alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Data WNI Bocor dan Kena Tagihan Pajak, Ini Tanggapan Kemendagri
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4fa26f0577a961e917bb1f/data-wni-bocor-dan-kena-tagihan-pajak-ini-tanggapan-kemendagri

Data WNI Bocor dan Kena Tagihan Pajak, Ini Tanggapan Kemendagri


Dita Angga
Kamis, 08 Agustus 2019 - 17:47 WIB

Data WNI Bocor dan Kena Tagihan Pajak, Ini Tanggapan Kemendagri
Pria asal Indonesia, ditagih bayar pajak bukan miliknya, karena data kependudukannya bocor. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Adi (32), pria asal Jatim, dibuat terbengong-bengong karena tiba-tiba dituduh menunggak pajak atas enam perusahaan yang dimilikinya senilai Rp32 miliar.

Dia merasa data kependudukannya disalahgunakan oleh pihak tertentu, dan digunakan untuk mengelabuhi tagihan pajak usaha, yang nilainya mencapai puluhan miliar.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrullah mengatakan, bahwa hal tersebut harus ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

"Segera polisi bertindak mengusutnya berkoordinasi dengan pajak dan Kumham yakni dirjen admnistrasi hukum umum karena terkait dengan pendirian perusahaan. Nanti bisa dibuka akta pendirian perusahaannya," ungkapnya saat dihubungi, Kamis (8/8/2019).

Dia mengatakan data tersebut belum tentu berasal dari Dukcapil Kemendagri. Pasalnya saat ini data pribadi dapat dengan bisa ditemukan dimana-mana.

"Data pribadi penduduk kita ada dimana. Dikumpulkan dan disimpan oleh lembaga lain. Misal data kita ada di bank, kampus, asuransi, polri, pajak, di hotel, di club olahraga, di KPU dan lain-lain," tuturnya.

Zudan kembali menegaskan bahwa data center milik Dukcapil aman. Namun sulit baginya untuk menhaga data di luar sistemnya.

"Kami tidak bisa menjaga data pribadi penduduk yang berada diluar sistem kami.Data centre Dukcapil Kemendagri tidak ada yang bermasalah. Semua aman," pungkasnya.

(eyt)

https://jatim.sindonews.com/read/133...gri-1565258886
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 9 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Quote:


kalau begitu jangan diberi akses penuh buat swasta..
mulai dari nama, tempat tgl lahir, alamat, agama, no nik ktp, no kk, dll

ga main2 skrg swasta yg sudah pegang 1200-an
https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-49103924

jadi ga usah kaget KTP dan KK bertebaran dimana2..

Jangan menganggap remeh data pribadi masyarakat di dukcapil. emoticon-Malu
bisa dari A sampai Z loh penggunaannya.. emoticon-army
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan mesashetra memberi reputasi
Diubah oleh anarchy0001
"Segera polisi bertindak mengusutnya berkoordinasi dengan pajak dan Kumham yakni dirjen admnistrasi hukum umum karena terkait dengan pendirian perusahaan. Nanti bisa dibuka akta pendirian perusahaannya," ungkapnya saat dihubungi, Kamis (8/8/2019).
Quote:


Maksudnya bukan begitu gan,tapi ini no npwp-nya bocor entah dia sudah punya sejak awal atau belum punya terus ada yang iseng buatkan npwp berdasar data yang cukup lengkap dan bocor dipakai untuk pendirian perusahaan atau dia ini kena tipu iming-iming investasi yang mengharuskan buat npwp ternyata dipakai untuk hal ini.

Kita tunggu berita selanjutnya sajalah,dah bukan kejadian pertama sebenarnya cuma kebanyakan ga sampai heboh nilainya sampai m-m-m an dan bentuknya juga bukan pt tapi cv.

Dan biasanya nanti ada cek lapangan,pembubaran pt,non aktif npwp.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sukhoivsf22
Adi (32), pria asal Jatim, dibuat terbengong-bengong karena tiba-tiba dituduh menunggak pajak atas enam perusahaan yang dimilikinya senilai Rp32 miliar.


Perusahaan nya bangkrut kali tuh orang lain jadi sasaran...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dupa.fair dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Entahlah,,,
emoticon-Ngakak
Baca komen agan.
Emang dilarang ya minta copy ktp, kk, dan npwp?
Karena bisa disalahgunakan
profile-picture
profile-picture
dupa.fair dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh xrm
Quote:


tidak lah,prinsip kyc know your costumer kadang mengharuskan data lengkap.

ini mah penyalahgunaannya saja yang dilarang.
profile-picture
profile-picture
dupa.fair dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dvlsilver dan 3 lainnya memberi reputasi
serem juga yak
kagag minjem tapi kenak tagihan gitu
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
makanya buat UU perlindungan data
buat ancaman penjara + denda berat.
krn yg bocorin data justru pihak lain yg kerja sama ama kemendagri
profile-picture
kiryu06 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Ini sering terjadi kakak perempuan wa kena tapi dia pakai nama depan saja tidak tahu nama lengkapnya

Usahakan bila tanda tangan ada bagian nama cuma inisial saja misal nya Chandra kirana melati tanda tangan Chandra K.M / C Kirana M / C K Melati. Ada yang di di jadikan inisial jadi tidak sembarangan orang tahu nama lengkap dsb.

Atau menggunakan huruf huruf yang mengecoh seperti huruf i, y, j misal tanda tangan "Kirana" i nya di buat seperti j atau huruf ý yang di kasih titik !

profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh daimond25
Lihat 1 balasan
kampret kalau bikin id fb biasanya lengkap pakai ktp dan kk
profile-picture
cloudible8 memberi reputasi
lah nama perusahaannya ada kan... tinggal ngusut aja bisa ketahuan siapa yg main
profile-picture
noisscat memberi reputasi
Kalau data diri gak mau ketauan gitu jangan buka rekening di bank, jangan ngajuin kartu kredit, jangan ajuin pinjaman atau leasing, jangan daftar yg onlen2, jangan urus apapun di kelurahan kecamatan dll, jangan daftar kerja, dsb
Lihat 2 balasan
Quote:
di berita lain sih dah ketahuan katanya satu orang untuk satu perusahaan,yang lima perusahaan belum ketahuan. yang jadi masalah ini sebenarnya untuk apa perusahaan ini,bisa mengarah untuk praktek transfer pricing ini 2 atau lebih perusahaan beda nama beda npwp beda pemilik tapi saling terkait kan bisa jadi pelaku yang buat juga untuk dijual lagi ke yang mau. sebenarnya kpk bisa masuk sih,cuma bakalan lebih ramai lagi kalau kpk sampai masuk ke sini,bisa di acak-acak gan. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dupa.fair dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh sukhoivsf22
Lihat 1 balasan
Balasan post daimond25
Sip gan.
profile-picture
lobolo1234 memberi reputasi
kacau bangsad bener jing...emoticon-Nohope
Balasan post p.star7
Quote:


Kenapa harus bego kayak elu. Kalaulah gw pengen bisa punya rekening dsb tanpa share data pribadi, ckup bikin identitas palsu, beres. Kalau orang BIN punya cara pikit kayak elu, udah bubar tuh BIN. emoticon-Cape d...
profile-picture
cloudible8 memberi reputasi
Diubah oleh karyanakbangs4
dipake buat registrasi nmr hp, trs buat nipu2.
alamat buruk
bakal banyak usaha akan tutup krn ketidak pastian palak
mendingan diam dari pada usaha emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di