alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Orang Islam Harus Tahu! Inilah Hewan untuk Kurban yang Diperbolehkan
4.88 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4ebf4265b24d7cb2130a4d/orang-islam-harus-tahu-inilah-hewan-untuk-kurban-yang-diperbolehkan

Orang Islam Harus Tahu! Inilah Hewan untuk Kurban yang Diperbolehkan

Orang Islam Harus Tahu! Inilah Hewan untuk Kurban yang Diperbolehkan

pinterest/google





Menurut fikih, hewan kurban disebut al-udhiyah, bentuk jamak menjadi al-adahi. Secara bahasa kurban berasal dari 'qarraba' yang artinya dekat. Arti kurban menurut syariat adalah ibadah dalam bentuk melaksanakan penyembelihan hewan tertentu atas dasar perintah Allah Swt, dan petunjuk Rasulullah saw, dengan harapan mendekatkan diri kepada-Nya.

Allah Swt, memerintahkan umat Islam untuk berkurban sebagaimana tertuang dalam Q.S. al-Kausar/108: 1-3 yang artinya:

Quote:


1. Hukum Kurban

Hukumnya melaksanakan kurban adalah sunah muakad yang artinya sangat dianjurkan. Bagi yang mampu sangat dianjurkan untuk melakukan kurban. Apabila tidak melaksanakan hukumnya makruh.

2. Ketentuan Hewan Kurban

Jenis yang diperbolehkan adalah unta, sapi, kerbau, kambing, domba atau biri-biri. Adapun syaratnya adalah sebagai berikut:
- Unta sudah berumur 5 tahun.
- Sapi dan kerbau sudah berumur 2 tahun.
- Kambing sudah berumur 2 tahun.
- Domba atau biri-biri sudah berumur 1 tahun atau sudah berganti gigi (poel).

Orang Islam Harus Tahu! Inilah Hewan untuk Kurban yang Diperbolehkan

pinterest/google


Disamping umur hewan untuk kurban harus sehat dan organ tubuhnya lengkap. Tanduk tidak boleh patah, tidak boleh buta, tidak pincang, tidak sakit atau cacat, dan harus gemuk.

Unta, sapi, dan kerbau boleh untuk korban sejumlah 7 orang. Sedangkan, kambing dan domba hanya 1 orang.

3. Waktu, Tempat, dan Tata Cara Kurban

Waktu penyembelihan setelah salat Idul Adha (10 Dzulhijjah) dan 3 hari Tasyrik (11, 12, 13 Dzulhijjah).

Tempat disunahkan di tanah lapang. Tujuannya agar orang muslim tahu sudah waktunya diperbolehkan penyembelihan hewan kurban. Juga untuk mengajarkan kaum muslimin tata cara kurban yang benar.

Orang yang berkurban disunahkan menyembelih kurbannya sendiri. Namun, bisa juga diwakilkan dan disunahkan membaca do'a.

Orang Islam Harus Tahu! Inilah Hewan untuk Kurban yang Diperbolehkan

Ketika menyembelih kurban harus memotong 2 urat di leher untuk kambing, domba, dan biri-biri. Sapi, kerbau, dan unta harus memotong 3 urat di leher untuk pernapasan dan urat nadi (pembuluh vena) agar cepat keluar darahnya dan segera mati.

Golok atau pisau yang digunakan juga harus tajam. Jadi, 2-3 sayatan sudah harus terpotong uratnya.

4. Pembagian Daging Kurban

Daging dibagikan kepada fakir dan miskin dalam keadaan mentah. Untuk yang kurban mendapatkan sepertiga dari daging tersebut. Namun, jika tidak meminta bisa dishodaqohkan.

Orang Islam Harus Tahu! Inilah Hewan untuk Kurban yang Diperbolehkan

pinterest/google

Kulit, daging, kepala, dan babad (usus) kurban tidak boleh dijual oleh panitia. Misalnya, untuk kulit harus diwakafkan dulu ke panitia baru bisa dijual dan hasilnya harus dishodaqohkan ke mushola atau masjid.

5. Hikmah Kurban

a. Melaksanakan sunah nabi terdahulu khususnya nabi Ibrahim as, berarti sudah menghidupkan ajaran Islam.

b. Mendekatkan diri atau taqarrub kepada Allah Swt.

c. Menghidupkan makna takbir, di hari raya Idul Adha 10 - 13 Dzulhijjah.

d. Kurban mengajarkan kita untuk dermawan, tidak kikir, dan senang berbagi.

e. Kurban mengajarkan kita untuk saling peduli dengan sekeliling kita.

f. Mendidik kita untuk membuang jauh sifat kebinatangan, diantaranya tamak, rakus, menang sendiri, sewenang-wenang kepada orang lain.

Sumber: PAI dan Budi Pekerti kelas lX

Surakarta, 10 Agustus 2019
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 18 lainnya memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 9
Alhamdulillah, bisa juga. Ini trit yang pertama buat saya, semoga memotivasi saya untuk lebih giat lagi berkarya. Semangat Idul Adha, semangat pengorbanan. Semoga bermanfaat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 9 lainnya memberi reputasi
pejwan dong aku? ahahaha emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sudah bagus Bel. krisan di Wa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Semoga sukses selalu ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Qurban perasaan apa ya hukumnya? emoticon-Betty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post agungdar2494
Quote:


Rasanya bener2 bikin panas dingin. 😂😂😂😂

profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan YenieSue0101 memberi reputasi
Balasan post deriandroid18
Quote:


Jangan dunk. Cemungut selalu aja😁😁


profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan YenieSue0101 memberi reputasi
Balasan post delia.adel
Quote:


Aamiin kk. Cemungut

profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan YenieSue0101 memberi reputasi
Balasan post masnukho
Quote:


Terima kasih MinMas cemungut 💪💪

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post delia.adel
Quote:


lho.. kenapa dinda ada di sini.. lantas siapa yg menjaga keraton ? emoticon-Kagets
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Thx informasinya sist, sampai sekarang ane bingung bagaimana pembagian kupon kurban, jadi ga pernah dapet deh alhasil cuman bisa melongo emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Ikut nangkring pejwan juga ah. Sudah rapi tritnya, semangat emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan abellacitra memberi reputasi
Quote:


Aku juga gak pernah dapat kk🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan dompetjadipeci memberi reputasi
Quote:


Iyakah, Cemungut kk 😂😂😂😋😍😍
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
kenapa orang yang mau membunuh anak nya sendiri kok dirayakan ? emoticon-Bingung (S)

seriously, whats wrong with you people !? emoticon-Confused
profile-picture
profile-picture
profile-picture
faris1234 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh berylucu
Lihat 9 balasan
pas banget sama moment nya nih. congrat yaaa...
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan abellacitra memberi reputasi
Thx for the Info....
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan abellacitra memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sama wan abud malah dibagi2 berupa masakan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


not there's anything wrong with that.

Bagimu agamamu, bagiku agamaku.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di