alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lulus Kuliah, Anies Larang Diaspora Langsung Pulang ke RI
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4f3044a727681b1d0baa8e/lulus-kuliah-anies-larang-diaspora-langsung-pulang-ke-ri

Lulus Kuliah, Anies Larang Diaspora Langsung Pulang ke RI

Lulus Kuliah, Anies Larang Diaspora Langsung Pulang ke RI

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyarankan para diaspora atau warga Indonesia yang menuntut ilmu di luar negeri untuk menetap lebih lama dan bekerja di negeri orang. pasalnya, hal itu berguna untuk meningkatkan pengalaman sekaligus membangun jaringan.

Anies menyebutkan empat poin penting yang harus dikantongi para diaspora saat pulang ke Tanah Air. Keempat hal itu antara lain, kompetensi di bidang tertentu, kemampuan komunikasi internasional, membawa jaringan yang luas, dan membawa modal kerja. Hal tersebut, menurut dia, sangat berguna untuk membangun negeri di masa mendatang.

"Ketika pulang bawa, kompetensi di bidangnya, bawa kemampuan komunikasi internasional, bawa jaringan amat luas, keempat bawa bond atau modal untuk Indonesia. Tapi kalau hanya sekolah dan pulang, maka hanya bawa nomor satu, tiga lainnya tidak," ungkap anies di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8).

Dia mengaku hal itu yang dilakukan olehnya ketika menjadi diaspora saat berusia muda. Sebelum kembali ke Indonesia pada 2005 silam, Anies memutuskan bekerja di Chicago, Amerika Serikat pascamenyelesaikan kuliah.

Menurut Anies, hal tersebut harus ditiru oleh para penuntut ilmu asal Indonesia di luar negeri. Usai kuliah sebaiknya mahasiswa dan mahasiswi jangan bergegas pulang kampung, melainkan harus menimba pengalaman dan membangun jaringan dengan bekerja di negeri orang.

"Setelah selesai kuliah saya kerja di sana dan ini juga pesan untuk teman-teman yang sedang kuliah. Kalau kuliah di luar jangan pulang cepat cepat. Selesai sekolah jangan langsung pulang," kata Anies.

Menurut Anies sebagai diaspora jika kita langsung pulang ke Tanah Air setelah mendapatkan gelar di negeri orang, itu sama saja kita menyelesaikan kuliah di negeri sendiri.

Lebih lanjut, Anies juga menasihati para diaspora agar tidak lupa dengan adat istiadat Indonesia. Menurut dia, ilmu hebat yang diperoleh di dunia luar harus diimbangi dengan pemahaman mereka akan budaya timur.

"Jangan sampai world class competence justru tidak punya pemahaman atas grassroot Indonesia. Tapi jangan sampai terbalik juga kita memiliki pemahaman luas tentang Indonesia tapi tidak punya kompetensi world class," kata Anies.


profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan mansion_999 memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Kali ini saran wan abud bisa diterima lah...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Trus kalo jadinya gak pulang2 gimana Wan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalo lulusan ngisis suriah sana suruh pulang apa stay disana aja wan?
emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Terkenal dulu diluar , nanti di sanjung sanjung deh di Indonesia, udah ganti warga negara aja bisa diangkat jadi menteri kok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
nyindir bibib, wan? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan luna8899 memberi reputasi
ada benernya juga sih agar lebih siap lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
harus diakui kalo soal begini pak gub jagonya dan memang benar, yg blajar di LN gak boleh pulkam dulu, musti kerja n bangun relasi disono
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan luna8899 memberi reputasi
Quote:


terus nanti pulang? Gua mah ogah. Mana ada perusahaan jakarta yg mau bayarin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan luna8899 memberi reputasi
Quote:


Astajimemoticon-Kagets

Lulus Kuliah, Anies Larang Diaspora Langsung Pulang ke RI
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan luna8899 memberi reputasi
Saran yang baik juga sih
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan luna8899 memberi reputasi
Terus hasil pendidikan dan nambah pengalamanlo di luar negeri apaan nus?
Kerjaan kagak jelas, etika politik parah,
inovasi ga ada...
Terus apaaaa anus?!
Banyak bacot lo aaaaah
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalau g pulang2 bisa kena denda.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan luna8899 memberi reputasi
gabener segala urusan, semua dikomentarin emoticon-Ngakak
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
lah suka2 mahasiswa nya lah, kalo dia mo pulang kangen keluarga gimana?kok ngurusin org lain
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan luna8899 memberi reputasi
berdasarkan pengalaman kawan yang dah betah stay di luar negeri, kerja cari duit di luar negeri, kesini cuma buat jenguk keluarga sekali sekali terus balik lagi keluar negeri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
hrs contoh wan abud
jgn lsg pulang ke indo
bekerja dulu di luar negeri utk cari pengalaman dan belajar cara "mark up" anggaran gaji 23 triliun
walaupun dipecat tapi bisa jadi gabener hasil ancam mayatemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
bener kok yg dibilangin..
jangan pulang2 trus nganggur..
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Kalau nguik disebut dia-pork...

emoticon-Wakaka
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
LPDP bukannya harus balik ke Indonesia?

emoticon-Bingung
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
gak usah panjang lebar, lu takut di komen orang pinter
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di