dan menentukan rasa. Dengan lidah ini juga kita bisa membuat lawan main bicara kita menjadi tergerak kepada kebaikan ataupun keburukan, membuat lawan bicara tersenyum bahagia ataupun menangis menahan perih. Segala amalan kita di dunia ini akan dibentangkan di akhirat, walaupun ia sekecil biji zara. 

Imam al-Ghazali pernah berkata: “Menuruti lidah akan berlakulah pendustaan atau pembohongan, buruk sangka, permusuhan, fitnah, mencarut, mencela, mengutuk, bertelingkah, mengumpat, melaknat dan membicarakan sesuatu dalam keadaan kesat, kasar dan penuh dengan kesombongan.”

Dalam dunia sekarang ini Lidah atau tutur kata marilah senantiasa kita jaga kesesama agar dalam hari-hari tidak menimbulkan dosa-dosa yang tidak perlu, terkait di media sosial juga jangan lantas menjadikan kita seenaknya untuk berkomentar yang kurang baik meskipun tidak bertatapan langsung.

Sebagai penutup hadits nabi berikut
Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah s.a.w. bersabda: “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata yang baik atau – kalau tidak dapat berkata yang baik, hendaklah ia berdiam diri saja.”

wassalamu alaikum warahmatullah

sumber
Diubah oleh gollakambu
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di